Skip to main content

Ust Budi Ashari | Lifestyle, Hidup Mewah | Kajian di Tulungagung

 
Berikut ini adalah Catatan Kajian Ust Budi Ashari di Tulungagung. Saat beliau pulang kampung, ke Tulungagung, pasti ada saja yang meminta beliau untuk mengisi kajian. Selamat menyimak, semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan kita tentang kajian keagaaman. Amiin. 



Assalamu'alaikum warohmatullohi wa barokatuh


ان الحمد لله نحمده و نستعينه 
ونستهديه  ونستغفره

ونعوذ بالله من شرور انفسنا ومن سيئات اعمالنا
من يهد الله فلا مضل له

ومن يضلل فلن تجد له وليا مرشدا
اشهد ان لا اله الا الله وحده لا شريك له
واشهد ان محمد عبده و رسوله
اللهم صلى وسلم وبارك وانعم 
على رسولنا  و شفيعنا وامامنا 
محمد صلى الله عليه و سلم
وعلى اله واصحابه ومن تبعه باحسان الى يوم الدين

 سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتنا إنك أنت العليم الحكيم

اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا ما ينفعنا وزدنا علما
يا عليم


اللهم اعز الاسلام والمسلمين

اما بعد

 

Saudara saudariku yang dimuliakan Alloh, kaum muslimin dan muslimat. Ustadz Umar, tuan rumah pesantren yang barokah ini. Serta para ustadz/ustadzah, para ahli ilmu semuanya, para santri, teman2 semua.

Bertemu kawan Lama
Terimakasih banyak temen2 semuanya, Alhamdulillah, Saya kalau ke tulungagung itu, MasyaaAlloh bukan hanya menyampaikan ilmu. Tetapi, bertemu dengan banyak teman, saudara, yang penuh dengan kejutan. Saya jumpa teman saya, yang terakhir saya ketemu tahun 1990. Teman sebangku sekolah, Ustadz Abdul Karim, ketemu barusan. Dipertemukan di Pondok Ar Rosyid. Terakhir saya ketemu beliau tahun 1990. Temen sebangku sekolah, sekelas. Disini, Tsanawiyah beji dengan beliau. Dan ayah beliau juga yang mengajar di kelas, salah satu pengajar di kelas kita. Masyaalloh banyak dipertemukan dengan saudara2, dipertemukan disini. Dengan keluarga semua Alhamdulillah. 



Kejatuhan dan Kebangkitan
Temen2 yang dirahmati Alloh Subhanhu wa ta’ala. Tema kita hari ini, Temanya besar, besar sekali. Moderator memberi waktu saya satu jam, siap temen2 satu jam? Siap Insyaalloh. Bicara tentang kebankitan, bicara tentang kejatuhan – tentang kebangkitan. Pembicaraan ini, kalau ustadz umar menginginkan, seperti yang beliau sampaikan tadi, yang beliau sampaikan sejak awal. Hari jum’at lalu, di tempat saya beliau menyampaikan, kita2 ini tidak menghabiskan energi pada pertikaian hari ini, pertikaian sesaat. Kalau babnya kita harus memilih pemimpin negeri ini ya silahkan dipilih. Tetapi menghabiskan energi pada pertikaian. Sampai, nanti ada hal yang lucu temen2, Bapak2 ibu2 nanti ada hal lucu nantinya. Begitu masyarakat bertarung luar biasa, kemudian begitu pemimpinya jadi, pemimpin (yang berkompetisi) sudah pada salaman, sudah pada bagi2 kursinya, tapi di masyarakat berantemnya belum selesai. Itu yang kasihan, betul kasihan, kita habiskan usia kita, sangat sayang. 



Cermin Posisi Kita
Hari ini kita akan membahasnya dari Quran, kita akan cek dari Quran dari hadits Nabi dalam sejarah islam seperti apa? Supaya jadi cermin, sekarang kita ada diposisi mana? Kalau tahu penyakitnya, mudah2 an tahu obatnya. Kita akan cek penyakitnya, kemudian kita setelah itu tahu harus berbuat apa. Saya akan mulai membacakan ayat yang dibacakan oleh Akhuna Ibrohim. Surat Al A’rof ayat 96 dan seterusnya. Ternyata ini yang milih adalah Ustadz Umar

ولو أن أهل القرى آمنوا واتقوا لفتحنا عليهم بركات من السماء والأرض 

ولكن كذبوا فأخذناهم بما كانوا يكسبون

أفأمن أهل القرى أن يأتيهم بأسنا بياتا وهم نآئمون

أو أمن أهل القرى أن يأتيهم بأسنا ضحى وهم يلعبون

أفأمنوا مكر الله فلا يأمن مكر الله إلا القوم الخاسرون

Surat Al A'rof: 96 - 99


Ayat ini sebenarnya itu perintah buat kita, kalau ingin tahu apa maknanya, lihat terjemahnya temen2. Kata Alloh 

Andai penduduk sebuah negeri, 
beriman dan bertakwa, itu kuncinya. 
Maka akan Kami turunkan berkah dari langit dan dari Bumi. 
Oke… dua ini untuk menghasilkan satu. 
Jadi Iman dan takwa itu hasilnya barokah. 


Barokah
Barokah itu kalau sudah Alloh turunkan dari Langit dan memancar dari Bumi, itu tidak ada masalah yang tidak selesai. Makanya saya, sampaikan Khutbah pada Jum’at lalu di masjid apa Namanya? Al Fattah, di Kepatihan, saya ambil tema keberkahan. Wallohi temen2 saya sampaikan, Indonesia ini tidak ada yang kurang, tidak ada yang kurang. Kalau anda berbicara tentang sumber daya alam, gitu ya. Makanya sampai ada kalimat begini, kalau di sekolahan, kemudian ada kertas ujian bahwa barang tambang apa yang ada di Indonesia? Ada yang mengatakan pertanyaanya yang salah. Yang benar pertanyaanya adalah barang tambang apa yang tidak ada di Indonesia. Karena kalau barang tambang apa yang ada di Indonesia, kasihan muridnya, jawabanya banyak sekali. Saking kayanya negeri ini, coba antum pikirkan apa yang gak ada di negeri ini?


Pohon yang diberkahi
Temen2 spanyol, spanyol hari ini.  Spanyol itu tahun lalu, mengalami krisis ekonomi yang menjelang tutup negaranya. Oke spanyol, kalau temen2 senang lihat sepak bola itu sebenarnya tidak mencerminkan negaranya yang Makmur. Mereka bisa membeli pemain sekian triliun harganya. Itu sama sekali tidak mencerminkan sebuah negara. Karena itu adalah wilayah perjudian. Itu negeri sedang mau tutup, sudah mau jatuh gitu, ada satu factor yang mengganjal supaya dia tidak tutup sama sekali. Dan temen2 kalau ke spanyol, itu sejauh mata memandang, itu ada sejenis tanaman. Yang hasil tanaman ini menghasilkan perekonomian yang luarbiasa. Kalau ada jalan, atau jalan tol dilewatkan, itu gak boleh menabrak kebun itu. Kalau dia mau nabrak kebun, harus dibelokkan jalanya. Anda tahu kebun apa? Kebun apa?


الله نور السماوات والأرض 
مثل نوره كمشكاة فيها مصباح 
المصباح في زجاجة 
الزجاجة كأنها كوكب دري يوقد من شجرة مباركة زيتونة لا شرقية
ولا غربية يكاد زيتها يضيء ولو لم تمسسه نار 
نور على نور يهدي الله لنوره من يشاء 
ويضرب الله الأمثال للناس والله بكل شيء عليم


Pohon Zaitun temen2, quran menyebut pohon zaitun itu pohon diberkahi. Antum bisa bayangkan, Cuma gara2 satu pohon, itu bisa mengganjal perekonomian agar tidak terlalu jatuh. Di Indonesia apa yang gak tumbuh? Itu pohon zaitun yang ada di Spanyol itu, sejarah awalnya. Zaitun itu awalnya ada di negeri syam. Zaitun itu awalnya ada di negeri syam, bukan di wilayah eropa. Negeri syam itu empat negara, palestina yordania, suriah, dan libanon. 4 Negara. Itulah aslinya dulu pohon zaitun. Bermula muncul dari wilayah tursina, kemudian masuk spanyol setikar tahun 100H, kurang lebih. Sekarang tahun berapa? lihat temen2 kebayang berapa jaraknya? 1440, bener ustadz? Antum tahun berapa hidupnya? beliau mundur ke belakang sekali beliau ini, beliau nampaknya Penikmat masa lalu. Sebab 100H muslimin masuk ke negeri Andalus, ke spanyol itu. Di mulai dari madrid, ke spanyol itu. Mulai dataran maroko, nyebrang selat gibraltar. Pohon itu dibawa oleh Muslimin, oleh pemimpin islam (dari negeri syam) dibawa. Karena yang memasuki wilayah itu adalah para pemimpin dari negeri syams aslinya, dari suriah dulunya. Dibawalah pohon itu, bayangkan, sampai hari ini jadi penghasil zaitun terbesar di dunia, sampai itali. Temen2 kalau lihat botol zaitun, coba lihat tulisanya. Tulisanya Spanyol, Itali. Itu bukan tumbuhan spanyol, tumbuhan itali, itu tumbuhan negeri syam. Dan Quran mengatakan dia pohon yang diberkahi. 

Kebayang tidak? satu pohon bisa menahan perekonomian negara. Mosok negeri ini gak bisa, wo terbukti, pohon ini ditanam disini pun tumbuh. Temen2 penanam zaitun, sangat banyak. Jadi ada yang salah dengan negeri ini. Makanya ayat tadi mengatakan 

ولو أن أهل القرى آمنوا واتقوا لفتحنا عليهم بركات من السماء والأرض
 ولكن كذبوا فأخذناهم بما كانوا يكسبون
Surat Al A'rof 96


Andai penduduk negeri ini mau beriman dan bertakwa maka kami bukakan keberkahan. Kalau sumber daya Alam luar biasa, begitu juga sumber daya manusia. Kalau sumber daya manusia diukur dengan kepintaran, strata pendidikan. Professor, doktor, atau apa pun, gak ada yang kurang di negeri ini. Anda mau ahli apa? ada di negeri ini. Mau ahli apa? ada di negeri ini. Jangan khawatir, ada semua. Saya bertemu dengan professor dengan berbagai macam keahlian. Apa yang gak ada di negeri ini? bahkan yang gak banyak di negara lain, di negeri ini ada. Dulu saya pernah sekali berkunjung ke bantan (badan tenaga nuklir nasional), di Indonesia ini punya nuklir pak, dan jangan salah, kalau nuklir itu meledak (bisa) tenggelam ini pulau jawa. Nuklir, tempatnya di serpong, ada kantor, ada ruangan khusus, dan dijaga, karena nuklir itu bahaya sekali.  Sehingga harus disalurkan menjadi sesuatu yang manfaat hari ini. Saya bertemu dengan kepalanya seorang doktor lulusan jerman. Jurusanya memang nuklir dulu itu, sekolah di Jerman. Beliau cerita ke saya, beliau katakan bahwa di Indonesia, itu yang ahli nuklir, itu cukup. Kalau kita mau buat nuklir lagi bisa. Cuma tidak mungkin dilakukan karena faktor politik. 


Indonesia Melimpah
Anda mau terbang naik pesawat? Indonesia ini pakarnya buat pesawat, gak usah beli boeing gak usah beli airbus bisa. Dan sudah terbukti bisa terbang. Tidak ada yang tidak ada disini. Tapi kemudian kenapa terjadi seperti begini? Saya gak tahu? apakah temen2 termasuk yang nyaman dengan keadaan negeri ini saya gak tahu. Jangan2 anda merasa nyaman hidup hari ini. Jika muslim, kita ini muslim, ukuranya pertama kali adalah keislaman kita.  Kehidupan nyaman sebuah muslim tinggal di sebuah negeri. Tentu akidahnya, belajarnya, akhlaqnya, musliminya dibuat nyaman dan seterusnya. Kemudian kalau bicara tentang perekonomian, perlu ketentraman perlu kenyamanan, perlu keamanan, kalau itu tidak terjadi di sebuah negeri, (berarti) ada masalah.

Alloh sampaikan, ketika pointya adalah Iman dan Takwa maka hasilnya adalah barokah dari langit dan bumi. Nah kemudian temen2 ayatnya mengatakan, 

ولكن كذبوا

Tapi mereka ini semua mendustakan ayat Alloh. Penyebabnya berubah semuanya juga satu saja, kadzabu.. diringkas dalam satu kata. Tapi karena mereka mendustakan ayat Alloh.

ولكن كذبوا 
فأخذناهم بما كانوا يكسبون

Maka Kami hukum mereka, dengan sebagian ulah mereka. Jadi temen2 hukuman Alloh ini, hanya karena sebagian ulah kita. Kalau perilaku dosa kita ini, misalnya dosanya 100 dihukum 100, gak ada yang bisa (nerima, di dunia ini). Tapi yang Alloh hukum itu cuma sebagian dari ulah kita, itu saja sudah menyengsarakan. Makanya Alloh ingatkan, lihat temen2 ya...


أفأمن أهل القرى أن يأتيهم بأسنا بياتا وهم نآئمون
Apa penduduk negeri ini merasa aman, ketika hukuman kami datang pada malam hari, saat mereka tidur. Ayat setelahnya

أو أمن أهل القرى أن يأتيهم بأسنا ضحى وهم يلعبون
Ataukah mereka merasa nyaman, hukuman kami datang di waktu duha/ siang, saat mereka sedang main2. Penutupnya adalah..

أفأمنوا مكر الله فلا يأمن مكر الله إلا القوم الخاسرون
Apakah mereka merasa aman dengan makarnya Alloh. Tidak ada yang merasa aman dari makar Alloh kecuali orang2 yang rugi. 

  
Oke temen2 yang dirahmati Alloh, ayat itu menyampaikan bahwa waktu 24jam itu cuma dua, satu siang, satu malam. Lalu Alloh katakan, hukuman datang malam hari, saat mereka tidur, atau hukuman yang datang saat siang hari saat mereka bermain. Itu artinya, hukuman Alloh itu mengagetkan, mengejutkan, bisa datang kapan saja, betul? Lihat musibah yang datang, kapan saja datangnya. Musibah ini dengan kapan saja waktunya. Tapi ada dua kalimat yang menunjukkan kita sedang lalai. Lihat temen2.... kalau malam kita tidur, kalau siang kita main. Loh, siang kita kerja pak..bukan main. Itu main, kenapa main? Alloh berfirman,


إنما الحياة الدنيا لعب ولهو وإن تؤمنوا وتتقوا يؤتكم أجوركم ولا يسألكم أموالكم
Surat Muhammad : 32


Kehidupan di dunia ini cuma permainan. Maka temen2 kalau anda nyari uang, faktornya cuma anda pingin nyari uang, itu anda sedang bermain2 di dunia. Hanya ketika dunia dikait dengan akhiratlah, maka dunia bukan permainan. Tapi kalau cuma, siang2 gini, lalu orang nyari uang, kemudian murni karena uang itu permainan. Apalagi kalau memang kita main2. Apalagi kalau kerja nyari uang adalah kerja hasil main. Ustadz Umar bilang, apalagi kalau dapat uangnya adalah hasil dari permainan. Memainkan semuanya, memainkan anggaran, memainkan....

Jadi itu masalah di kita, begitu setiap hari kita main2. Begitu malam hari kita tidur. Kalau gitu kehidupan kita, Alloh mengatakan, hati2 hukuman Alloh bisa mengagetkan kapan saja. Itu pembukaanya, sudah seperempat (jam). 





Baik, bapak ibu yang dirahmati Alloh, saya akan mulai dari ayat yang cocok untuk orang indonesia. Memang ayat untuk orang Indonesia ada yang gak cocok? saya salah, maksudnya cocok semua, tapi cocok untuk orang Indonesia dibandingkan tempat untuk ayat itu turun aslinya. Karena ayat ini turunya di mekah madinah dan sekitarnya kan? Mekah madinah itu wilayah gersang, sampai sekarang pun gersang. Gunung ya gunung batu, yang ada ya pasir krikil, anda mau naik ketinggian berapa pun tetep aja batu semuanya. Tapi kalau hari ini, madinah masih lumayan, madinah masih ada kebun2 kurma, tapi tetep saja, tadi.. tetep padang pasir. Jangan dibandingkan dengan gunung kidul sini, ini daerah luar biasa. Saya sering sampaikan, sebelum memasuki ayatnya. Seorang ulama besar, dari suriah, sudah meninggal. Beliau meninggal di tahun 1999, nama beliau Syaikh Ali Thanthowi.  

Syaikh Ali Thanthowi
pernah ke Indonesia pada tahun 70an. Beliau naik kereta dari Jakarta sampai ke Malang. Karena beliau itu ulama sekaligus sastrawan, terus kemudian beliau menulis buku tentang Indonesia. Potret dari Timur, Indonesia.

صور من الشرق في اندنيسيا

Bagus sekali bukunya, bahasa indonesianya (terjemahan) bukunya saya gak tahu. Buku itu menggambar tentang perjalanan beliau ke Indonesia, ditulis di dalam buku itu. Sampek beliau menyebut salah satu judul di buku itu, di dalamnya ada sub judulnya, judulnya adalah jawa, jannatulloh fil ardhi. Jawa Surga Alloh di muka bumi ini. Tapi, waktu buku itu dicetak ulang, sekian tahun lagi, dicetak ulang. Beliau diminta oleh penerbitnya untuk ngasih muqodimmah lagi. Muqodimahnya sudah berubah, bahasanya tidak seperti dulu. Bahasa itu kalau direnungi orang Indonesia, menyakitkan sekali bahasa itu. Beliau mengatakan apa? kata beliau...kalaupun ada yang berubah, bukan alam yang berubah, tapi manusianya yang berubah. Sebenarnya beliau mau menyampaikan, sudah mulai rusak Indonesia orang2nya. Itu simplenya, gampangnya, ya kan. Makanya alamnya mulai berubah, tidak sama ketika beliau berkunjung tahun 70 dulu, berbeda.



Surat An Nahl 112 - Pakaian Kelaparan
Bukalah surat saba', nanti juga sama dengan surat An Nahl, Surat An Nahl 112, atau surat Saba' 15 dan 16. Kalau yang di An Nahl ayat 112, berbicara tentang kaidah umum sebuah negeri yang sebelumnya hidup nyaman aman tentram makmur. Kemudian berubah dihukum oleh Alloh Swt. 

وضرب الله مثلا قرية كانت آمنة مطمئنة
 يأتيها رزقها رغدا من كل مكان 
فكفرت بأنعم الله 
فأذاقها الله لباس الجوع والخوف بما كانوا يصنعون
Surat An Nahl 112


Perumpamaan negeri yang tadinya Aaminatan Muthmainatan. Aminah itu aman, muthmainnah itu tenang. Karena aman, itu belum tentu tenang. Makanya digabungkan keduanya Aman dan Tenang. Negerinya aman, tapi gak bisa makan, gak tenang. Rizqi itu datang dengan sangat nyaman, sangat nikmat datangnya dari semua arah. Jadi rizqi itu datang darimana2, bukan kayak sebagian kita hari ini, sudah rizqinya satu, sepi banget. Kalau ini rizqinya datang dari semua pintu.  Tapi Alloh menyampaikan perubahanya di masyarakat itu, perubahanya itu satu saja. Ini juga point2 mengapa masyarakat jatuh. Tapi mereka itu mengingkari kenikmatan Alloh. Mengingkari itu maksudnya, rizqi dari Alloh itu dinikmati, tapi perintah dari Alloh diabaikan. Jadi yang ngasih rizqi itu gak didengarkan. Apa efeknya? begitu mereka mengingkari nikmat Alloh. Ini bahasa quranya tinggi, kalau diterjemahanya (kurang pas). Saya kasih satu per satu kata supaya bisa kita nikmati. 

fa adzaqohaa (dibuat kita bisa merasakan), sehingga Alloh timpakan, sehingga kita bisa merakan
libaasa (pakaian) apa yang dipakainya? dua pakaian.
satu pakaian kelaparan, dua pakaian rasa takut. 

Sebenarnya bahasanya itu gini, masyarakat itu ditimpa kelaparan dan ketakutan. Tapi bahasa quran, Masyarakat itu oleh Alloh dikasih baju, dan bajunya itu adalah kelaparan dan rasa takut. Baju itu temen2, baju itu saya pakai, dari rumah, sampai ke pucung sini, sampai ke ngujang, karena saya tidak pulang, ini baju saya pakai kemana2. Artinya, itu kelaparan tidak pernah berhenti. Dipakai terus, artinya nempel di masyarakat itu, kelaparan rasa takut. Ini di surat An Nahl. 



Surat Saba' 15-16
Lha yang di Surat Saba', itu Alloh memberikan sebuah potret negara, berpijak dari an nahl juga, diberikan potret sebuah negara, yaitu negeri saba'. Para ulama tafsir menyatakan negeri saba' ada di yaman. Saba itu nama orang, aslinya nama orang. Kemudian dia punya anak cucu, buat negeri itu. 

لقد كان لسبإ في مسكنهم آية جنتان عن يمين وشمال كلوا من رزق ربكم واشكروا له بلدة طيبة ورب غفور
فأعرضوا فأرسلنا عليهم سيل العرم وبدلناهم بجنتيهم جنتين ذواتى أكل خمط وأثل وشيء من سدر قليل

Sungguh negeri saba itu adalah ayat, tahu ayat? ayat itu, kalau disebut ayat itu artinya sesuatu yang sangat menakjubkan. Al Quran itu ayat, ayat al quran. Karena sesuatu yang menakjubkan, di seluruh ayat itu adalah tanda kebesaran Alloh yang menakjubkan. Negeri saba itu negeri yang dijadikan Alloh sebagai ayat. jadi negeri itu menakjubkan. Kalau ingin tahu menakjubkanya kayak apa.. buka di kitab2 tafsir, salah satunya yang akrab dengan kita, di kitab tafsir ibnu katsir. Di Kitab tafsirnya, beliau menyampaikan sehebat apa negeri saba'. Bahwa negeri saba' itu ada jannata an yamin wa syimal..... 
jadi kata baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur itu aslinya untuk negeri saba'. Kan kita sering bilang, mudah2 an negeri ini jadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur, (sedangkan) kita gak tahu sejarahnya, bagaimana ceritanya. Oke.. baldatun thoyyibah, ayat mengatakan, di negeri saba itu ada dua kebun (jannatain). Kebunya yang satu di sebuah kanan jalan, yang satu di sebelah kiri jalan. 

Jadi kebun yang ada di kanan dan di kiri ini, adalah kebun yang menghasilkan makanan. Karena kan ada pohon2 yang tidak bisa dimakan. Tapi ini menghasilkan makanan. Alloh cuma minta satu, wasykuruulah


Air dan Udara
Dan Saba' saat itu jadi baldatun thoyyibah (negeri yang baik). Wa Robbun Ghofur dan Robb Alloh, yang Maha Pengampun. Makanya temen2 kalau negeri itu baik, Alloh memberi ampunan ke negeri itu. Jadi negeri ini, Indonesia, kalau kita urus negeri dengan baik. Kalau tanahnya subur, tolong ditanami dengan baik. Diurus dengan serius, itu amanahnya begitu. Karena Indonesia melimpah hujanya, tolong diurus airnya. Tolong diurus airnya, wong air wis beli sekarang ini. Betul?  

Ada yang usianya paling sepuh disini siapa ya? Coba saya tanya deh...
mbah.. zaman dulu, air beli apa gak mbah?
tidak mbah, tidak pernah beli.
mbah, kebayang gak? dulu mbah? 
kebayang nopo mboten? air sampai diplastiki gini? terus dijual? kebayang nopo mboten? 
gak pernah terbayang. Mbah2 kita tidak pernah terbayang air diplastiki terus dijual. 

Sebagaimana anda gak terbayang udara dijual. Di sebagian negara sudah dijual. Ini kan kita nafas bebas, menghirup nafas bebas. Itu oksigen sudah mulai dijual, sekaleng2 gini. Yang kita tahu kan? kalau dipakai di Oksigen kan dipakai di rumah sakit kan? tapi karena polusi, kotor luar biasa, maka di negara2 itu laku, oksigen segini segini. Dijual.... Kebayang gak? udara dijual? (gak) persis seperti mbah kita gak kebayang air dibotoli segini2 terus dijual. 


Dosen
Saya inget saya punya dosen, waktu saya masih kuliah di jogjakarta. Dosen saya waktu itu orang Saudi. Di kelas beliau haus, terus di kelas beliau menyuruh salah satu temen kita, tolong berikan air minum kemasan, sambil ngasih uang sambil marah, ini negeri aneh, hujan deras sampai banjir, harga air, mahalnya minta ampun. Saudi negeri kering, saudi kan kering pak. Itu hujan sampai banjir, banjir kan berarti kelebihan air. Terus harus beli air itu gak masuk akal. Perlu diurus negerinya, karena kalau negeri diurus dengan baik, Alloh ridho mengampuni negeri ini. Sebaliknya pak, kalau negerinya rusak, apa yang terjadi? Alloh akan murka dan marah pada negeri ini (penduduknya). Ini negeri dititipkan, jangan ikut2 an orang lain, kalau di negeri kering air dijual masuk akal pak, masuk akal kalau negeri kering air di jual. 



Emas dan Minyak
Saya mau nanya, indonesia punya emas atau gak? Emas dunia yang sekarang disimpan di newyork bank, bank2 besar di dunia itu, itu emas dari Indonesia. Jadi kalau negeri yang gak punya emas, terus emas harus beli, normal kan? Mosok negeri tempat mas kok gak punya mas? Anda digaji kerja pakai rupiah atau pakai emas? Pakai kertas? terus kertas ditulisi seratus ribu, gitu to? Kok mau ditipu? beneran. Ini negeri kaya lho, gajinya mestinya anda keping emas lho gajinya. Kalau negeri gak punya emas, terus pingin punya dan beli, wajar beli itu. 

Saya pernah melakukan perjalanan pak, dari kotabaru Riau terus ke pulau. Itu melewati sepanjang jalan pipa minyak, sepanjang jalan. Berkilo kilo, pipa minyak. Saya sampai mau minta berhenti sama sopir, berhentikan saya sebentar disini, gara2nya apa pak?  gara2nya pipa besar melintang pak. Ada orang, jualan bensin eceran disampingnya. Mbok ya, yang dilewati pipa besar itu, masyarakatnya digratiskan bensinya. Apa susahnya sih? paling beberapa puluh kilo. Jualan bensin eceran, saya bilang bisa gak? saya berhenti sebentar, berhenti berhenti... subhanalloh. Jadi negeri itu kalau baik, Alloh Ampuni, negeri kalau rusak, yang punya negeri, Alloh itu murka. Kalau anda ikut ngrusak negeri juga, Alloh murka. 

Saya tunjukkan dalam tafsir ibnu katsir, lebih detail. Negeri saba' itu kayak apa? keadaanya. Temen2 imam ibnu katsir menjelaskan. Negeri saba' itu, kebunya tadi kan kanan kiri jalan. Kebun kanan kiri jalan, itu ada hal yang menarik. Pemandangan enak, betul? Betapa indahnya pemandangan, buahnya warna warni. Bukan cuma pemandangan, pasti oksigen di tempat itu sangat baik. Cuaca pasti sangat baik. Jadi gak ada oksigen dijual dibotoli, gak ada. Gak perlu, karena oksigen ini luar biasa dihasilkan pohonan. Karena keadaan alamnya stabil, kalau kita itu ada mata rantai yang bagus dan tidak ada yang putus. Imam ibnu katsir mengatakan, sampai negeri saba' itu tidak ada yang namanya hama. Hama itu tidak ada sama sekali, enak banget, jadi nanam gak ada hama. Kenapa? karena mata rantainya semuanya baik. Tidak ada hama sama sekali. Bahkan disebutkan, ada orang itu rambutnya ada kutu, begitu lewat negeri saba' itu kutunya berjatuhan mati.  Bagaimana cara manenya? 
 

 
Potret Peninggalan di Negeri Saba' - Yaman

 
 
 
Panen Buah di Negeri Saba'
Cara panenya? orang Negeri Saba' itu menarik cara panenya. Gak perlu ngoyo kayak kita, sudah nanem susah, panenya susah, sudah gitu hasil gak jelas. Begitu dijual, gak laku, dibuang ke jalan, ya itu kejadian itu... Lihat Negeri Saba' dikisahkan itu kalau panen, ini buah kiri kanan. Bawa keranjang di atas kepala, bawa keranjang di atas kepala, kemudian dia jalan di bawah pohonya, itu buah berjatuhan sendiri di keranjang sampai penuh. Tidak perlu dipetik, nanti kalau sudah penuh, keranjang ditaruh ambil keranjang kosong lagi jalan lagi dia. Saya pernah nanya ke ahli pertanian tentang hal itu, kayak gini ini ilmiah tidak? di dunia pertanian? jawabanya sangat ilmiah.

Kok bisa? kita berjalan di bawahnya, kemudian buah berjatuhan sendiri? iya... Terus dijelaskan ke saya, bapak ibu yang pakarpertanian tolong dijelaskan ke saya, saya tidak terlalu paham menjelaskanya. Tapi saya tanya ke pakar pertanian, terus dijelaskan ilmiahnya. Ya.. saya tidak bisa mengulangi lagi (menjelaskan ilmiahnya).

Lihat temen2, negeri saba' kayak begitu, Negerinya kayak begitu (makmurnya). Imam Ibnu Katsir menjelaskan, kenapa buah berjatuhan sendiri? karena itu saking sempurnanya, dan saking banyaknya buahnya. Gitu ya.. makmur negerinya, nah itu cocok buat (contoh) di negeri Indonesia. Jadi kok kita hari ini nanam temen2, kok nanam hasilnya makin tahun, makin tahun makin buruk,  Quran mengatakan Fa a'rodhu, fa a'rodhu itu artinya mereka berpaling. 


فأعرضوا فأرسلنا عليهم سيل العرم وبدلناهم بجنتيهم جنتين ذواتى أكل خمط وأثل وشيء من سدر قليل
Surat Saba' 16
 


Burung Hud Hud
Sudah nikmat, begitu mendapatkan kenikmatan, masyarakatnya berpaling dari Alloh. Bukti berpalingnya adalah, Imam Ibnu Katsir mengatakan, bukti berpalingnya, nanti buka surat An Naml, kisahnya Nabi Sulaiman, dengan burung Hud Hud.
Bapak Ibu tahu kan? kisahnya burung Hud Hud?
nanti baca Surat An Naml. 
Singkat kata, burung hud hud yang menjadi salah satu pasukan Sulaiman. Nabi Sulaiman itu pasukanya bukan cuma manusia.  
 
 وحشر لسليمان جنوده من الجن والإنس والطير فهم يوزعون
Surat An Naml 17
 
Pasukanya Sulaiman itu ada yang jin, ada yang manusia, ada yang burung. Jadi bukan cuma manusia, anak buahnya. Sulaiman lagi inspeksi, lagi ngecek pasukan, burung hud2 yang hilang. Sulaiman mengatakan, mana hud hud? 
 
 وتفقد الطير فقال ما لي لا أرى الهدهد أم كان من الغائبين
Surat An Naml 20

Hud hud mana? kok hud hud hilang? 
Sulaiman mengatakan, akan saya sembelih dia, atau saya hukum dia, atau dia harus memberikan alasan yang kuat, Kenapa dia gak hadir sekarang? Pemimpin begitu..
Dikatakan Hud hud datang, hud hud laporan
(ditanya) darimana?
Hud hud mengatakan, kata hud hud. 
 
 فمكث غير بعيد فقال أحطت بما لم تحط به وجئتك من سبإ بنبإ يقين
 Surat An Naml 22
 

Negeri Saba'
Saya datang dari negeri saba', saya membawa berita yang meyakinkan. Beritanya adalah, disana ada Ratu, perempuan, pemimpinya perempuan, yang mereka punya apa saja, si Ratu itu kaya sekali. Dan bahkan kerajaanya begitu mewahnya, singgasananya begitu mewahnya. Tapi mereka menyembah matahari. Itu dikutib dari fa a'rodhu dari surat saba' ayat 16. Jadi mereka berpaling dari Alloh, begitu berpaling Alloh ganti negerinya, 

فأعرضوا فأرسلنا عليهم سيل العرم وبدلناهم بجنتيهم جنتين ذواتى أكل خمط وأثل وشيء من سدر قليل
Surat Saba' 16

maka kami kirimkan pada masyarakat itu, banjir bandang, negerinya jadi rusak. Banjir besar itu datangnya dari bendungan besar, yang sangat legendaris. Ini sebenarnya yang bisa cerita akhuna Ibrahim (salah satu hadirin yang datang di acara itu, yang dari yaman). Karena orang yaman aslinya, dan beliau sangat tahu wilayah yaman. Dan beliau pasti bisa bercerita banyak, dan Indonesia lebih nyaman dari itu, makanya terus sekarang pindah ke Indonesia, makanya jadi mantunya ust. Umar. Dan Yaman negeri istimewa temen2 karena Rosul yang menyampaikan. Al Iman Yaman, wal hikmah yaman. Iman itu yaman, dan hikmah juga yaman. 


Banjir Negeri Saba'
Bendungan itu pecah pak, puecah, kemudian banjir besar, kemudian habis, itu kebun yang mereka banggakan itu lumat. Begitu lumat habis, masih pohon2 itu ada tumbuh. Tapi Alloh ganti, wa baddalnaahum, jannataini ..... Alloh ganti buah kebun tadi, pohonya masih ada, kebunya masih ada. Tapi yang tumbuh adalah pohon yang...

ذواتى أكل خمط وأثل وشيء من سدر قليل

Pohon yang buahnya rasanya pahit, ada pohon atsl dan sedikit pohon sidr. Dan nyaris tidak ada manfaatnya. Pohonya masih ada, masih mengeluarkan buah, tapi buahnya mulai pahit. Ngerti sekarang??
 

Rasa Buah yang berbeda
Saya temen2, saya ini, karena saya tinggal di jakarta, saya bilang karena saya ini pernah tinggal di Tulungagung, dan merasakan buah zaman tahun itu ya.. berarti dari saya lahir sampai tahun 1990. Bagaimana manisnya buah saat itu. Begitu saya tinggal di Jakarta, jeruk kayak gini rasanya? Pepaya kok rasanya gak jelas gini? Woh itu tulisanya keren2,.. gak ada yang bisa mengalahkan, saya merasakan buah, saya dan temen2 disini ada temen2 juga. Ngambil pepaya di belakang rumah itu, manisnya berbeda. Tukul sendiri, berbuah sendiri, kadang kalau kematengan ya jatuh ya busuk. Itu baru perbandingan dengan buah tahun 90 ke bawah. 
 
Hari ini sudah mulai... (berbeda). Temen2 saya cerita sedikit, karena dulu bapak saya, ayah saya rohimahulloh punya ayam sendiri, jadi kalau mau masak ayam itu tinggal motong ayam sendiri. Ayam itu enak rasanya, begitu sekarang saya gak begitu terlalu suka ayam. Kenapa? saya itu makan ayam, sampai yang saya bayangkan itu singkong. Itu dagingnya putih, begitu dimakan tidak ada taste ayamnya sama sekali. Lha sekarang kita ditipu pakai tepung, Anda itu sebenarnya makan tepung, bukan makan ayam. Tepung dibumbui, ayam yang rasanya sudah gak jelas itu, ditipulah kita, lidah kita ditipu oleh tepung yang dibumbui. Anda gak makan ayam, makan tepung dikasih ayam sedikit. Bukan makan ayam goreng, itu dibohongi. Ayam goreng itu ayam digoreng, itu namanya tepung digoreng dikasih ayam sedikit. Tapi gakpapa wong anda ditipu seneng kok.

Ya temen2 yang dirahmati Alloh, tetep ada pohonya, tetep ada, tapi sudah tidak menghasilkan seperti sebelumnya. Itu fenomena alam yang tidak sederhana. Bahkan kalau di saba' itu sudah sampai pada buah yang pahit. Pahit buah rasanya. 
 
 
Penggemar Degan
Mohon maaf saya pernah, saya ini penggemar kelapa, degan. Karena saya penggemar degan, jadi lidah saya itu sensitif dengan rasa degan. Jadi kalau minum degan, saya bilang gak usah kasih gula, kalau dikasih gula, manisnya manis gula. Jadi saya minum gula, bukan minum degan. 
 
Suatu hari saya ke ****, di ****, di pantai itu ada tempat peribadatan besar, masyarakat situ. Disitu banyak warung, saya gak berani makan, apa halal atau tidak? (gak tahu), saya gak berani makan. Yang pasti tidak (haram) kan kelapa, nah kelapanya masih utuh, dibelah disitu kan gak perlu dimasak. Saya ngambil satu, besar dan bagus. Mungkin gak pas mukanya (modelnya kelapa). Kemudian dibuka, begitu saya minum airnya, bukan hambar, kalau hambar masih lumayan, masih menyegarkan leher.  Rasanya itu kayak apa ya... Masyaalloh... 
 
 
Berubahnya Buah
Jadi temen2, berubahnya buah dari tadinya manis segar, kemudian jadi kecil2, makin lama makin pahit, itu bukan masalah ilmu pertanian saja. Kalau babnya cuma ilmu pertanian, itu professor pertanian masih terus dihasilkan oleh institut pertanian bogor sampai hari ini. Professor bermunculan, lulusan luar negeri sangat banyak. Lembaga2 pertanian di Indonesia berlimpah ruah, gak bisa tu? mengubahnya menjadi seperti dahulu kala. 

Ya.. nah ini negeri saba' yang Alloh Swt. mengingatkan kepada kita cuma satu kata sebabnya. Jadi betapa ayatnya panjang, Coba Surat Saba' ayat 15 kan panjang, betapa makmur, negerinya luar biasa, (dibahas) panjang sampai satu ayat sendiri. Bicara tentang hukumanya juga cukup panjang di ayat 16, itu perubahanya itu cuma satu kata, fa a'rodhu. A'rodhu itu artinya adalah mereka berpaling. Jadi betapa cepatnya, cuma satu point, negeri berubah keadaanya.
 
 
Biji Gandum Besar
Jadi temen2 ya, silahkan mengukur, karena negeri itu kalau menegakkan syariat Alloh, sampai Imam Ibnu Katsir begini mengatakanya, beliau mencantumkan di dalam tafsirnya. Sampai beliau mengatakan, mencantumkan sebuah riwayat, dimana pernah ditemukan, biji gandum, tahu gandum? bijinya? Biji gandum itu kalau sekarang lebih kecil dari beras. Terkadang bijinya bisa lebih kecil dari beras. Tapi dalam riwayat itu Ibnu Katsir mengatakan, pernah ditemukan biji gandum, dimasukkan dalam satu kantong, yang besar biji gandum itu, sebesar bawang. Kemudian ditulis di kantongnya. Hadza nabata fi zamanin yumaru bihi bil 'adl. Ini pernah tumbuh di sebuah zaman, yang ditegakkan keadilan di zaman itu. 
 
 
Pohon nyaman gak nyaman
Jadi pohon itu juga nyaman gak nyaman pak, masyarakatnya dzolim, masyarakatnya rusak itu pohon gak nyaman tumbuhnya. Jadi kalau mau mengukur tentang negeri itu sedang baik atau sedang tidak baik, jadi rasakan buahnya. Gampang ngukurnya, (ada di Surat Saba'). Antum rasakan buahnya, atau hasil pohonya. Kok makin lama makin gak enak, makin lama makin pahit, Hati2.
 
Akhirnya tahu, akhirnya masyarakat negeri saba' karena banjir kemudian habis segala macam itu, dan mereka berpaling menjadi masyarakat musyrik. Makanya, bapak ibu yang dirahmati Alloh, masyarakat musyrik itu, masyarakat musyrik itu adalah hidupnya paling sengsara. Dan jadi negeri yang akan dihukum oleh Alloh Swt. 
 
 
Kerusakan di darat dan di laut
Jadi contohnya, para ulama tafsir mencontohkan tentang ayat.
 
ظهر الفساد في البر والبحر بما كسبت أيدي الناس ليذيقهم بعض الذي عملوا لعلهم يرجعون 
Surat Rum 41

Telah nampak kerusakan, di daratan dan di lautan, dikarenakan ulah mereka. Alloh menghukumkan sebagian dari dosa mereka, cuma sebagian saja yang dihukum Alloh. Pembahasan ulama begini, 
 
  • kerusakan di daratan itu apa? 
  • kerusakan di lautan itu apa?

itu dibahas detail. Para ulama berbagai macam cara membahasnya, umpamanya? Ini menarik temen2, kalau tadi babnya pohon sudah, babnya buah sudah, babnya binatang2 laut mulai bermasalah sudah, penyakit kemana2 sudah. 

Ada yang menarik, Sebagian tafsir ulama (ada) yang mengatakan, salah satu bentuk kerusakan adalah harga2 yang tinggi dan tidak terbeli oleh masyarakat. Cocok? sama negeri antum? (cocok), makanya tinggal di negeri saya. Dimana negeri itu?? hehehe... 
Harga2 mahal, yang tidak terbeli oleh masyarakat, itu adalah bentuk kerusakan yang terjadi di daratan dan di lautan. Karena begini, ada harga mahal, tapi bisa dibeli masyarakat. 


Umar bin Abdul Aziz
Ini kisah zaman kemakmuran, pemimpin hebat, Umar bin Abdul Aziz rohimallohu ta'ala. Umar bin Abdul Aziz rohimahullohu ta'ala itu pemimpin besar dimasa dinasti Bani Umayah. Umar bin Abdul Aziz mimpin tidak lama, dari tahun 99H dan beliau wafat tahun 101H. Totalnya hanya 29bulan beliau mimpin. 29 Bulan mimpin itu cukup untuk memperbaiki negeri yang luas sekali, membentang (bagian barat) dari wilayah afrika masuk ke wilayah eropa, sampai ibukotanya di Suriah, di Damaskus. Membentang terus ke arah timur, sampai soviet. Negeri sebesar itu, mimpin 29 bulan, berbagai macam kerusakan yang ditinggalkan pemimpin2 sebelumnya, 29 bulan selesai.
 
Yang tadinya masyarakat miskin, masyarakat tidak bisa membeli apa2, begitu 29 bulan beliau memimpin, maka kepemimpinan beliau hasilnya, seperti yang dihasilkan dalam riwayat, sampai petugas baitul mal, tahu baitul mal ya? 
Lembaga keuangan negara yang (menghimpun) harta milik muslimin. Itu petugas salah satu wilayah, dia datang ke Umar bin Abdul Aziz.
 
Kholifah Umar bin Abdul Aziz, ada harta zakat, yang harus diberikan kepada mustahiq (yang berhak menerima). Tapi hartanya sudah saya kelilingkan, keliling2 gak ketemu, Gak ada yang mau menerima, dan berhak menerima. 

 

Wilayah Pemerintahan Umar bin Abdul Aziz


 
Kalau di Pucung sini, kalau ada bagi zakat? ada yang gak nerima pak?
gak ada yang berhak?
Di Tulungagung kalau ada harta zakat, dibagikan gak habis? gitu ya...?
malah kurang? 
Miskin berarti anda? hehehe...

(Zaman) Umar bin Abdul Aziz itu, sampai harta itu tidak ada yang menerima, dan tidak berhak menerima. Akhirnya... (si Petugas Zakat ini) Konsultasi sebenarnya. 
Tapi begini wahai kholifah, ini sebenarnya ada orang yang punya utang, kalau punya utang itu kan salah satu yang berhak menerima zakat kan ya? Karena quran mengatakan ghorim, orang2 yang terlilit hutang juga. 
Ini ada orang punya hutang, nah berhak nih... tapi begini 
 

  • dia punya rumah (rumah pribadi lho.. bukan ngontrak, bukan nyewa)
  • dia punya kendaraan
  • dan dia punya pembantu

Apakah saya harus berikan? zakatnya? 


 
Itu kalau di jaman kita, temen2...
  • orang sudah punya rumah
  • kendaraan punya
  • punya kerjaan (iya kan)
  • kemudian punya pembantu
  • terus kemudian punya utang
itu kalau di jaman kita termasuk orang kaya. 
 
Di jaman Umar bin Abdul Aziz, termasuk mustahiq zakat. 
Jadi di zaman beliau, itu standar kemiskinan itu tinggi sekali. Tinggi itu maksudnya bukan rendahan. Jadi orang disebut miskin di zaman Umar bin Abdul Aziz itu rumah punya, kendaraan punya, pembantu punya, pekerjaan punya, hanya gara2 punya hutang, dia punya mustahiq zakat. 
 
Hari ini pengusaha kaya raya, aset triliyunan, utangnya ratusan milyar. Itu mustahiq semua di zaman Umar bin Abdul Aziz. Iya itu mustahiq itu, harus dikasih zakat. 
 
Jadi temen2 orang itu enak, kalau mau diatur syari'at, Wallohi.. Makmur2. Bukan hanya masalah adil, ibadahnya... kalau itu pasti, sejahtera... makmur.. cuma karena (kita) itu ngeyelan orangnya. Kalau dikasih tahu syari'at itu ngeyelnya minta ampun, bahkan (kadang) sok tahu, terus nglawan, ya kayak gini hasilnya. Mlitir sana, belok sana.. mlitir2.... yang lebih buruk dari itu adalah ketika syari'at dilawan. Hati hati... hati hati...

Oke... Kalau ngukur negeri bagus tidak bagus, antum lihat buahnya, rasa2 buahnya. Terus anda bandingkan, bandingkan dari tahun kapan, tahun kapan, bandingkan. Jadi negeri ini makin baik atau tidak (kelihatan). Negeri ini kalau makin baik, buahnya akan makin baik. Dicoba diperhatikan, Jadi tolong yang dipertanian, tolong diteliti betul. Yang dipertanian tolong diteliti betul, buat statistiknya. Ya... oke.. berpindah ke tema lain. 
 
 
Hidup Mewah - Lifestyle



وإذا أردنا أن نهلك قرية أمرنا مترفيها 
ففسقوا فيها فحق عليها القول فدمرناها تدميرا
Surat Al Isro: 16

Kalau kami menghendaki kehancuran sebuah negeri, maka kami perintahkan kepada orang2 yang hidup mewah di negeri itu, untuk berbuat ketaatan, tapi malah mereka berbuat kefasikan. Kalau sudah begitu kata Alloh maka kami stempel negeri itu. Jadi keluar SK nya, distempel jebret.... kalau sudah keluar stempelnya..

 فدمرناها تدميرا

Kata tadmiron yang dibelakang itu kalau dalam bahasa arab, itu menunjukkan kehancuranya bisa habis2an tidak tersisa. Kami hancurkan sehancur2nya. Oke... kalau antum buka ayatnya, yang saya sampaikan tadi, ada kata 

 أمرنا
amarnaa


Ini Indahnya quran, sambil kita ngaji quran temen2. Amarnaa artinya kami perintahkan. Kami (kata Alloh) memerintahkan. Jadi tadi Kami memerintahkan orang yang hidup mewah untuk berbuat taat, tapi mereka malah berbuat fasiq. Jadi ada kata Kami memerintahkan. Tapi dalam ilmu qiroat, 
ilmu qiroat itu BUKAN ilmu yang dilagukan, 
Dalam bahasa jawa itu kan.. o.. qiroah, qiroah artinya lagu, berbagai macam lagu2 
bayati... macem2. 
  • Bayati
  • Shoba
  • Hijaz
  • Nahawand
  • Rost
  • Jiharkah
  • Sikah

Bukan itu maksudnya. Qiroat itu cara membaca quran, ada sepuluh riwayat, yang terkenal ada 10 riwayat, yang riwayat itu semua sampai ke Rosul. Artinya dulu Rosul ngajarkan semua. 





Nah riwayat yang kita baca, di Indonesia ini bacanya dengan satu riwayat. Yaitu riwayat Hafs, dari 'Ashim. Hafs nama orang, 'Ashim nama gurunya. Itu riwayat orang Indonesia. Amarnaa itu riwayat hafs dari 'ashim. Tapi ada dua cara membaca yang lain, ini dua2nya dari Nabi ya... ingat, ada ilmunya, jangan sembarangan mbaca, ada ilmunya. jadi ada tiga cara membaca,

  • Amarnaa
  • Ammarnaa  (bedanya apa? ada tasydid di atas mim)
  • Aamarnaa (bedanya apa? hamzahnya panjang)

Tiga cara membaca itu, menunjukkan arti yang berbeda. Tiga point ini kalau ada dalam sebuah negeri, maka Alloh akan hancurkan sehancur2nya. Lihat pak, ilmu Alloh berikan gara2 cara bacanya saja. Itu quran. Jadi kalau ngaji quran, ngajinya masih segitu, terus berhenti, mau masuk surga, saya gak tahu pintunya sebelah mana. Maksud saya, ya mudah2an masuk surga, mudah2an. Tapi ngajinya mbok ya yang serius itu lho. Al Quran ini bagai lautan tanpa tepi, sudah 15 abad Quran digali selalu menghasilkan ilmu baru itu kan, gak ada buku kayak gitu itu gak ada. Kitabulloh itu namanya. 

  • Amarnaa (kami perintahkan)
  • Ammarnaa  (kami jadikan mereka amir)
  • Aamarnaa (kami buat jumlah mereka banyak)
Makanya kalau baca quran, panjang pendek itu tolong diperhatikan, karena ngrubah arti. Ngrubah arti pak. Sekarang kita sambungkan ke ayatnya, ternyata jadi panduan, ternyata ada tiga masalah serius, kalau kita lihat kehancuran sebuah negeri, maka lihat tiga masalah ini.

أمرنا مترفيها

mutrofiha, dari kata tarof, itu artinya hidup mewah. Hidup mewah tidak sama dengan hidup kaya. Beda-beda, Orang hidup mewah tahu? Orang miskin, bisa hidup mewah, bahkan kadang orang kaya hidup sangat sederhana, betul ya?? jadi mewah itu gaya hidup. Kalau kaya itu rekeningnya banyak, isinya. Tapi kalau mewah itu gaya hidup, bisa difahami? Makanya, begitu megang handphone, woh handphone terbaru, tapi pulsanya gak ada. Itu gaya hidup, faham ya.... mestinya disesuaikan lah, Kenapa hidup mewah ini ngetrend, wuiss... terbaru. Lihat, gaya hidup, lifestyle. Begitu generasi muda kita, yang dipikirkan adalah lifestyle, gak lama negeri itu. Itu muthrofina, orang hidup dalam keadaan mewah. 

Apalagi, orang yang hidup mewah, sampai kadang saya bingung, mereka itu sampai bisa membuang uang untuk hal yang, apa ya manfaatnya? sampai sekarang saya bingung manfaatnya bingung. Gini terus pak, sekarang gak beres2. Apa gak ada orang tulungagung yang...? insyaalloh ada... kalau yang hadir disini insyaalloh ada. Kok begini saya datang, gak beda jauh pak, subhanalloh. Mudah2an jadi ustadz... 


Kalau yang amarnaa, Alloh memerintahkan orang yang dengan lifestyle mewah itu, disuruh berbuat baik2 tapi malah berbuat kefasikan. Kemudian yang kedua, kami jadikan orang2 yang hidup mewah itu jadi Amir, jadi apa? jadi pemimpin. Yang jadi pemimpin hidupnya mewah, lifestyle... Lifestylenya gak karu karuan. Jadi yang memimpin negeri itu adalah orang2 yang mewah. Yang ketiga, kami jadikan jumlahnya banyak. Akhirnya gaya hidup mewah itu tidak hanya di orang kaya, menyebar di masyarakat. Miskin2 gayanya luar biasa, yang penting penampilan, mobil baru, rumah kelihatan mewah, semuanya?kredit. Orang ngutang lho kok bangga. Tanya ke mbah2 kita, ngutang itu lambang kemiskinan, betul mbah? Ngutang itu mlarat, gini-gini...

Hutang dalam islam boleh, tapi itu sesuatu yang tidak dianjurkan di dalam syari'at. Sementara hari ini dibuat jadi sistemik, jadi sistem. Semua hal utang, itu tidak sesuai dengan panduan Rosululloh Saw. Jadi harus diubah gaya hidupnya. Nah gaya hidup, akhirnya lihat, kerusakanya memanjang, akhirnya dengan gaya hidup mewah itu banyak, yang terjadi apa? orang memenuhi gaya hidupnya dengan ngutang. Begitu ngutang, lembaga2 keuangan seneng. Mas mau ngutang rumah mas? mau ngutang mobil? Ngutang apa lagi? wong panci aja ngutang, kredit. Panci lho kredit. Subhanalloh, jangan2 besuk sapu tangan juga kredit pak. Semua kredit. 

Akhirnya lembaga2 keuangan itu punya peluang besar itu, maka bermain riba. Nah gitu ya ceritanya, begitu riba muncul di sebuah negeri, itu bukan cuma kerusakan ekonomi, bukan cuma kerusakan ekonomi. Riba sama zina itu teman akrab. Itu ada riwayat, ada riwayat hadits tentang tema itu. 

لَمْ تَظْهَرْ الْفَاحِشَةُ فِي قَوْمٍ قَطُّ 
حَتَّى يُعْلِنُوا بِهَا 
إِلَّا فَشَا فِيهِمْ الطَّاعُونُ 
وَالْأَوْجَاعُ الَّتِي لَمْ تَكُنْ مَضَتْ فِي أَسْلَافِهِمْ الَّذِينَ مَضَوْا

Kemunculan zina dan riba di sebuah masyarakat kalau menjadi fenomena, maka Alloh memberikan hukuman, hukumanya ada dua,


Yang pertama hukumanya adalah hukuman tentang penyakit.Tho'un itu penyakit yang mewabah, penyakit yang sampai tidak bisa diobati, merenggut jiwa sangat banyak. Apapun jenisnya. 
Yang kedua adalah kelaparan yang belum ada sebelumnya. Jadi ekonomi ribawi, itu temen2 bukanya memberbaiki ekonomi, malah membuat anda semakin lapar. Oke, saya sebutkan tema riba sedikit. Orang sakit, kan pingin sembuh to, berobat ke rumah sakit. Masuk rumah sakit dengan obat, obatnya ini tidak halal (misalnya). Kementrian kesehatan disuruh menyampaikan, ini halal? tidak berani (misalnya). Begitu bayar... pakai riba (misalnya). Terus kapan mau sembuhnya? mati... Na'udzubillahi mindzalik. 

Gini temen2, Saya itu suka ngenes masuk rumah sakit. Makin kesini rumah sakit jadi kayak mall. Ramenya sama kayak mall, parkirnya susah minta ampun. Rumah Sakit besar2, parkir susah. Orang duduk di bagian penerimaan itu duduk sudah kayak mall. Saya sampai bilang, Apa gara2 mall banyak, rumah sakit jadi banyak. Perlu diteliti itu, anda belum teliti itu. Atau gara2 lifestyle di mall itu, rumah sakit jadi rame juga. Terus begitu mall bermunculan, itu rumah sakit bermunculan dan sangat rame. Tulungagung? ada mall? mulai ada mallnya?  

Sehingga ketika riba besar, itu ekonomi pasti jatuh. Apapun yang diurus pakai riba itu, tidak pernah bisa memperbaiki. Ceritanya pingin memperbaiki kesejahteraan, gak akan sejahtera. Memperbaiki kesehatan, tidak akan sehat. Memperbaiki ekonomi? gak akan pernah baik itu ekonomi. 

Baik gini temen2, jadi kita bicara tentang, ternyata ada point yang tadi sudah dibuat point itu harus jadi kehati-hatian kita dan keluarga kita. Sekian banyak ayat, dan sekian banyak hadits nabi, Sebenarnya ada pembahasan tentang, kalau keadaan sudah memburuk, maka orang beriman itu tidak boleh tinggal diam. Gak ada orang beriman itu diem.  Karena Alloh Subhanahu wa Ta'ala menyampaikan, kalau sebuah negeri itu mau tidak diadzab Alloh, sholeh tidak cukup. Kalau mau tidak diadzab Alloh harus mushlihun. Bukan sholihuun, tapi mushlihuun. Mushlihun itu artinya bukan hanya sholeh, tetapi membuat orang lain menjadi sholih. Surat Hud ayat 117

وما كان ربك ليهلك القرى بظلم وأهلها مصلحون
 

Alloh tidak mungkin menghancurkan sebuah negeri, dengan kedzoliman mereka, sepanjang mereka (bukan hanya sholihun) tetapi...? Mushlihun.   Mushlihun itu artinya teman2 harus melakukan amar ma'ruf nahi munkar. Nahi Mungkar ada fiqihnya sendiri, tolong dipelajari, tidak sembarangan. 

يا أيها الذين آمنوا عليكم أنفسكم لا يضركم من ضل إذا اهتديتم إلى الله مرجعكم جميعا فينبئكم بما كنتم تعملون

Surat Al Maidah 105

Berarti gak perlu donk, amar ma'ruf nahi mungkar, berarti jaga diri sendiri saja. Salah, karena nabi mengatakan...... Justru tugas kalian adalah amar ma'ruf nahi mungkar. Ajak itu orang berbuat kebaikan, kalau ada orang berbuat keburukan di tetangga, di kampung, cegah.. tidak boleh. Kenapa? karena kata Nabi karena kalau kalian tidak amr ma'ruf nahi mungkar, kemudian kezoliman2 itu terjadi, kemudian dosa2 itu terjadi. Kemudian Alloh berikan stempel tadi, kemudian kalian pilih orang paling sholeh diantara kalian untuk berdoa, untuk supaya dihilangkan bala bencana ini, tidak akan dikabulkan Alloh. Sampai begitu.

Rosul Shollallohu 'alaihi wa sallam pernah ditanya, masak kita dihancurkan? kan ada banyak orang sholih? (nah ada orang sholeh). Ya... Kalau kejahatan sudah menyebar banyak, karena tidak ada mushlihun. Adanya cuma? sholihun. Lha bayangkan? kalau sholihunya gak ada mushlihunnya juga gak ada. Semoga tiga point ini setidaknya mengawali diskusi kita, 

Comments