Skip to main content

Mimpi dan Takwil Mimpi - Part 2 ( Mimpi Yusuf)



وَفِي سِنِّ يُوسُفَ لَمّا رَأى هَذا المَنامَ ثَلاثَةُ أقْوالٍ:
أحَدُها: سَبْعُ سِنِينَ. والثّانِي: اثْنَتا عَشْرَةَ سَنَةً. والثّالِثُ: سَبْعَ عَشْرَةَ سَنَةً.

Usia yusuf ketika bermimpi, ada tiga pendapat mengenai hal ini. Ada yang mengatakan saat itu berusia 7 tahun, ada lagi 12 tahun, dan yang ketiga mengatakan saat itu berusia 17 tahun.
📚tafsir ibnu jauzi -qs.yusuf: 4



قَالَ أَبُو عُثْمَانَ النَّهْدِيُّ، عَنْ سُلَيْمَانَ كَانَ بَيْنَ رُؤْيَا يُوسُفَ وَتَأْوِيلِهَا أَرْبَعُونَ سَنَةً.
قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ شَدَّادٍ: وَإِلَيْهَا يَنْتَهِي أَقْصَى الرُّؤْيَا ,عَنِ الْحَسَنِ: أُلْقِيَ يُوسُفُ فِي الْجُبِّ وَهُوَ ابْنُ سَبْعَ عَشْرَةَ سَنَةً

Abu Usman An-Nahdi telah meriwayatkan dari Sulaiman, bahwa jarak masa antara mimpi Yusuf dan (kenyataannya) adalah empat puluh tahun. Abdullah ibnu Syaddad mengatakan bahwa masa itulah batas maksimal suatu mimpi bisa jadi (nyata). Riwayat dari Al Hasan usia yusuf saat dimasukkan ke dalam sumur adalah 17 tahun.
📚tafsir ibnu katsir -qs.yusuf: 100



اخْتَلَفُوا في مِقْدارِ المُدَّةِ بَيْنَ هَذا الوَقْتِ وبَيْنَ الرُّؤْيا، فَقِيلَ: ثَمانُونَ سَنَةً، وقِيلَ: سَبْعُونَ، وقِيلَ: أرْبَعُونَ، وهو قَوْلُ الأكْثَرِينَ

Ada perbedaan pendapat tentang lamanya, (saat yusuf bermimpi) dg waktu (terwujudnya) mimpi yusuf, ada yang mengatakan 80 tahun, ada yang mengatakan 70 tahun, ada yang mengatakan 40 tahun dan ini merupakan pendapat kebanyakan pakar tafsir.
📚tafsir arrazi - qs.yusuf: 100

Comments