Skip to main content

Ridho Manusia - Imam Asy Syafi'i


Beberapa bait petuah dari Imam Asy Syafi'i, semoga bisa ikut mengisi kehidupan kalian 😊. Imam Asy Syafi'i merupakan ulama yang sudah pastinya memiliki kecakapan dalam ilmu bahasa arab. Sebagaimana nadzom imrithy, idzil kalamu dunahu (nahwu) lan yufhama. Tanpa nahwu, maka kalam (teks2 keagamaan) akan sulit difahami
 
Memang kebanyakan 'ulama pasti juga ahli dalam bahasa arab sehingga keilmuan beliau yang mendalam tentang kehidupan ini, masih bisa kita nikmati keindahanya juga ketika tersampaikan pada bait2 nadzom yang indah, lahir dari goresan tanganya. Berikut cuplikan arti nadzom yang masyhur dari Al Imam Asy Syafi'i tentang Ridho Manusia merupakan hal yang sulit untuk dikejar. Ada juga yang memberikan headline nadzom ini dengan judul when i laugh. Semoga terjemahan nadzom ini bisa memberi inspirasi untuk kalian semua, amin...



َضَحِكْتُ فَقَالُوْا ألَّا تَحْتَشِمَ ** بَكَيْتُ فَقَالُوْا ألاَّ تَبْتَسِم
َبَسِمْتُ فَقَالُوْا يُرَائِي بِهَا ** عَبَسْتُ فَقاَلُوْا بَدَا مَا كَتَم
ِصَمَتُّ فَقَالُوْا كَلِيْلُ اللِسَانِ ** نَطَقْتُ فَقَالُوْا كَثِيْرُ الْكَلَام
َحَلِمْتُ فقَالُوْا صَنِيْعُ الجَبَانِ ** وَلَوْ كَانَ مُقْتَدِرًا لَانتَقَم
َبَسِلْتُ فَقَالُوْا لِطَيْشٍ بِهِ ** وَمَا كَانَ مُجْتَرِئًا لَوْ حَكَم
ْيَقُوْلُوْنَ شَذَّ إذَا قُلْتُ لَا ** وَإمَعَةً حِيْنَ وَافَقْتُهُم
َّفَأَيْقَنْتُ أَنِّي مَهْمَا أُرِدْ ** رِضَا النَّاسِ لَابُدَّ مِنْ أَنْ أُذَم





Celaan Manusia dan Ridho manusia - Al Imam Asy Syafi'i


Aku tertawa, mereka berkata Apakah kamu tidak malu?
 Aku menangis, mereka berkata tidak (bisakah) engkau tersenyum

Aku tersenyum, mereka berkata dia lagi pamer nih
Aku cemberut, mereka berkata hmmm kepribadian aslinya tampak

Aku diam, mereka akan berkata tak bisa ngomong
Aku berucap sesuatu, mereka pun berkata Ah.. Banyak ngomong


Aku lembut , mereka pun berkata perbuatan pengecut (orang yang gak berani)
jika dia mampu, pasti dia membalasnya


Aku menentang, mereka berkata aku sembrono dengan sikap itu,
tak akan sesembrono itu, jika dia orang bijaksana


 
Mereka berkata, ANEH jika aku mengatakan TIDAK (sepakat) dengan mereka
( Mereka berkata) aku hanya bisa ikut2an (saja), Ketika aku SEPAKAT dengan mereka

Maka aku menyadari, apa pun yang aku lakukan
manusia pasti punya celaan untuk ku
(manusia pasti punya sanggahan)


When I Laugh, They said aren't you emberrased?
When I cry, They said why can't you smile

When I smile, They said he is showing off
When I Frown, They said His real personality has become apparent

When iam quiet, They said he can' talk
When i speak, They said he talks too much

I was Tolerant, They Said He Just a coward
If he was capable taking revenga, he would have
taken it

When i put up courage, The said he is ill-mannered
He wouldn't be bold, if he ruled

If I say no... They say he is a strange
When i approve or agree, the call me (foolish)

So i become certain
No matter what i do, people will always complain







Comments