Skip to main content

Kaidah Pengathofan | Al 'Athfu yaqtadhi al mughoiyyaroh | العطف يقتضي المغايرة



Tentang Pengathofan

  • Apakah kaidah Al 'athfu yaqtadhil mughooyaroh
    العطف يقتضي المغايرة 
    Pengathofan itu, menuntut adanya perbedaan?
  • Apakah kaidah itu, disepakati oleh para ulama bahasa? atau tidak? 
  • Tapi jika ada perbedaan, di dalam bahasan itu, siapa yang membahas itu? 
  • dan Apa saja perbedaanya? dan di dalam kitab apa?
  • Apa rujukan apa? yang dikutip atas faidah yang diambil dari kaidah ini dalam kitab lughoh? 


أمَّا أسئلتي فهي

قاعدة (( العطف يقتضي المغايرة ))
هل هي محلُّ اتفاق عند علماء اللغة أو لا
وإن كان هناك خلاف فمن قال به
و ما وجهه
وفي أي الكتب
وما هي المراجع التي تحدثت باستفاضة عن هذه القاعدة من كتب اللغة؟






Imam As Suyuthi,
dalam kitab 

Iklilu fistimbathit tanzili
الإكليل في استنباط التنزيل


Mengutip Firman Alloh

إلا آل لوط إنَّا لمنجوهم أجمعين
إلا امرأته
Surat Al Hijr: 59-60

Di dalamnya petunjuk bahwa istitsna (pengecualian). Di dalam contoh ini, pengecualian berulang dua kali, illa aala luuth (ayat 59)
illa imroatihi (ayat 60)

Jika berulang maka akan menjadi taukid (penekanan). Pada istitsna tersebut. Lafadz imroatahu sebagai mahshur fih.
Pertanyaanya adalah
  • Apakah kaidah ini sudah disepakati oleh para ulama nahwu? 
  • Apakah ada sumber atau permasalahan yang membahas tentang itu?

Dan apakah yang ditulis oleh Syaikh Amin Asy Syinqithi dalam tafsirnya Adwa'ul bayan, Pada ayat ini terdapat petunjuk bahwa bolehnya menempatkan 
istitsna minal istitsna yang lainya. (Menumpuk Pengecualian).
جواز الاستثناء من الاستثناء
 
  • Apakah itu merupakan masalah tersendiri? atau ada perbedaan antara yang dibahas oleh Imam Suyuti ada perbedaan ketika dibahas di adwa'ul bayan dan di kitab Iklilu fistimbathit tanzili?

 
 قال السيوطي - رحمه الله- في الإكليل عند قوله تعالى
(( إلا آل لوط إنَّا لمنجوهم أجمعين * إلا امرأته )) الآية
فيه دليل على أن الاستثناء إذا تكرر فكل لما يليه 2/895


والسؤال
 هل هذه القاعدة محل اتفاق عند النحويين ؟
وما هي المصادر التي ذكرت المسألة

وهل كلام الأمين الشنقيطي -رحمه الله- على الآية في تفسيره الأضواء 
حين قال
( في الآية دليل على جواز الاستثناء من الاستثناء )
 بتصرف . الأضواء 
284/2


هل هذه المسألة هي نفس المسألة التي ذكرها السيوطي أم بينهما فرق
وإن وجد فما هو ؟





العطف يقتضي التغاير مسألة اقتضاء المغايرة بين المتعاطفين أو أكثر 

مسألة مشهورة جارية على ألسنة العلماء وأقلامهم

ومواضع بحثها وورودها كتب النحو
في الكلام عن تعدّد الخبر
وفي بابي العطف
والنّعت
وكذلك كتب التفسير


Permasalahan tentang kaidah pengathofan. Baik berupa
  • (proses) memberlakukan perbedaanya,
  • atau (penetapan) pemberlakuan perbedaan diantara sesuatu yang diathofkan, baik diantara dua, atau banyak. 
Permasalahan ini adalah permasalahan yang masyhur kita kenal dikalangan Para Ulama dengan Karya2nya.  Pembahasan masalah ini telah dibahas dan dirinci dalam kitab nahwu (misalnya) pada bab
  • kalam ta'addudul khobar
  • bab athof 
  • na'at,
  • dan juga pada kitab tafsir. 





لاسيما في أول سورة البقرة 

في ذكر صفات المتقين 
الذين وصفهم الله بصفات
أولها : الإيمان بالغيب، 
ثم عطف على ذلك الإيمان بالكتب وإقامة الصلاة إلخ
وهم ذات واحدة

وكذلك في عطف العمل على الإيمان
والعمل من الإيمان



Khususnya pada awal surat di dalam Surat Al Baqoroh saat menyebutkan sifat orang2 bertaqwa. Yang disifati dengan beberapa sifat disitu. 

Pertama Iman kepada yang Ghoib, kemudian diathofkan kepada 
  • Iman kepada Kitab, 
  • kemudian diathofkan kepada Mendirikan Sholat, 
  • itu semua perkara yang satu. 
Ini merupakan contoh penghathofan 'amal atas iman.



والتحقيق : أنّ هذا لا يخرج عن القاعدة 
"العطف يقتضي المغايرة" 
لأنه في المثال الأول عطف صفة على صفة
والصِّفة الثانية غير الأولى

--
Meskipun begitu, walaupun tidak sama2 pengathofan antara 'amal dan 'amal atau iman dan iman. 

Pada hakikatnya, ini tidak keluar dari kaidah
العطف يقتضي المغايرة
Pengathofan menuntut adanya perbedaan. 
karena pada contoh pertama, mengathofkan antara sifat dengan sifat, 
dan sifat yang kedua tidak sama dengan sifat yang pertama. 





 وفي المثال الثاني عطف جزءٍ على كلّ، فالإيمان اعتقاد وعمل
والعمل (فعل وقول) وهو جزء من الإيمان، والعمل غير الاعتقاد ويشبهه ما كان من باب عطف الخاصّ على العامّ كقوله تعالى:
(تنزل الملائكة والرّوح)
 [القدر: 4 ] 



Pada pembahasan yang kedua,
Athof merupakan bagian dari keseluruhan. Dan iman adalah gabungan antara iqtiqod dan amal. Amal (fiil dan qoul) adalah bagian dari iman. Dan 'amal bukan dari iqtiqod dan persamaanya itu karena masuk pada bab athof khusus ke umum, sebagaimana firman Alloh
 
 
تنزل الملائكة والرّوح

Ini pendapat yang memasukkan di dalamnya aqidah sebagai peringatan yang tidak diarahkan kepadanya, sebagai keluasan ilmu balaghoh. Isyarat bahwa ruh adalah jibril, khusus yang tidak disifati sebagaimana malaikat2 yang lainya. ........  

Ini merupakan contoh penggunaan banyak sifat untuk satu maushuf. Sedangkan pada penggunaan banyak untuk penunjukkan dzat, bukan terkait pada khusus ke umum, atau terkait bagian atas keseluruhan. Saya tidak mengiranya bahwa tidak ada khilaf di dalamnya.
wallohu a'lam.


قوله تعالى
سبح اسم ربك الأعلى [1]
 الذي خلق فسوى[2]
 والذي قدر فهدى[3]
 والذي أخرج المرعى[الأعلى: 1 - 4] 


 
وهذا في رأيي يدخل في القاعدة المذكورة ولا يَنِدّ عنها
يوضّحه نكتة بلاغية
 
وهي الإشارة إلى أنّ الرّوح
وهو جبريل اختص بما لم يتصف به سائر الملائكة
فاستحق التنويه به وإفراده بذلك
ومما يزيد المسألة وضوحا في تعدّد الصفات 

قوله تعالى :
سبح اسم ربك الأعلى [1]
 الذي خلق فسوى[2]
 والذي قدر فهدى[3]
 والذي أخرج المرعى[الأعلى: 1 - 4] 
 
فهذا كله من باب تعدّد الصفات
وأما تعدّد الذوات مما ليس من باب عطف الخاص على العام
ولا الجزء على الكل 
فلا أظنه يقبل الخلاف أصلا
والله أعلم

Berulangnya itstitsna (adat itstisna)
Berulangnya adat itstisna bisa dipandang dari beberapa sisi. 

Pertama 
bahwa itstistna yang kedua adalah sama seperti yang pertama. 
 
 
لم يحضر إلا امرؤٌ إلا عليٌّ
 
Tidak hadir kecuali orang laki2, kecuali 'ali 
Ini menunjukkan menggabungkan di dalamnya di dalam dzatiyah, dan hukum. Dan ini masuk dalam bab badal dan bayan. 


 
تكرّر الاستثناء 
تكرّر الاستثناء يكون على صورمنها
 
 
: 1
- أن يكون الثاني هو الأول
نحو:
لم يحضر إلا امرؤٌ إلا عليٌّ
 
فهذا اتّحدّ فيه الذات والحكم
وهو من باب الإبدال والبيان
 
 
Yang kedua adalah perulangan itstitsna, terdapat kesatuan hukum. Bahwa itstistna yang pertama tidak sama seperti yang pertama. Sebagaimana contoh. 
 
عندي له عشرة كتب إلا ثلاثة، إلا كتابًا
Di tempatku ada sepuluh yang tertulis hanya 3 saja,  yaitu kitab. Maka itstistna kedua mengikat pada hukum itstitsna awal. 
 2
  - أن يتكرر الاستثناء والحكم واحد، والثاني غير الأول
 نحو: عندي له عشرة كتب إلا ثلاثة، إلا كتابًا. 
 
فهذا الاستثناء الثاني يضمّ إلى حكم الأول
 
Sebagaimana perkataan
 
عندي أحد عشر كتابا إلا ثلاثة
didekatku adalah 11 kitab, kecuali tiga (kitab)
 
seperti contoh ketika ada laki2 berkata kepada istrinya,kamu tertolak ketiga, kecuali kedua. Kecuali satu saja, sebagaimana perkataan kepadanya
Engkau tertolak dua kali
atau ke empat kecuali dua kali. 
 
كأنه قال: عندي أحد عشر كتابا إلا ثلاثة
ونحوه إذا قال الرجل لامرأته: أنت طالق ثلاثا إلا اثنتين, إلا واحدة
كأنه قال لها: أنت طالق اثنتين
 
أو أربعا إلا اثنتين
 
 
Ketiga
Pengulangan itstitsna dan hukum yang berbeda
Seperti contohnya

Aku telah membaca tujuh kitab,kecuali 3saja yang tak ikuti, kecuali satu saja. Dari ulama bahasa yang memasukkan ini sebagaimana contoh dalam bab ititsna minal istitsna. Darinya tidak dimaksukkan. 
 
 
Sebagaimana contoh
إلا آل لوط إنا لمنجوهم أجمعين [59] إلا امرأته 
 
 
 
- أن يتكرر الاستثناء والحكم مختلف، نحو
قرأت سبعة كتب إلا ثلاثة بعتها، إلا واحدا
 
فمن العلماء من يدخل هذا ونحوه في باب الاستثناء من الاستثناء، ومنهم من لا يدخله، ومثاله في القرآن
(إلا آل لوط إنا لمنجوهم أجمعين [59] إلا امرأته)
 
 
Yaitu 
[الحجر: ٥٩ - ٦٠]أي : أهلكنا قوم لوط إلا آله إلا امرأته 
 
Siapa yang mengatakan, ini adalah bab istitsnaa minal istitsnaa sebagaimana terlihat. Dan siapa yang mengatatakan ini bukan dari bab tersebut. 
أهلكنا قوم لوط إلا آل لوط نجيناهم إلا امرأته 
 
[الحجر: ٥٩ - ٦٠]أي : أهلكنا قوم لوط إلا آله إلا امرأته
فمن قال : هو من باب الاستثناء من الاستثناء قدّره هذا التقدير
ومن قال : إنه ليس من هذا الباب 
 
قال: استثنيت المرأة من الناجين
وأصل الكلام: أهلكنا قوم لوط إلا آل لوط نجيناهم إلا امرأته
 
 
Ini adalah mustatsna dari dhomir dalam bab 
منجوهم 
 
Dan bukan mustatsna dari keluarga luth
آل لوط
 
Inilah yang dipilih oleh az zamakhsyari dalam al kasyaf.   
 
فهي مستثناة من الضمير في "منجوهم" وليست مستثناة من " آل لوط" وهو الذي اختاره الزمخشري
 
Abu Hayyan tidak menyelesihi ini karena yang berbeda denganya adalah karena banyak yang mengambil pendapatnya. 
 
ولم يجرؤ أبو حيان على مخالفته على كثرتها
 
Ini merupakan contoh istitsnaa minal istitsnaa sebagaimana perkataan Al Imam Asy Syathibi dalam hirzul amaani. 
 
ومن أمثلة الاستثناء من الاستثناء قول الشاطبي في حرز الأماني : 
 ولم يَر فصلا ساكنًا بعــــــد كسرةٍ **** سوى حرفِ الاستعلا سوى الخا فكمَّلا




Mohon maaf kalau terjemahan masih belum sempurna, dan enak untuk dinikmati. Semoga bermanfaat.

Comments