Skip to main content

Kyai Sa'id Aqil Sirodj | Tafsir Mafatihul Ghoib [Part-4] Darul Fikri Hal 30

 

Alhamdulillah, 

Terjemah Tafsir Mafatihul Ghoib. Matur suwun sanget kyai, sudah memberikan waktunya untuk mengajar kami, tentang materi Tafsir Mafatihul Ghoib. Berikut ini adalah transkrip dari Kajian Kyai Sa'id Aqil Sirodj pertemuan yang keempat. Kebetulan pdf Tafsirnya adalah terbitan Darul Fikri (yang kami baca) maka halaman 30 adalah menyesuaikan pada cetakanya dan penerbitnya. Semoga Terjemahan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, sekaligus pelepas dahaga kita terhadap ilmu agama yang luar biasa pada kehidupan kita ini. Selamat menikmati.


Masalah keduapuluh delapan

المسألة السابعة والعشرون 
الأولى أن يقال 
كل منطوق به أفاد شيئا بالوضع فهو كلمة وعلى هذا التقدير يدخل فيه المفرد والمركب 
Setiap yang diucapkan dan mempunyai makna, sesuai dengan istilahnya orang arab, itulah KALIMAT. Kalau demikian yang namanya kalimah (kata) itu baik tunggal maupun tersusun. 



وبقولنا  
منطوق به ، يقع الاحتراز عن الخط والإشارة 
Kenapa harus manthuq /harus diucapkan? mengecualikan, garis atau isyarat. Itu bukan kalimat itu, kalau misal ada tulisan Cikampek, 67km, itu bukan kalimah itu, tulisan itu, khoth itu. Atau isyarat, ada orang cuma tuding2 gitu, itu isyarat itu, bukan kalimah. Harus manthuqun bihi afaada syai-an bil wad'i- baru kalimat. Baik mufrod maupun murokkab. Isyarat atau Tulisan itu bukan kalimah itu, kalau dibaca baru kalimah itu. Kalau dibaca baru itu kalimah. Tapi tulisan itu bukan kalimah.


Masalah ke dua puluh sembilan.

المسألة الثامنة والعشرون
دلالة الألفاظ على مدلولاتها ليست ذاتية حقيقية ، خلافا لعباد لنا أنها تتغير باختلاف الأمكنة والأزمنة ، والذاتيات لا تكون كذلك 
Lafadz menunjukkan maknanya, itu tidak dengan sendirinya/hakikatnya tidak (dzatiyah haqiqiyah). Tapi ini beda dengan pendapatnya Imam 'Ibad dari Muktazilahini. Kenapa? karena lafadz itu berubah ubah, dengan berubahan tempat dan zaman. Kalau Dzatiyat, tidak boleh berubah donk. 



حجة عباد أنه لو لم تحصل مناسبات مخصوصة بين الألفاظ المعينة والمعاني المعينة 
وإلا لزم أن يكون تخصيص كل واحد منها بمسماه ترجيحا للممكن من غير مرجح
وهو محال 

Hujjahnya 'Ibad, Syaikh 'ibad, kalau tidak ada (susunan) tertentu, atau makna tertentu berarti bukan dzatiyah. Kalau tidak berarti kekhususan satu kalimat dengan namanya,  dengan artinya, itu namanya kamu mentarjihkan sesuatu yang mumkin dengan tanpa alasan murojih, wa huwa mukhal (ini gak boleh). Tetep menurut 'ibad, dilalatul alfadz itu dzatiyah haqiqiyah. 


وجوابنا أنه ينتقض باختصاص حدوث العالم بوقت معين دون ما قبله وما بعده 
وإلا لم يرجح ، 
ويشكل أيضا باختصاص كل إنسان باسم علمه المعين . 

Saya jawab nih...
Jawabanku, bahwa pengkhushusan sesuatu, ilmu yang baru, 




Masalah yang kedua puluh sembilan

المسألة التاسعة والعشرون: 
وقد يتفق في بعض الألفاظ كونه مناسبا لمعناه مثل تسميتهم القطا بهذا الاسم  
Kadang sebagain ulama sepakat bahwa lafadz itu terhubung dengan maknanya, yang merupakan diberikan penamaanya pada lafads itu. 

لأن هذا اللفظ يشبه صوته ، 

Karena lafadz itu mirip dengan suaranya. 


وكذا القول في اللقلق ،وأيضا وضعوا لفظ «الخضم » لأكل الرطب نحو البطيخ والقثاء ، 

ولفظ «القضم » لأكل اليابس نحو قضمت الدابة شعيرها ، 

لأن حرف الخاء يشبه صوت أكل الشيء الرطب وحرف القاف يشبه صوت أكل الشيء اليابس ، ولهذا الباب أمثلة كثيرة ذكرها ابن جني في الخصائص



Masalah yang ketigapuluh

المسألة الثلاثون : 
لا يمكننا القطع بأن دلالة الألفاظ توقيفية ، ومنهم من قطع به ، واحتج فيه بالعقل والنقل : 

أما العقل فهو أن وضع الألفاظ المخصوصة للمعاني المخصوصة لا يمكن إلا بالقول ، فلو كان ذلك القول بوضع آخر من جانبهم لزم أن يكون كل وضع مسبوقا بوضع آخر لا إلى نهاية ، وهو محال ، فوجب الانتهاء إلى ما حصل بتوقيف الله تعالى ،
Tidak mungkin secara pasti, karena dilalah lafadz itu tauqifi. Dan sebagaian qoth'i. Buktikan bahwa ini adalah ada dalilnya secara akal dan naql. 

Kalau terciptanya lafadz tertentu, untuk makna tertentu, tidak terjadi qoul. Kalau qoul itu harus diciptakan dengan yang lain lagi, maka..... gak akan selesai, gak ada ujungnya nanti. Maka wajiblah, maka apa yang hasil dari nama2 ini dari Alloh/ taufiqillah. Contoh Ka-sun namanya gelas, siapa yang bikin itu? Nah menetapkan ini harus dengan qoul yang lain. Nanti qoul yang lain ditetapkan dengan qoul yang lain. Gak akan selesai2.. Kalau ka-sun gelas. Siapa yang bikin ka-sun maknanya gelas? Alloh. Selesai sudah. 

 وأما النقل فقوله تعالى : { وعلم آدم الأسماء كلها } 
وأجيب عن الأول بأنه لم لا يجوز أن يكون وضع الألفاظ للمعاني يحصل بالإشارة ، 


Dalilnya ada dong, bahwa nama2 itu dari Alloh. Apa??

 وعلم آدم الأسماء كلها
Adam dikasih tahu tentang nama2 apa saja dari Alloh, gak ngarang sendiri gak. Gak dari akalnya Nabi Adam. Nah.... 
Tadi kan ditetapkanya dengan qoul yang lain, sekarang apakah tidak mungkin kalau qoul itu yang maknanya yang menunjukkan makna tertentu. 

Akhir dari Part 4
---
Awal dari Part 5


وعن الثاني لم لا يجوز أن يكون المراد من التعليم الإلهام ؟ وأيضا لعل هذه اللغات وضعها أقوام كانوا قبل آدم عليه السلام ، ثم إنه تعالى علمها لآدم عليه السلام 

Yang kedua, tidak diperbolehkan memberikan maksud tentang ta'lim ilham. Dan yang lain lagi sehingga bahasa ini akan ditempatkan secara kuat, sebelum Nabi Adam 'Alaihissalam. Kemudian Alloh mengajarkanya kepada Nabi Adam. 


Masalah yang ketiga puluh satu

المسألة الحادية والثلاثون : 
لا يمكن القطع بأنها حصلت بالاصطلاح ، 
Tidak memungkinkan secara qoth'i (pasti), karena lafadz itu hasil dengan istilah. 

خلافا للمعتزلة ، 
hal ini berbeda dengan pendapat muktazilah. 

واحتجوا بأن العلم بالصفة إذا كان ضروريا كان العلم بالموصوف أيضا ضروريا ، 
Mereka berhujah demikian karena ilmu itu dengan sifatnya jika ada istilah dhoruroh, yang ilmu itu disifatkan lain dengan makna dhorurot. 

فلو خلق الله تعالى العلم في قلب العاقل بأنه وضع هذا اللفظ لهذا المعنى لزم أن يكون العلم بالله ضروريا 

وذلك يقدح في صحة التكليف ، 

وأجيب عنه بأنه لم لا يجوز أن يقال : إنه تعالى يخلق علما ضروريا في القلب

 بأن واضعا وضع هذا اللفظ لهذا المعنى من غير أن يخلق العلم بأن ذلك الواضع هو الله تعالى ؟

 وعلى هذا التقدير فيزول الإشكال 


https://ar.lib.eshia.ir/41730/1/36
https://ar.lib.eshia.ir/41730/1/37
https://quran-tafsir.net/alrazy/sura1-aya7.html

Comments