Skip to main content

Media Dakwah | Catatan ngaji Gus Baha

 

Ketika flashback, rumiyin Sunan Kalijogo gih, dalang. Yo tapi ora kowe, Lha nggih, meniko, dalang sekarang itu menurut panjenengan sebagai kyai meniko, kedahipun kados pundi?

Yo ora usah kados pundi, yo ora usah dihalalno, ora usah diharamno. Ngko tak halalno kowe kurang ajar, ngko tak haramno pancet ae. Wong sok mben tanggung jawab ning Pengeran dewe2 kok takok? Aneh2... Loh masio piye2 dagangan yo onok mbodonine yo onok halale. Jenenge wong urip yo ngono kae. Kowe kok lucu... Ngko tak jawab halal mbok gawe justifikasi, mbok ngge dalil. Ngko tak jawab haram nyatane kowe ngundang Kyai Nawawi. Wong tanggung jawab ning Pengeran dewe2 kok ribet. 

Yo gampang.. lek sok mben kowe mlebu suargo, berarti dalang iku dibenerno Pengeran. Lek disaduk i ning neroko, berarti yo... totalane sok mben. Niki dereng ceto... Urung ceto, yo kowe ora ceto.. podo wae. Podowae, jenenge ning ndunyo. 

Untuk meminimalisir totalan sing elek2? niku lho.. Yo angger karo Kyai Nawawi terus, ngko lak dosani dibagi? Yo pak yo.. dosani dibagi yo..? Kulo bade ngaturi Penjenengan bingung.. Gah.. malah tak pisohi. Coro aku ora pernah luwih tuwo timbang aku, ngaturi tok wes ora sopan. Logika jawane gampang, ponak an ngatur pak lik i ora sopan. Opo maneh wong bodo, ngatur wong alim. Yo coro aku, logika itu (seperti itu). Tak omongno ning ndi2.. mpun viral.


Pokok e profesi  pidato, dalang, nyanyi, ndukun, ngiyayi, iku wes tanggung jawab dewe2. Saiki kesholehan kenek di dol. Tapi ora onok sholeh, yo dunyo macet. Tapi sholeh mbok dukung nemen2 wong sholeh saiki yo didol barang. Wes jamane... Kulo termasuk ulama lurus, lek ditakok sopo wae njawab yo terang2an. Sering Kadang pegawai bank kesini, direktur bank kesini, yo tak omongi. Sistem yang haram ya haram. Yang halal sebagai penyedia jasa keuangan ya halal. Tapi sing pas haram sing onok unsur ribane yo?  haram. Lha bagaimana gus supaya gak ada dosa.? 

Yo sing doso yo tetep doso, mungkin onok kafarohe. Sing bener yo entuk ganjarane. Jadi gak perlu dihalalkan gak perlu diharamkan. Karena sekali dihalalkan, kayak ndalang, nanti malah menipu, menipunya gini. Ketika seorang ulama menghalalkan, itu dianggap media dakwah yang niru Sunan Kalijogo. Lama2, orang mentautkan diri seakan2 dia wali kayak Sunan Kalijogo, seakan2 dia berkontribusi kepada islam kayak Sunan Kalijogo. Kalau dihalalkan pasti orangnya over. Wong trimo menungso wae.  Apalagi yang halalkan ulama top. Tapi kalau diharamkan ya gak realistis juga, kadang juga media dakwah. Kayak Sinetron, banyak orang menjadi baik karena melihat sinetron ya banyak. Kayak Melihat  Sinetron misale PINTU BERKAH, terus orang haru. Karena ingin niru kesabaran pemeran yang disitu, dari orang miskin menjadi..... Ya memang media dakwah macem2. 


Makanya kenapa banyak orang kampus sombong kan termasuk itu. Dia mengkaji tokoh2 islam, ternyata perbedaan biasa. Akhire Kuliahe ning UGM, ratau belajar islam. Atau kuliahe ning ITB, ratau belajar islam wani bedo kambek Mbah Moen. Ulama dulu, beda biasa.  Dia dikira selevel, karena kebebasan itu. Kan sudah biasa seperti itu. 
Aku yakin, PR terbesar Gus Mus, sebagai ulama top yang ngurusi orang2 kampus, pasti itu. Ditinggal itu, mereka mengidolakan Gus Mus, dan beliau ingin mendakwahi mereka. Dirumat nemen2 kadang2 mereka "nglamak", terus seakan2 setingkat. Cara diskusi, cara sharing pendapat.  Loh iku PR koyok ngono iku, loh aku ruh rasane. Makanya saya respek sama Gus Mus, Aku yo berdakwah di islam kota. Memang problemnya mesti disitu. Kamu gencet, kamu paksa dogmatis gak mungkin, wong islam kota. Kamu beri hak pendapat, terus ngroso sak level, DIKIRA kayak setara kayak perbedaan pendapat di ranah kampus. 


Makanya sebagai 'ulama itu tidak perlu bilang halal haram dalam konteks yang tidak maktub bih (tertulis, pasti). Kecuali maktub bih, kayak zina maling kan pasti. Kayak ndalang kan gak jelas, wilayahe abu2. Koyok (Muballigh), wilayahnya abu2. Kok gak abu2 gimana? mosok untuk menyampaikan islam saja panggungnya tiga juta, lampu light nya berapa... masak dakwah semacam itu. Dalang juga sama, mosok ape ngomong islam ribete ngono. Ndisik Walisongo cukup nggandeng wong ning sawah, dikandani. 

Ya kan ada sisi yang berlebihan. Mosok aku ngomong islam itu harus... Yasudah seperti itu yasudah, tanggung jawab sendiri. 


وَحِسَابُهُ علَى اللَّهِ

Wa hisabuhu 'alalloh. Banyak hal2 tertentu sing Nabi ngendikan 


وَحِسَابُهُ علَى اللَّهِ.

wa hisabuhu 'alalloh. 

Iki ngkok totalan... Makanya saya gak bisa mbayangkan orang kayak Pak Quraisy, kayak Gus Mus, PR nya pasti. Menggencet anak2 kampus tidak berpendapat, tidak mungkin, karena tradisi kampus. Dibuka mereka merasa kayak setara. Woh Itu buerat... Tapi Gus Mus sebagai Kyai nglepas mereka ndak mungkin juga, karena itu binaan. Piro2 sik seneng kyai, kan mesti itunganya kan? Gak gampang.. tapi sekali dihalalkan nanti mesti over. Mentautkan diri, seakan akan.. 


Jadi problem ngadepi orang2 kota seperti itu. Karena tidak mau mendengar yang lain. Misalnya orang nganggep Sunan Kalijogo segala2nya, terus semua orang niru jalannya Sunan Kalijogo. Kan penggemar Cak Nun membayangkan Cak Nun ..... Penggemar dalang dalang itu. Tapi kalau kita tidak menghalalkan, juga tidak mengharamkan, semuanya kan introspeksi diri. Termasuk kita sendiri, sebagai kyai kan gak langsung mengatakan kita yang terbaik, kita yang halal, ya gak juga. Ya ada masalah.. jenenge ora Nabi. Makanya saya itu gak bisa mbayangkan tingkat kesulitan orang kayak Pak Quraisy, Gus Mus. Nggencet pendapat gak mungkin, bawaan anak2 ini, temen2 tradisi kampus. Didogma gak mungkin, dilepas seakan2 setara, padahal mereka gak pernah belajar agama. Makanya pertanyaanya kadang kritis, tapi yo naif. Namanya gak pernah mengkaji. Kenapa Haji berjubel? harusnya kan bisa dimanage, jangan ditanggal yang sama. Padahal kita tahu wuquf di arofah hanya tanggal 9 Arofah. Kayak2 gitu kan? Kan pernah kan? ketika terinjek injek, dulu di trowongan mina? Kan mereka (usul), Mbok yo haji itu tanggalnya jangan sama, biar gak akumulasi...? Lah ini cerita, ini kan cerminan, maksude ini cerminan, itu lho. Jadi kesanya kritis, tapi kan terus gak njurus. Karena mereka berfikir manajemen. Jika antri ya, digeser donk, tanggalnya. 

Jadi gak bisa seperti itu ditanyakan ulama, itu gak bisa. Makanya dulu Salman alfarisi, kalau ditanya, kamu orang sholeh apa gak? padahal beliau shohabat. Jawabe lucu, Yo engkok, 

lak aku mlebu suargo fa ana karim

lak aku ngkok mlebu neroko fa ana la'im


ان دخلت الجنة فانا كريم 

و ان دخلت النار فانا  لعين

In dakholtu jannah, fa ana karim, 

wa in dakholtun naar fa anna la'in


Nah sekarang orang itu memaksakan dijawab sekarang. Akhirnya dijadikan justifikasi. Misalnya ada beberapa acara wayang, Mbah Moen rawuh. Akhirnya mereka dapat justifikasi, Mbah Moen saja? rawuh. Padahal Mbah Moen bisa saja nuruti fekihnya Mbah Moen sendiri. Yaitu beliau niat mendakwahi poro dalang. Kan gak mesti itu bentuk penghalalan. Mbah Moen sendiri digerakkan oleh fekihnya? sendiri. Itu kan ibarat misale ada penyanyi dangdut cantik, penggaweane nggudo wong lanang. Saya datang kesitu, Saya sendiri digerakkan oleh fekih saya sendiri. E.. lak menowo, aku tlaten ngandani ngko dadi wong sing luwih apik. Tapi orang yang salah faham bisa nganggep itu justifikasi. Nah itu memang gak gampang, kumpul orang itu. 

Sama, jangan2 muballigh itu digerakkan oleh keinginanya sendiri, ingin populer, ingin top, ingin dapat? rizqi. Tapi kita suudzon juga gak mungkin. Wong nyatane manfaat untuk syi'ar? islam. Tapi kalau kamu halalkan secara berlebihan? loh ape ngomong islam ae kok biayanya semahal itu? opo ora iso tha? ngandani wong ning ndalan?, ning pasar?, ning ndi tanpa? biaya. Panggung dan lighting shot, ngoten. Dalang juga sama, gak iso ta ngandani? ora usah show? Sandang pangane keng mriku. Lha yo molane iku... ketika kita sudah .....seperti itu kan? gak perlu penghalalan (juga gak perlu pengharaman). Yasudah, nanti tanggung jawab sendiri2. Paling enak iku inshof, inshof itu ya wes pokok e... (posisi tengah, adil, berimbang, dll). Makanya saya respek sama siapa saja. Nah  kecuali harame maktub bih, kayak zina, maling, korupsi, ya kita ditanya gitu, gampang jawabnya. Tapi kalau wilayah2 abu2, nyrempet sana, nyrempet sini....  

Ya kayak silaturohim gini lho. Silaturohim baik apa gak? ya gak jelas. Misalnya hari ini sampeyan kesini pas saya ngaji, akhirnya libur, kan yo haram. Tapi kamu merasa halal, karena kamu sowan ulama ngibadah. Iyo kowe...ngibadah, kene ngaji prei. Saya biasa ngomong gitu sama tamu. Ben tamune ora kumoluhur ngroso bener dewe, mergo wes sowan ulama. Makanya saya itu terkenal kyai yang gak suka tamu. Sebenarnya bukan gak suka, biar tahu.., tamu biar tahu aturan, gitu lho. Dia menganggap sowan kyai merasa ngibadah. Tapi terus Kyaine, ngaji..? libur. Dan itu jarang lho, Kyai punya keberanian ngomong gitu. Kalau saya biasa. Itu tadi, gak mudah menentukan halal dan haram dalam hal yang bias... Kecuali sing maktub bih.. Makane dawuhe Kanjeng Nabi

إِنَّ الحَلاَلَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا أُمُوْرٌ مُشْتَبِهَاتٌ

الحلال بين والحرام بين

Al Halaalu bayyinun wal haromu bayyinun
Itu yang karuan (halal dan haramnya). Tapi kan yang bainahumaa ini kan?


Saya akrab sama gus ghofur, hampir gak pernah saya main di tempat beliau. Kalau gak beliau yang sms, atau .. karena seringnya seperti itu. Bisa saja lima menit lagi beliau mau tindak, gara2 ada saya, gak jadi atau diundur. Padahal kadang tidak penting. Tapi kalau beliau yang sms, Gus dolan mriki. Gus Ghofur juga begitu, gak berani dolan kesini. Biasane lak aku kangen tak sms.. gus kulo nembe nganggur. Wo nggih monggo mlaku2. Karena saya juga biasa jadi korban, misalnya saya mau tindak ke TUBAN, lima menit sudah toto2, jebule onok tamu. Akhire tak batalno. 

Jadi gak bisa kamu kumoluhur, Aku sowan Gus Baha, Sowan Kyai ngibadah, silaturohim. Silaturohim mbahmu. Yak gak seperti itu juga, Gak segampang itu, bisa saja kamu nyokok kewajiban yang lebih besar. Sama, orang yang ndelok dalang iso wae ninggal anak e ning omah, gara2 asyik ndelok dalang, anak e dimbarno. Bojone diembarno gara2? Kan bisa saja ada kewajiban yang ditinggalkan karena kita kan? 

Nah itu hebatnya Nabi Muhammad Shollallohu 'alaihi wa sallam. Kan bainahuma  kalau gak jelas halal haramnya ya tetep baina huma, jangan langsung di...? vonis (misalnya). Saya sering didolane anak buahnya cak nun, orang ma'iyah. Gus saya minta ngaji (ini).  Lak ngaji teko ning majelisku. Cah cilik bade ngaturi kyai, aneh2. Wong nom ngatur wong tuwo wes ora sopan. Opo maneh wong bodo ngatur wong 'alim, tambah gak sopan pindo, double iki... Susahe opo sih? nduwe tawadhu' wong aku nduwe ngaji Umum. Susahe opo? tawadhu' kayak ngaji. Wes kowe ora perlu mbayar, ora perlu noto panggung. Mboten perlu nyewo panggung. Kadang.... Susahe opo? nggawe tawadhu', ndekne sing butuh, teko ning nggone majlis kan...?? Ngundang koyok2 wis... 


Comments