Skip to main content

Catatan Ngaji Gus Baha | Haul KH. Suhaimi ke 56 | Tajwid Quran

 

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh. 


بسم الله الرحمن الرحيم
 رب اشرح لي صدري
ويسر لي أمري
واحلل عقدة من لساني
يفقهوا قولي

اللهم صلى و سلم على سيدنا و مولانا محمد
 و على اله و صحبه اجمعين


أما بعد


Engkang sanget kulo hormati, Kh. Shodiq Suhaimi, engkang sak mangke gerah, kulo wau saget sowan, minta doa beliau. Niki wonten mas labib, wonten sedanten putra2nipun mas shodiq (Kh. Shodiq) Mantu, sedanten, cucu, keluarga, bani mbah suhaimi. Kulo mboten bade guyon niki, karena mpun guyon, dadi bade ngendikan serius niki. Dados pembunuh mbah sejati niku putu. Dados riyin, mbah suhaimi niku apal quran, niku wonten dokumen Pondok Al Munawwir, diantara Murid sing hafidz niku, KH. Suhaimi. Sing ngresmek aken pondok mriki riyin, nggih mbah Munawwir. Niku lak mbahe terkenal apal quran, niku lak putune ra apal? terus warisane katah, niku dianggep kedonyan niku warisan. Dados yang mensetatuskan mbah, niku putu. Niki kulo serius, diluar dugaane panjenengan, saya gak guyon, sampai satu jam gak guyon. 

Nabi Ibrohim itu kholilur rohman (orang yang sangat dicintai Alloh). Tapi maqome piyambak e, (maqom niku, dimaqomkan teng hebron) Hebron niku nderek wilayah pundi? Israel. Wilayah Israel niku nganti sakniki komunitase niku Yahudi, bahkan teng sinagog, Tapi pas teng sareane Nabi Ibrohim niku wonten masjid, namine Masjid Kholilurrohman Ibrohim. Niku gadah putu, namine Yahuda, bin ya'qub, bin ishaq, bin Ibrohim. 

Nggih kulo terusaken nggih, dados kulo bade matur serius sebagai penghormatan kulo kagem Kh. Suhaimi. Kamaa tasyarrofa bi muhammadin Adnaanu, Dados Nabiyulloh Muhammad Shollallohu 'alaihi wa sallam, niku sangking mulyane, niku orang terus nyari2, mbah2nya siapa? Abdul Muntholib, nduwur2 ngantos sayyid adnan. Andaikan Nabi Muhammad niku mpun mboten mulyo, niku orang tidak tertarik, bicara adnan, bicara m'ad bicara mbah2ipun Nabiyulloh Muhammad Shollallohu 'alaihi wa sallam. Pernah lama sekali, niku Nabi Ibrohim niku diidentikkan Yahudi, mergo gadah putu, bin Yahuda, bin Ishaq, bin Ibrahim. Gadah putu, cicit, namine Yahuda, bin Ya'qub, bin Ishaq, bin Ibrahim. Sudah gitu maqomnya, dirawat mereka. Kulo nate teng maqome Nabiyulloh Dawud i nggih ditulisi King David, nggih dikemuli bendera Israel. Ngangge bintang kejora niku. Intinya yang menstatuskan mbah, niku putu. Dados misale ono wong alim alamah, kok putune tukang gaple, yo mbahe yo dadi panggonan tukang gaple. Ngko nyejarahno, mbahe yo.. mbah ndisek iku kedonyan, mbah ndisek yo warisane akeh. Tapi kalau kita alim, ndarani sawah banyak, tanah banyak untuk sarana perjuangan. Sampek akhire Nabiyulloh Ibrahim gadah putuh, nggih niku Nabi Muhammad Shollallohu 'alaihi wa Sallam, untuk memaklumatkan maa kaana Ibrohimu Yahudiyan walaa Nashroniyan. 

Ibrohim yo ora Yahudi, yo ora Nashroni. Dados kembalinya Nabiyulloh Ibrohim 'alaihissalam dados ahli tauhid, distatuskan sebagai agama tahuid, niku nggih jasane putu sing bernama Nabi Muhammad Shollallohu 'alaihi wa sallam. Sampai Nabi Muhammad lak ndarani, dinu Abaa-i. Iki agamane mbah2ku, millata abikum ibrohim. Niki sekaligus ngetes mas aqom, niki apal al quran opo ora. 

Dados mengke niku wong2 nggih lupa dateng kyai Suhaimi, lek teng mriki mboten gadah pondok Tahfidz. Mergo lak ora ono tahfidz, anane Kurikulum, niku KH. Suhaimi dados bapak kurikulum pondok Benda. Mergo wis raono tahfidz sing ono wis kurikulum. Nanti dikiranya pendiri kurikulum itu mbah suhaimi. Karena statusnya mbah ini terserah cucu. Kados Nabi Ibrahim natos disalahpahami dianggep Yahuda, mergo gadah putu Yahuda bin Ya'qub bin Ishaq bin Ibrahim. Sebab niku, tradisi putu. 

Kulo niku bolak balik crito teng pengajian, riyin ngengken kulo afal quran niku sederhana namung ngeten, Haa kowe kudu apal quran, ben ora kepaten obor. Artinya kalau saya gak hafal quran, anak saya lebih punya alasan untuk gak hafal, wong bapak gak apal. Dadi angger ono putu Kyai ora alim, mesti sing disalahne bapak e. Bapak sekolah yo ra munggah, bapak yo ra apal alfiyah. Anaknya punya argumentasi. Tapi lak mbahe apal quran, terus anake apal, cucu apal, cicit ape ra anut iku isin. Maka dalam semua tradisi nabi kalau ngistilahkan kebenaran itu


Mengikuti Bapak Saya
 
 
wattaba'tu millata abaa-i.  
 
Saya begini itu mengikuti bapak saya, supaya ada ashobiyah, ada merasa bahwa hafal al quran itu kultur mbah saya. Alim itu kultur mbah saya.  Dadi yo nduwe isin, tapi sekali putu niku mbalelo, niku terus mengubah status mbahnya. Banyak kyai yang sekarang, dulu meyakini ziyaroh kubur iku apik, karena anak putune meyakini ziyaroh iku bid'ah, niku maqome mbahe nggih dipageri ora oleh ziyaroh. Karena cucunya punya madzab yang berbeda dengan mbahnya. Dados niku wau mas Aqom mpun guyon, sedanten pun guyon, kulo bade crito serius, semua kebaikan para Nabi diantaranya memaklumatkan bahwa kebenaran diisnadkan ke mbah2nya. Kulo bolak balik matur, agama ini milik Alloh Subhanahu wa Ta'ala, tapi gak pernah diistilahkan di dalam Al Quran langsung Alloh, misalnya Nabi Ya'qub, ketika mau kapundut. 

أم كنتم شهداء
 إذ حضر يعقوب الموت إذ قال لبنيه 
ما تعبدون من بعدي قالوا نعبد إلهك وإله آبائك إبراهيم وإسماعيل وإسحاق 
إلها واحدا ونحن له مسلمون
Surat Al Baqoroh: 133


Saya menyembah Tuhanmu, dan Tuhanya nenek moyang kamu. Padahal kita tahu, Alloh itu Robbul 'alamin, Alloh itu yan menuhani semua alam raya. Tapi (kelemahanya orang) Tuhan se alam raya itu, jadi gak merasa memiliki. Maka setiap berdoa kita matur, Robbi, Pengeran insun. Sebetulnya Pengeran insun itu salah, artinya salah itu, orang lain boleh komplain. Yo Pengeranku barang, enak ae, mbok akui Pengeranmu Tok. Tapi orang itu butuh merasa memiliki, sehingga kalau berdoa itu Robbi, Penggeran insun. Merasa Pengeran insun ini yang menjadikan berdoa ini mustajab, karena merasa ini Alloh milikku. Tapi lak muni, Robbal alamin itu bias. Sehingga dalam tradisi quran itu, kalau Alloh menceritakan dzatnya itu Robbul 'alamin untuk maklumat. Tapi setiap orang berdoa itu bilangnya robbi, supaya merasa memiliki. 


Dadi wes gampangane lak putu2 mbah arwani ben apal quran. Iku qurane mbahem, mbah arwani. Iki qurane mbah suhaimi, iki qurane kyai nur salim. Seakan2 ini milik kita. Sehingga ketika kita tidak hafal quran itu isin, iki qurane Mbah arwani, qurane mbahku, qurane buyutku. Nah Nabi2 kalau ngajari cucunya juga begitu, Tuhan itu siapa? 
 
ilaahaka wa ilaaha abaaika, millata abaai
 
Dadi ini mungkin orang banyak yang tidak mengkaji itu. Alloh secara hakikat, pasti Robbul alamin, yang menuhani semua alam raya ini. Tapi kalau kita berdoa seperti itu, itu gak merasa memiliki. Sehingga kalau berdoa, kita, mulai dulu bilangnya Robbii Pengeran insun. Misalnya cucu2 Mbah Maimoen alim, karena Mbah Zubair riyin alim ushul fiqh. Iki fekihe Mbah Zubair, iki asbahe mbah zubair. iki ihya e mbah zubair, sehingga cucunya mau gak alim itu isin, karena warisan ihya dimaknani ala mbah zubair. iki qurane kyai suhaimi, iki khidmahe kyai shodiq. Kulo kenal banyak lah sama kyai shodiq, temanya bapak saya, temanya mbah2 saya, temanya guru2 nya sama. Saya punya buyut keluarga lasem, beliau pernah ngaji mbah baidhowi. Dulu ya khidmah mbah moen, khidmah mbah dhowi semuanya. Dan khidmahnya luar biasa, putra2ne nggih khidmah mbah moen. Cuma alhamdulillah bagian nyupir, nyupiri mbah moen. 
 
Sopir Mbah Moen
Terus lek ngistilahno mboten supir. Nyawa Mbah Moen di tangan saya. Dadi akhire nggih keren, mergo supir niku sing nanggung nyawane, kyaine. Apalagi ndisek mbah moen lak tindak jarang mbeto penderek, jadi hanya sopir, mas nayib, mas.. semuanya pernah sopir semua. Nyawa mbah moen ditangan saya, padahal mbah moen santrinya ribuan, itu saja nyawanya ditangan saya. Jadi kesane sopir itu khidmah yang paling keren, mergo Nyawane Mbah moen bergantung sopire, alhamdulillah ngantos akhir hayat, gak onok sing nabrakno mbah moen. Niki luar biasa. Mergi mboten nate nyupiri mbah moen wangsul ngantuk, mbah moen, Pengajian terus ditinggal lungo. Coro ngrungokno pengajian mulihe ngantuk, barokahe rodok mbeling maleh gak ngantuk. Mergo angger mbah moen munggah, langsung do kluyuran, muleh dadi fit. Coro ngrungokno mbah moen ngaos, nggih mungkin malah masalah. Dados kadang ora bener iku, yo khidmahe bener. Niku seksina katah, mboten fitnah niki.

Nah kulo mbalik malih crito nggih, dados, kulo matur, karena ini acara quran nggih, kulo mboten saget guyon katah. Robbii duh Pengeran insun. Ini kalau dimaknani hakikat jelas salah. Karena hakikatnya Alloh itu Tuhan semesta alam, Tuhan semuanya. Tapi supaya ada rasa tamaluk (rasa memiliki) diistilahkan Robbi, duh Pengeran? insun. 

Nah dulu ketika saya ngapalno quran, bapak nggih ngoten. Ojo lali, qurane bapak. Qurane mbah2mu. Dulu para nabi ngistilahkan agama islam itu dinulloh harusnya. Tapi diistilahkan millata abaai. Agamane bapak2 mu. Ketika Rosululloh mengistilahkan islam, ya millata abikum ibrohim. Sehingga ada tamaluk (rasa memiliki). Siapa sih yang membawa quran disini, yang membawa quran disini? Kyai suhaimi. Akhire ape ora khidmah agomo iku isin. Karena ini status bapak kita, status mbah2 kita. Nah makane kulo suwun, lak ndongo niku robbi, duh Pengeran insun itu, wes wani merasa tamaluk, bahwa Alloh itu milik kita, islam milik kita. Tradisi2 seperti ini harus kita jaga. Mulane wonten haul niku nggih ngurip2 niku. 

Kulo tak crito sekedik tentang  
 
dzuriyatan ba'duhaa min ba'di
 
Kulo mbeto beberapa kitab sing ditulis Mbah Maimoen. Dan kulo piyambak, nulis kitab al intishor li madzhabi syaikhinaa. Dulu, kulo tak crito, Nabi Muhammad Saw. Niku umroh, haji, ngantos sa'i niku ngge ngenang hajar. Hajar niku pados air, antara shofa dan marwa, terus kangelane niku diabadikan teng sa'i. Dadine ibadah sa'i bainas shofa kalian nopo? marwa. Disunatno ngome zam2, nggih dingge ngenang Nabiyulloh isma'il. Apasaja itu tidak ada yang tidak ngenang seniornya. Maka kata mbah maimoen, termasuk fatwa sing paling kulo kenang, wong iku ora iso niru Alloh, kata mbah moen. Mergo Alloh iku Pengeran, ora mangan ora ngombe, ora turu. Sing iso ditiru niku menungso, sebab niku dawuhe Alloh Swt, ketika kita doa di fatihah niku, ihdinash shirotol mustaqim. Shirotholladzina... mboten shirotoka, tapi shirotolladzina an'amta alaihim. Sehingga kalau ibadah, kita itu tidak bisa niru Alloh. Wong Alloh niku mboten butuh ibadah, sing disembah. Nah jadi artinya gini, kalau kita mahabbah quran, yo niru kyai suhaimi, niru mbah arwan, niru mbah munawwir. 

Lak alim yo niru mbah zubair, sampai niru putra2ne mbah zubair. Sampai mbah maimoen, gus najih, gus ghofur, sedanten. Nah disebut, shirotol mustaqim, shorothol mustaqim itu apa? shirotholladzina (jalan mereka yang telah engkau beri nikmat.) Alloh mboten ngendikan shirothoka. Karena Alloh itu tidak tersentuh, Alloh itu laa yukayyaf, Alloh itu gak bisa dibayangkan. Sehingga kesholihan itu butuh master, butuh percontohan. Nah butuh percontohan niki disebut, millata abaii. Na'budu ilaahaka wa ilaaha abaaika ..... disebut millata abikum ibrohim. 

Mulane sampeyan sing mboten gadah nasab, sing ora nduwe nasab kyai shodiq, kyai suhaimi sing seneng. Nasab parmin parlan, njing mben selesai. Pun to.. percoyo. Njing mben lek ditakok i munkar nakir, man abuka jawabe piye? Nabiyulloh ibrohim. Dados semua gus, semua anak e kyai, semua anak e Nabi. 




........

Shirotol mustaqim, niku mboten shirotoka, tapi shirotolladzina an'amta 'alaihim. Dados lak kepingin anut, dadi wong apik iku,  anut senior2nya. Anut guru2nya. Karena ngelola kebaikan butuh seni. 


Saktah 
Wes terakhir kulo crito, lak kowe rapaham yo anut, wes terpaksa anut, lak ora paham. Misalnya saktah, kulo bolak balik crito saktah. Niki mbak2 kang2 sing ora ngerti saktah. Mungkin kita hanya ikut guru, wes pokok e kon saktah, melok saktah. Saktah niku meneng, tapi lak mangke njenengan niku ngaos kados kulo, ngaos teng kitab2 ageng. Saktah itu keharusan, 

قالوا يا ويلنا من بعثنا من مرقدنا هذا ما وعد الرحمن وصدق المرسلون


Dados kulo beri contoh sing terkenal, Yasin, mesti apal sampeyan. Ketika orang bangkit dari kubur, itu tanya man ba'atasanaa min marqodina
Sing nangekno aku iku sopo? 
Jelas kalimat ini kalimatul mustafhim, kalimat penanya


Nah terus gara2 disaktah, terus dijawab sama Alloh lewat malaikat 
hadzaa maa wa'adarrohmanu wa shodaqol mursalun

Itu andaikan tidak disaktah, kalimat ini milik siapa itu gak jelas. Tapi barokahe disaktah, man ba'atsana kalimatul mustafhim, wa hadzihi kalimatul mujawwib
Jadi ada yang tanya man ba'atsanaa min marqodinaa? sing nangekno aku sopo? (saktah) 
dijawab hadza maa maa wa'adarrohman. Iki wes dadi titahe Alloh. 

Lah andaikan tidak disaktah, sampeyan woco gebut ae, iku coro sampeyan dadi wong alim al arobi, iku mesti bingung. Quran iku karepe piye? ngomong2 dewe, dijawab2 dewe. Tapi barokahe disaktah menjadi tahu, man ba'atsanaa min marqodinaa, hadzaa maa wa'adarrohmanu. Jadi sebelum anda faham, sing penting anut guru. Karena barokahe disaktah ini menjadi jelas, mana kalimatnya penanya, mana kalimatnya penjawab. 




الحمد لله الذي أنزل على عبده الكتاب ولم يجعل له عوجا
قيما لينذر بأسا شديدا من لدنه ويبشر المؤمنين الذين يعملون الصالحات أن لهم أجرا حسنا

Begitu juga misale, Alhamdulillahilladzi anzala 'ala 'abdihil kitaaba wa lam yaj'allahu 'iwaja...qoyima
wa lam yaj'al (lan ora nggawe sopo? Alloh)
lahu (ing quran)
ora digawe...
'iwajan (ing bengkok)
yo ora digawe 
qoyyiman (jejeg)

quran i yo ora bengkok, yo ora digawe jejeg, (iso)kafir sampeyan. 
Tapi barokahe saktah, 
qoyyiman iku dadi kesimpulan dadi mafhum, dadi natijah.

wa lam yaj'al (lan ora nggawe sopo? Alloh)
lahu (maring quran)
ora digawe...
'iwajan (ing bengkok) - mandek (saktah)

ora bengkok iku opo? 
qoyyiman (tegese quran iku jejeg)

Dadi saktah ini punya filosofi yang luar biasa. Dadi umpomo mboten enten saktah, ada tasalluthul 'amil, ma'mul yaitu ngamalaken teng lafadz qoyyiman. Berarti maknane Alloh ra nggawe quran jejeg, lha Niku lak saget kafir. Tapi barokahe saktah, misale kulo ngomong, Cung.. ojo undangno aqom, ojo diundangno mas diya', ojo diundangno mas nahim, terus saya jeda mas labib. Berarti yang diundang itu mas labib. Tapi kalau tanpa saktah?? semuanya jangan dipanggil, tapi kalau ada jeda..

.........


Dadi waqof niku, dadi kulo kan termasuk tim teng lajnah. Mikire yo kangelan tenan, iki mim,  iki laa, mbote njimat niku, niku serius niku. 

Wa kadzalika haqqot kalimaturrobika alalladzina kafaru, annahum ashabun nar (titik). Wes titik tenan, waqof lazim. Alloh sudah menitahkan bahwa orang2 kafir itu ashabun nar, titik. Alladzina itu kallafun musta'nafun.


Dadi kulo wau, mboten guyon, guyon niku pilihane loro, 
ora iso ngomong serius akhire guyon, dadi kulo wau lak guyon maqom kulo kados mas aqom. Dadi gak iso ngomong ilmu serius, dadi nggo nutupi goblok e nggih guyon. Tapi kadang2 wong niku nggih ngetokno goblok e mboten nopo2 bent tawadhu'. Mergo riyin wonten wali loro, mungkin koyok kulo ambek mas aqom. Tapi niki mpun wali nopo dereng mboten jelas. Sing sitok niku lak loro suambat, waduh biyungg... wes pokok e suambat koyok wong awam, uaduhhhh. Ditilik i wali sing pun papan atas, lhaiyo kowe wali lak loro kok sambat. Wali iku rausah sambat. Terus jarene wali sing sambat, Aku ngetokno awamku, ben ngetokno tawadhu'ku. Kowe wes ora usah sambat, sok2 an koyok wali ae. Dadi kadang bodo niku yo apik, dadi ngetokno goblog e, tawadu' e, selain fakta lo nggih. 



Dados kulo suwun, mas diya' lek ngulang quran, waqof itu diperhatikan. Makanya tenggene jazariyah,  
 
wa ba'da tajwidi kalil wuruqi la budda bi ma'rifatil wuqufi
 
Termasuk yang wajib itu mengerti waqof. Karena sekali fatal tadi, malaikat bisa marah kan? 

malaikat sing ning langit krungu, piye iki...karena kalau diwashol itu jadi badal kan? kamu tahu siapa ashabun naar? alladzina yahmilunal arsya. Niki do sok suci, jarene sing do rung ngerti adik2 ku, padahal kakak e yo lagek ruh iki mau. Tapi kulo suwun lah, kalau belum tahu detail yo anutlah, tulisan mim yo waqof lazim. Karena tadi, sebetulnya yang fatal itu banyak, makanya mbah moen sering ngritik, wes apal quran tok raruh waqof. Karena ada yang fatal, sebetulnya hafal quran tok itu fadhoilnya sudah luar biasa. Tapi kadang2 gak memperhatikan waqof. Nah kebetulan ada yang fatal tadi, kayak tadi misalnya. Ndak kebayang kan? kalau di yasin itu tidak saktah, karena  
 
mamba'atsana min marqodina itu kalimatus sail / kalimatul mustafhim, 
sing hadza maa wa'adar rohmanu itu kalimatul mujawwib. 


Jadi begini ya, ada perdebatan ulama, waqof itu kalau di ushul ayi, asal ayat itu boleh. Karena pilihan waqof itu pasti aman. Washol itu melihat makna.. misalnya ada orang terpaksa bilang fawailullil mushollin (waqof) misalnya itu masih ada yang mbela karena itu ro'shul ayi, meskipun itu riskan. Masak wail bagi mereka yang sholat. Tapi biasanya di tradisi arab, karena Al itu. Kelompok ini masih berargument ada Al. Mushollin yang siapa? karena ada lil mushollin kan ada al nya li ta'rif. jadi mushollin yang siapa? Tapi guru2 kita mulai dulu mentradisikan, fawailullil mushollinalladzinahum 'an sholatihim sahun, akhirnya washol. Karena takut disalah fahami, masak fawailul lil mushollin. Tapi ini cerita2, sifatnya afdholiyah, sifatnya afdholiyah itu ya sudahlah kita washol. Tapi kalau yang alladzina yahmilunal arsya kan fatal, karena memang gak kebayang. Nah terus ada yang afdholiyah tapi bagus ya. 

Saya beri contoh. Andaikan kita nekuni waqof, itu gak perlu membela nabi yusuf berlebihan dengan cara yang diutarakan ahli tauhid. Kalau nabi salah itu min baabi hasanatil abror sayiatul muqorrobin. Tapi kalau sampeyan waqofnya benar, gak perlu seperti itu. Saya ulang lagi, kalau waqofnya benar gak perlu seperti itu, karena bacanya gini, walaqod hammad bih (waqof) Lan temen2 seneng/ngebet sopo? zulaikho ing yusuf. Jadi sing bener2 ngidam bener2 pingin ruh rasane yusuf, itu zulaikho. Jadi sesudah waqof terus wa hamma biha laulaa an roaa burhana robbih. Yusuf sebagai manusia norma juga punya rasa dengan zulaikho, andaikan tidak melihat burhana robbih. Jadi dicerita2 itu nabi yusuf sebagai laki2 normal ya sempat syahwat. Sempat senenglah, di certia2 itu ditabok sama Nabi Ya'qub.. di cerita2 itu spermanya nabi yusuf sampai kutah semua, hilang syahwatnya. Tapi intinya hamma biha itu, laulaa an roa burhana robbih. Artinya kalau kita pakai ilmu nahwu, laulaa zaidun la akromtuka, andaikan gak ada zaid saya memulyakan kamu, berhubung ada zaid, maka tidak jadi memulyakan. Artinya Yusuf itu salah andaikan gak roa burhana robbih. Berhubung roa burhana robbih sehingga tidak salah. Artinya andaikan waqof itu bener, walaqot hammat bih (waqof) tapi wa hamma bihaa laulaa an roa burhana robbih. Jadi andaikan waqofnya bener, yusuf ya tidak kayak zulaikho. Jangan mentang2 zulaikho orang normal, yusuf orang normal terus cara inginya sama itu ndak. Yang zulaikho ingin betul, berbuat nakal sama yusuf, yang yusuf andaikan tidak roa burhana robbih juga hamma, berarti berhubung roa berarti tidak? hamma. Artinya gini, jadi andainya kita waqofnya bener, itu tidak akan ada jawaban yang njilmet2 tadi. Min baabil hasanatil abror, sayyiatul muqorrobin. 

Mulane kulo suwun, misale... tapi yo angel, ngapalno tok wis angel kok mikir waqof barang i yo ribet. Kadang2 kepinging ndang rabi macem2, tapi niki crito, crito (kalau) ilmu ini gak boleh hilang. Dados kulo suwun, waqof lazim, waqof nopo sing kudu waqof yo waqof, Wes pokok e lak saget nggih sesuai aturan2 sing enten tenggene kitab2 tajwid. 

Nggih ngoten mawon, ngapunten engkah katah
Assalamu'alaikum
warohmatullohi
wa barokatuh

Comments