Skip to main content

Catatan Ngaji Gus Baha | Ayam keluar dari Telur, Ayam keluar dari Batu

Ceramah Gus Baha ini merupakan ceramah beliau memperingati tujuh hari wafatnya Mbah Minan Abdillah, Kajen Pati - Jawa Tengah 21  Februari 2021



Kulo bade matur, jauh sederengipun, mbah kawulo, Kyai Muadz Thohir Beliau itu mbah kulo saking lasem, saking kajen, dados Kulo crito sekedap, buyut kulo kandung namine Hafshoh Niku gadah putri Sofiah niku dugi kulo Adik ipun Sofiah, Badi’ah niku dados ibuk ipun kyai sahal. Wonten malih kyai zubaidi dados mbah hafiz mbah mad. Hafshoh niku binti maksum, bin sholeh, bin asnawi sepuh, Asnawi sepuh niku saking mbah jiroh mriki, terus mbah jiroh dugi mbah mutamakkin dados dawuhe mbah muadz, kulo teksih gadah chanel, tapi watt e nggih mboten pati banter, Kulo niku waris wedok, dadi banter mbah muadz. 


Tapi nak kulo kliru niku pantes, waris wedok. Nak waris lanang iku ketok e ra pati pantes. Kulo Crito, diantara khazanah sing kulo waos, dan niku jauh sebelum kulo mireng crito mbah minang, Kulo nggih sering dicritani bapak kawulo Bapak riyin, sampun khatam saking buyut zubaidi, Khatam teng mriki ngaos mbah Dullah, niku banyak ulama sing gadah tradisi kados mbah minang. 

Teng kitab umul barohin niku diterangaken, nabi musa.. Sak wise ketemu Pengeran, Angger krungu suarane tiyang niku, kupinge ditutupi, wong bar krungu suarane Pengeran, terus krungu suarane menungso, niku posing. Kados mbah minang biasa nderes quran, mbok jak mbahas panen, iku pusing, mbok critakno korona niku pusing Biasa asyik mbek Pengeran, itu mesti istildzadnya billah, nyamanya dengan Alloh. Di indonesia niku katah, sing masyhur nggih, mbah dimyati pandegelang, Alhamdulillah wonten mbah minan, Kulo gadah pernah mbah, teng sarang namine mbah dul syamsi Keluarga beliau di mekah, niku termasuk Ngriwayataken dawuhe mbah minan.. Aku wes ora urusan kambek wong, disalahno wong akeh lah, sing penting aku ngaji 

Dados kulo alhamdulillah termasuk orang yang pernah diberi kesempatan sowan, Beliau dikamar beliau, karena khzanah itu memang ada. Dados kulo crito sekedap, para tamu di mbah minang, dengan logika, saiki wong lagi muhaddatsah mbek pengeran Munajat, maos quran, Khatam, kemudian njenengan ganggu, nganggo kalam2 adami, Niku nggih kados hukum tirakat nggih batal, kados sholat, lek omongan karo adami niku batal, Dados katah orang2 yang punya pilihan seperti itu, Ketika kulo mbahasaken mendengar suara tuhan, tentu niku menjadi masalah, karena laisa bi harfin wa laa shoutin, Tapi niku sampun dadi istilah umum, hatta yasma’a kalamalloh, 

Keberkahan Waktu
Kulo crito tentang imam syu’bah, imam syu’bah niku… Lam yusroh lahu, firoshun khomsina tsanah.. Gak pernah lemek an, 50 tahun, dan beliau itu khataman itu 24 ribu kali.. Iso sampeyan bayangno Khatam quran angger ba’dho isya’, niku witire namung sak rokaat Sayyidina utsman niku satu2nya sahabat kalau witir niku namung sak rokaat, Tapi sak rokaate sayyidana utsman, khatam quran, Nah kito alhamdulillah saget niru, sak rokaat, Kulo nate ngaos teng kitab fathul barri, wonten tiyang ngritik kito, Isuk khatam sore.. Utowo nderes isuk khatam dzuhur, Kulo nate gadah hafidz niku sampek apal ndekne, lek wong ndeso sak mene, lek wong sak mene… Lek diundang wong ndeso susahe ra karuan, tak takok i, lo kenek opo? Bedo mas, lek mriki mas.. Tak kiro lek bedo iku opone.. Niku sing mboten pati top2. 


Cara Menata Niat Khataman Al Quran
Sing top2 khatamane mbek pengeran, Lha sing khataman teng kamar, niku mboten terbatas, soale langsun hubungane mbek pengeran, Tapi ilmu yang saya dapatkan dari bapak, saking mbah dullah, niku dawuhe mbah dullah, kowe lek pengen semak an diundang wong ikhlas iku, gampang.. Wes kowe sering nderes, dadi ngko lak diundang wong, anggep ae nderese pindah tempat. Lha sampeyan ra tahu ngaji khatam, lek diundang wong khatam, lak ning omah ra tahu khatam, lak semak an khataman. Berarti orderan. 

Dadi iki solusi bagi konco2 hafidz sing wedi doso, nak sing mboten wedi nggih monggo terusno mawon. Niku carane niku, nggih tetep teng ndalem nggih khataman, mengke lak diundang, berarti khatamane pindah tempat. Nak sampeyan ning omah ra tahu khataman, lek diundang khataman, yo berarti order.. Niki mboten nyindir, niki noto niat. Kulo crito noto niat. 


Perdebatan mengkhatamkan Al Quran kurang dari tiga hari
Terus imam fathul barri niku crito…Ketika rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam dawuh, iqro hu fi syahrin, ada shohabat yang pamit mau khataman tiap bulan, gak boleh, dua minggu gak boleh, seminggu gak boleh, Wal hasil, itu dipakai alasan, terus nabi ngendikan iqro hu fi syahrin. Sampai ada riwayat iqro hu fi tsalatsain. Sudah tiga hari khatam sekali itu sudah kebanyakan. Apalagi satu hari khatam satu kali, itu kemudian dipakai kelompok tertentu untuk mengkritik tradisi nu yang satu hari khatam. Tapi apa jawabanya imam fathul barri, apa mereka yang mengkritik itu bener2 nyata iqro hu fi syahrin, kemudian mereka itu khatam tiap bulan, kan gak juga. Oke kamu ngritik gak papa, jare imam fathul barri, tapi kamu juga harus baca iqro hu fi syahrin. Tiap bulan bener2 khatam. Iqro hu fi sabin memang bener2 tiap tujuh hari, khatam. Niki ngritik sing khataman sedino, tapi yo ora tahu khataman tiap 7 hari. Jane bakate pancen ngritik. 

Nah terus imam fathul barri critu, a’rofun naas, orang paling tahu tentang, dikehendaki rosulillah saw. Tentu para sahabatnya. Dan ternyata sayyidina utsman itu setiap malam khatam. Artinya apa? Berarti tiap hari beliau khatam. Masak sayyidina utsman gak tahu hadits itu. Sayyidina utsman tiap malam niku khatam. Imam bukhori rowi hadal hadits, yang meriwayatkan hadits nabi itu melarang yang khataman keseringen. Beliau itu khatam quran, dan khusus ramadhan khatam dua kali. Mboten kerono order lo nggih, memang bener2 khatam. Jadi pagi khatam indal ifthor, nanti khatam lagi sampai indal sahr. Sehingga dugi sanad kulo dugi mbah dullah, dugi mbah arwani, lewat orang tua saya, lewat guru2 kita. Khataman tiap hari itu gak punya akibat apa2 karena..itu sudah ahwalu masyaikhina perilaku masyaikh2 kita. 

Keberkahan Waktu
Dados niki yang perlu saya ungkapkan. Kemudian orang2 yang kayak mbah minan itu ngalami tholul waqti, gurunya asy sya’roni namanya ali al mursifiy crito teng sirojul qorib, syarah ipun, diantara keramatipun gurune imam asy sya’roni, satu hari niku khatam 360 ribu. Satu hari 360 ribu, niku mboten sampeyan takwil, niku paling..qulhu, pengganti quran, mboten, yo memang dibaca, sampai muritnya imam sya’roni itu tanya taqrou hu bi harfin wa shoutin? Apa kamu baca dengan huruf, dan juga ada suara njenengan? Na’am. Terus kata beliau, maddallohi al waqta, alloh memanjangkan waktu untuk saya, ikroman li rosulihi muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam. Jadi beliau mengalami thoyul waqti, jadi waktu itu diringkas, sedemikian rupa, sehingga beliau baca itu dalam waktu 24 jam, ya mungkin bagi kita kayak ratusan tahun. 

Namanya thoyul waqti Nah kenapa itu bisa terjadi?kata syarahnya syatibi tadi, sirojul qorib.wa hadza amrun latasa’ul uqul, wa hadduna minhu at tasydiq, ini sesuatu yang mungkin nalar kita tidak sampai tapi, sudahlah kita percaya saja. Nah.. kenapa kita percaya, karena al quran itu aslinya kalamulloh sing laisa bi harfin wa laa shoutin, tidak melibatkan suara, tidak melibatkan huruf. Itu yang kalamun azaliyat, kemudian orang ini ditarik ke lauh mahfudz, kemudian dia ngalami yang seperti itu. 

Dan itu bagi orang2 yang dekat alloh sah2 saja. Undzu sama’au alladzi yasma’u bihi..wa bashoru…, karena dia saking fananya kepada dirinya. Sampai ya memang fana..ya dia sudah.. Tapi bukan manunggaling kawulo gusti, mboten, Misalnya begini saya beri contoh, andaikan sampeyan iku jadi wali. Sebetulnya saya bilang andaikan ini suul adab, anggap saja wali betul .Tapi kok kayaknya belum meyakinkan, andaikan dulu, urutanya andaikan dulu. Itu kalau sampyan jadi wali itu tidak tahu bedanya ayam itu melahirkan dari telur atau telur lahir dari ayam. , dan ayam itu lahir dari batu. Itu gak tahu bedanya, 


Logika Nabi tentang kekuasaan Alloh
Apalagi nabi, nabi itu malah..gak kepikiran kalau itu ada bedanya. Kenapa? Ketika kamu percaya qudroh azali, ghoiru maqshuroh, kamu percaya qudrohnya allah itu tammah sempurna, itu kan sampeyan mesti berfikir, memangnya ayam bisa bikin telur? Memangnya telur punya kemampuan apa untuk menjadi ayam? Jadi sampeyan tahu betul jadi ayam itu gak ada qudrohnya sama sekali, gak ada kemampuan sama sekali untuk melahirkan telur, telur gak ada kemampuan sama sekali untuk melahirkan ayam. Artinya apa? Meskipun sesuatu itu sudah adi, sudah biasa..tetep yang ada itu qudrotulloh, bukan hukum adat yaitu ayam..menelur, 

Sehingga seorang nabi itu, misalnya nabi sholeh itu ditanya. Apa bukti mukzizat kamu, saya minta unta keluar dari batu besar ini, ya...gapapa, karena beliau itu tahu betul, ketika unta. Ketika unta lahir dari unta, itu memangnya unta bisa apa? Emange unto iso nggawe unto? Ayam iso nggawe telur? Semua itu ada qudroh azali, ada qudrohnya Alloh. Wali, apalagi nabi, itu tahu betul itu..Sehingga gak ada bedanya misalnya para nabi sampeyan tanya, ayam bisa melahirkan telur. Apa batu ini bisa melahirkan telur? Ya jawabnya bisa… Sehingga betul, naqotus sholeh itu keluar dari batu. Dan Nabi sholeh itu biasa saja, 

Karena beliau memang nabi Rosululloh ketika shohabatnya kelaparan, terus diundang Jabir masakanya sedikit, Ya banyak untuk orang sekian ribu...Cukup, Ketika sahabat kurang air di padang sahara, sahabat bingung cari air, nabi malah sare, masyhur itu..Beliau santai aja, ketika beliau dilapori, kekurangan air, ya sudah minum air dari sini, fana baal maa, baina ashobihi.. Karena Nabi itu orang yang tidak bisa didekte dengan hukum adat. Sehingga ayam ini bisa lahirkan telur, berarti mungkin, kalau batu gak melahirkan telur, gak mungkin, terus kamu. Terus kamu bilang ini mungkin, ini tidak mungkin, kita kan kalau di matholeh diajari, padahal mungkin gak mungkin berdasarkan hukum adat. Bukan berdasar qudrohnya Alloh SWT. 


Qudrotillah
Orang2 yang sudah begini, masalah rizqi juga gitu. Sing penting parek pengeran, mosok diumbarno pengeran. Sing penting terus muamalah mbek alloh, makanya dulu ada cerita, ada seorang habib, gak punya pekerjaan, terus dia..tiap hari sholat pagi ngantor, ternyata dia ke mushola atau ke masjid sholat. Terus kata habib itu, ya Alloh semua orang yang kerja, engkau gaji, maka seharusnya saya ya engkau gaji. Kuwi yo terus sugih, tapi bukane untuk ditiru mboten, dadi dekne arepe ngantor yo ra nduwe kantor, terus ngantore ning masjid sholat, Tapi ini gak boleh gaya2 nan lho ya.. Yang sudah maqomnya seperti itu, sampeyan gak maqome ribet. 

Tapi ini cerita ya.. Kulo tak belajar quran, Sehingga para nabi itu gak kepikiran, sehingga nabi ibrahim itu gak kepikiran kalau api itu bisa mebakar, karena beliau tahu Api apa punya ikhtiyar, api apa punya irodah, punya kehendak, api apa punya..cara yang diinginkan api itu untuk, membakar saya, kan endak juga..lha dia benda mati. Pasti itu campur tangan allah, sehingga ketika beliau mau dibakar ya santai saja. Disana sama disini, semua nabi itu begitu maa kunta tadri..mal kitabu wa lal iman, makanya, makanya semua nabi itu rata2 umi, umi itu..ya sudah begitu, makanya disuruh berdoa ya gak mau, Saya jibril untuk nolong kamu, endak saya gak butuh kamu, 

Maksudnya kamu ngomong, nanti tak sampaikan ke Alloh. Alloh itu sudah tahu tanpa kamu, hasbii fi suali, ilmuhu bi hali.. Itu nabi, nah Rosululloh Muhammad SAW juga sama, ketika mau perang badar. Itu kan..musuhnya itu seribu lah kira2, shohabat itu 300 terkenalnya 313 sama dengan, Ashabi tholut itu. Itu nabi ya santai saja, padahal itu pedang satu dipakai orang 10, sampeyan bisa bayangkan, perang pedange gentenan.gak bisa, tapi karena nabi diutus Alloh ya jalan saja. Ya santai, karena bagi nabi itu, nanti ada qudrotulloh. Betull.. ternyata perang, wong musuhnya seribu, musuh 300. Yang satu perang dengan perlengkapan lengkap, dan yang satunya gantian pedang (gak iso mbayangno). Singkat cerita terus, (masyhur itu) nabi terus berdoa. 


اللهم إن تهلك هذه العصابة فلن تعبد في الأرض أبداً



Walhasil terus langsung ada pertolongan dari Alloh. Artinya Nabi nganggep, ini gak penting 300 apa 100. Orang menang itu ya karena bi qudrotillah. Begitu juga di perang khondaq dan di perang2 yang lain. Sehingga Nabi itu pernah minta kaki kambing. Kaki yang depan namanya dziro', dziro' itu dua kan? Namanya kaki depan itu dziro'. Coba ambilkan dziro' itu ada tamu, terus diambilkan. Ambilkan lagi satu, diambilkan... Ambilkan lagi, (sahabat menjawab) bukankah kambing dziro'nya hanya dua ya Rosululloh. Andaikan kamu langsung ngambil, pasti tetep jumlah itu ada. Karena ketika Nabi ngendikan, itu jadi konstitusi. Jadi gampangane malaikat kudu melu ribet (lek nabi ngendikan). Jadi masyhur kan, ketika nabi khutbah, padahal pas musim kemarau, gak mungkin hujan lah, coro hukum adat. Ya Rosululloh khutbahe ojo suwi2 niki (wong2) bingung perkoro raono udan. Pun pokok e bingung, halakatil amal, mergo raono udan. Niku nabi langsung ngendikan, terus udan. Bareng udan, minggu berikute wong podo matur wingi podo rusak perkoro gak ono udan, saiki rusak perkoro kebanjiran. Niku nabi namung ngendikan, allohumma ..... nggih langsung mari. Artinya nabi itu gak bisa didekte, ini secara falak gak musim hujan, Lha lek kiai saiki kan peretungan, didelok sik, iki wes wayahe udan opo urong, lek wes wayahe banjur istisqo'. 

Kulo nduwe konco ahli falak, niku kon istisqo ra gelem. Tak takok i, kenek opo ragelem? tak itung sik suwi gus, udane..Ngko lak ketoro ra mandine, dadi ndekne ngentini... (wayahe udan). Yo onok kyai rodok politik ngoten. Tak angen2 yo bener, timbang terkenal ngobos kan? nuruno reputasi. Tapi kalau nabi itu ndak...


ما كنت تدري ما الكتاب ولا الإيمان
Surat Asy Syuro : 52


Hukum Adat (kebiasaan) dan Qudrotulloh
Karena kalau kita sudah maqom itu, itu tidak bisa didekte oleh al ahkam al 'adiyah. Lek pitik iku ngasilno ndog, ndog njur dadi pitik. Makanya ngendikane kitab al husshunul hamidiyah, الحصون الحميدية  

hukum adat itu telah membodohkan kita lama sekali, sehingga anda tidak bisa percaya qudroh secara sempurna. Ini nanti kaitane tentang quran, nanti njenengan lihat mukjizat itu terus gampang. Terus ngendikane teng kitab niku, Andaikan tidak pernah terjadi klungsu (biji asam) itu jadi asam yang besar, kemudian buah, kemudian macem2 lah. Itu gak pernah terjadi, terus kamu dikasih cerita orang (akhbaroka mukhbirun). Ini klungsu ini, bisa jadi pohon besaar suatu saat. Kamu pasti tidak percaya, ah ini muhal (mustahil) masa ini barang kecil bisa jadi besar. Berhubung sering terjadi, terus anda bilang mungkin. Loh pertanyaanya, ketika mungkin itu kan kamu yo ndak bikin??? Loh yang namanya mungkin itu kan kamu punya otoritas ikut bikin, kamu kan gak ikut bikin? kok bilang ini mungkin, yang ini gak mungkin. Ketika itu jadi pohon besar, anda gak berkontribusi kan? (berkontribusi membesarkan), kontribusinya siapa coba? Alloh Swt. Nah disini itu, terus para wali itu mengabaikan itu semua. Jadi Nabi kalau mau mi'roj ya.. yasudah terbang saja. Kayak Syaikh Abdul Qodir Jaelani kalau mau thowaf ya, thowaf saja padahal beliau ada di bagdad. Imam Nawawi itu di damaskus, tiap malam itu thowaf, padahal penerbangan tiga jam. Karena beliau gak ruh bedane, iki adoh, iki pareg...Mbah mutamakkin kepingin teng mekah nggih teng mekah mawon, rausah antri haji, (paspore diurus kon kondo mas nadi, kon kondo kemenag,) wes mboten usah ngoten, niki crito wali lho...

Artinya, orang2 ahli quran itu sudah ke maqomnya. Sehingga ojo mok warahi, lak tenguk2 ning omah terus rizqine piye?. Ojo mbok warahi ngono, ngko dadi goblok, niki mpun maqomnya seperti itu. Dan kita harus berlatih, kalau tidak berlatih maka ilmu ini akan hilang. Yaitu tadi, terus kita didekte hukum adat, seakan2 hukum adat ini memenjarakan kita, memasung kita. Kemudian kita nanti sampai pada mukjizat naqotush sholeh keluar dari as sokhroh (batu besar) kita janggal. Nabi Ibrahim dibakar oleh Api (tidak apa2) kita janggal. Makanya di Matholeh, di semua pondok diajarkan, ada mohal aqli ada mohal 'adi. Kalau mohal 'adi itu, ya gak mohal, cuma secara adat itu jarang terjadi. Tapi kita harus mulai berfikir, dilatih, ketika telur jadi ayam, memangnya dia punya ikhtiar? kan gak? tetep disitu ada Qudrotulloh. Lha kalau sama2 qudrotulloh, terus apa? bedanya telur keluar dari ayam, sama telur keluar dari batu? kan sama2 yang menentukan adalah qudroh. Nah disini ini latihan tauhid. 

Terus yang terakhir untuk, sering baca alquran secara fasih, secara.... ini saja cerita min haistul makna ya.  Sesuatu itu dikembalikan kepada yang punya. Misalkan saya beri contoh ya, kalau misalkan sampeyan saya tanya. Mic ini kan dari besi, sama masker ini dari kain. Ini mesti sampeyan njawab kuat mic, karena ini materinya dari besi. Tapi anda (salah), maksude iku cerdas tapi setengah. Ya terserah njenengan gus, wong njenengan yang megang. Bisa saja ini masker tak rencakan tak awetkan, tak simpen tak museumkan. Tapi saya berencana menghancurkan mic ini, nanti awet mana?? (masker). 

Dinosaurus itu konstruksinya lebih kuat, tapi Alloh Menghendaki habis, habis. Pitik sing ngono ae isek iseh nganti saiki. Kira2 seperti itulah hukum Alloh itu, makanya hukum agama itu, 


مَن بِيَدِهِ مَلَكُوتُ كُلِّ شَيْءٍ

ya terserah yang punya, jadi kalau kamu di depan agama itu tidak bisa bilang, ini lebih kuat daripada ini (gak bisa). Tetep terserah yang punya. Jadi kalau njenengan cerdas betul, ditanya mic ini sama masker kuat mana? terserah njenengan, atau kalau enggak, wallohu a'lam. Apa artinya mic lebih kuat, tapi saya ada rencana untuk menghancurkan. Tapi ini lemah, tapi aku punya rencana tak awetkan. Nah seperti itu harus dilatih, supaya kita iman itu bil bayyinah, iman itu dengan argumen2 yang kuat. Karena syaratnya iman itu menurut banyak ulama itu


لم يكن الذين كفروا من أهل الكتاب والمشركين منفكين حتى تأتيهم البينة
Sehingga semua Rosul itu punya kecakapan itu. Makanya kalau njenengan itu suatu saat dekat ajal, dekat apa.. itu harus begitu juga, dilatih. Ketika saya hidup, juga gak bisa mengatur kehidupan saya. Cara kerja jantung, sebetulnya kita hidup ya hidup saja, kan gak tahu kenapa hidup? Tapi sawangane nak wes mangan, menjaga kehidupan. Sawangane lak wes berobat menjaga nopo? kesehatan. Tapi kita bisa apa? di depan qudrotulloh. Jadi harus dilatih terus. 

Mulane ngaji mbek tiyang ahli quran. Mulane kulo suwun, adat kados mbah minan, mbah dimyati, beberapa ulama yang gak keluar kamar, itu mulai dulu juga ada, itu satu manhaj karena asyik dengan alloh lalu mengalami wakhsya dengan yang lain. Tapi ada ulama yang kumpul orang banyak, sehingga manfaati orang banyak. Dan menurut saya, figur2 di kajen itu sudah sempurna lah, ada model mbah dullah mbah sahal, Mbah minan sendiri tertutup, tetapi bu umi .... sosialisasi qiroati kemana2. Sehingga ini pelajaran bagi kita, pilihan dekat Alloh itu varianya banyak. Sing penting iku ikhlas, sambil terus mendengarkan makalah2nya ulama. 

Karena makalah ulama ini penting, kita kalau gak diwarahi ulama itu gak bisa cara berfikir bersanad. Saya sering didawuhi mbah moen,


اهدنا الصراط المستقيم 
صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين

Kenapa tidak shirotoka (jalan Engkau) jalanMu Yaa Alloh. Fa innalloha ta'ala laa yakkul, wa laa yasyrob, wa laa yanam.Alloh itu gak makan gak tidur gak apa2, terus kita bisa niru apa? Tapi kalau shirotolladzina an'amta 'alaihim, thoriqulloh adalah dengan mengikuti orang2 yang telah diberi nikmat. Jadi kita niru mbah dullah, niru mbah arwani, niru orang2 sholeh. Karena kita gak bisa niru Alloh. Makanya, setiap Alloh cerita kebaikan, pasti cerita aktor2nya. 


أولئك الذين أنعم الله عليهم من النبيين من ذرية آدم وممن حملنا مع نوح
 ومن ذرية إبراهيم وإسرائيل وممن هدينا واجتبينا
 إذا تتلى عليهم آيات الرحمن خروا سجدا وبكيا

Itu aja diceritakan keluarganya, min dzurriyati adam, wa min man hamalnaa ma'a nuh. Supaya orang itu hormat sama leluhur. Kenapa saya cerita mbah mutamakkin, bukankah kita sholeh begini itu barokahnya doanya orang2 dulu. Masih diteruskan, wa min dzurriyati ibrohim, wa isroil. Baru sholeh secara umum yang tidak perlu nasab. wa min man hadainaa waj tabainaa. Jadi Alloh menghormati nasab sampai seperti itu. Sehingga rata2 orang2 sholeh itu ya mbah2nya sholeh. Mosok wong sing waqof masjid, sing ngiyayi puluhan tahun, kalah kambek wong sing dadakan dadi kyai. Ketoke kok ra pati fair,, niki kulo mboten kok fanatik nasab, Tapi ini tetep bisa jadi kyai, tapi melu partai, wa min man hadainaa wajtabainaa. Tapi yo pantese, ketok e yo rodok antri, ojo mbok ngarepno nemen2. Lho mosok misale ratau waqof masjid, ratau waqof tanah, ngerti2 kepingin mimpin. Sing masjid iki nyunahno maulid, nyunahno diba', dek e mimpin ngaramno maulid karo diba. Yo nak ngaramno iku, nggawe masjid dewe, ojo ning masjid iki. 

Dados Alloh itu sangkin ngreganine tiyang2 sholeh dulu itu sampai, ketika cerita orang2 baik itu pasti cerita mbah2nya. 

wa kaana abuhuma sholihan

Ketika ada orang diperhatikan nabi khidr, itu pertimbanganya, wakaana abuhuma sholihan. Itu dalam kitabnya sayyid muhammad, abuhu as sab'. Jadi bapak yang ketujuh, dari ghulam ini, bukan bapaknya pas. Kayak mbah mutamakkin itu sudah turunan keberapa? tapi barokahnya sampai sekarang. Jadi selalu ada cerita itu, makanya 


تعلَّموا من أنسابِكم ما تصِلونَ أرحامَكم

Kenalilah nasab2mu, supaya kamu bisa menyambung rahim kamu. Kemudian nasab yang gen ini, khusus umatnya Rosulillah Saw. Alhamdulillah ditambah nasab sebab, jadi misalnya para habaib itu jelas mulia sekali karena dzuriyah rosulillah, juga ada nasab bi sabab, karena ittiba' bi sunnati rosulillah, atau karena ngaji, atau karena ilmu. kullu nasabin wa sababin, munqodi'un yaumal qiyamah ila nasabiha. Sehingga ada orang yang bener2 ahli bait karena gen nya. Kayak sayyid hasan sayyid husein. Tapi ada orang yang diaku keluarga nabi karena amalnya, kayak salman al farisi ketika beliau punya ide cemerlang di khondaq. Nabi memujinya, salman minna ahlal bait. Jadi artinya gini, misalkan anda tidak keluarga mbah minan secara gen, karena yang keluarganya, tapi kita bisa jadi keluarga tentu beliau karena amal dan karena mahabbah. 

Nggih ngoten mawon...

Comments