Skip to main content

Memahami kehidupan dan kematian | Catatan Ngaji Gus Baha

 

Di bali itu sing islam katah, teng mriko nggih katah wali, teng bali nggih katah wali. Kulo gadah santri, tiyang bali saget moco fathul mu'in. Niku lak crito kulo nggih nangis. Gus.. wong islam teng NTB niku lewat bali. Teng jowo tanggale podo teng bali dados ngeten, sing jowo dados ngeten, iku nangis tenan. Teng mbali niku nggih wonten wali, nggih akeh sing ziyaroh wali teng bali. Mboh arep ziyaroh wali, mboh arep ndelok' pinggire ra ruh, sampinge katah. Sing ziyaroh teng mbali niku wali piro? wali tujuh nggih. Nggih do akeh sing ziyaroh ning kono. Mugo2 yo ziyaroh tenan, Yo ziyaroh, tapi mlengak e ziyarohe? ra ruh. Wis pokok e khusnudzon iku wajib. Berarti yo akeh? ziyarohe, wong husnudzon kok akeh mlengak e. Itu memang kita janggal ya, kadang, terus islam teng NTB sukses NTB niku wonten nahdhotul wathon sing dipimpin tengku zainuddin sakniki sing dadi gubernur. Niku gubernur sing ahli tafsir. 

Dadi gubernur sing mastere master? tafsir. Kita2 kalau rapat tafsir dia ikut. Yo sugeh dewe, wong gubernur. Liyane ahli tafsir kyai2, ndekne sugih dewe. Diundang wong pancen ndekne ahli?  tafsir. Kemarin pondok sidogiri, kan pondok paling gede ning jawa timur. Ndek kapanane, akhir tsanah ngundang? majdi, mergo gubernur mergo ahli? tafsir. Yo ndekne ora kapasitas gubernur, kapasitas ahli? tafsir. Yo keren..lek ngomong yo fasih. Mastere master? tafsir. Mergo ndekne putune tengku zainuddin. Wong NTB islame sukses, wong ning kono nahdhotul wathon kabeh. Calonan pilihan, menang...


Ning bali islam nyuwun sewu, saake, padahal islam teng NTB nggih wonten kulo kadang nggih nangis, kulo nduwe santri bali tak rumat, nggih saget moco mu'in 'alim. Dadi ndekne lek nggowo mu'in yo lewat denpasar Nggowo i'anah, mulane i'anah sing digowo rono yo nglewati macem2.  Yowes mboh, Pengeran kersane ngono. Kabeh wes ngono, kersane Pengeran Penting kito iku, silaturrohim, muwashollah, ternyata orang bali yang ingin mempertahankan eksistensi islam juga banyak. Banyak masjid, banyak pondok, bahkan yang masih bica baca fathul mu'in yang ngaji teng sarang, teng sidogiri, yo fasih, sing nyemak kulo Saking bali, lha kowe lek rene lewat ndi? yo lewat macem2. Yo lewat sembahyangan, yo lewat wong katok an cekak, merem? nggih mboten, nggih biasa mawon. Biasa maksude ndelok ratan kowe ojo pikiranmu, wong kok amen suudzon ae, doso kang, suudzon.


Tentang Tidur

Sehingga tidurnya umatnya Rosululloh itu luar biasa, terutama tidurnya orang puasa. Tidurnya tasbih, Tidurnya ulama juga tasbih, karena dengan tidur itu kita tahu alamat kematian. Dimana kita masih di dunia saja kita punya kondisi dimana kita tidak bisa menentukan kondisi diri kita sendiri. Dan itu awal dari kita mengimani 


لا حول ولا قوة الا بالله

laa haulaa walaa quwwata illa billah


Wes gagahe koyok ngono ternyata ada kondisi dimana kita tidak bisa mengendalikan diri kita sendiri.  Makanya disebut, wa min ayaatihi manamukum billaili wan nahaari. Yang bisa nganalisis itu siapa? ya  ulama, ulama kok tahu? karena punya sanad musalsal ila Rosulillah Shollallohu 'alaihi wa sallam. Sehingga uniknya, kenapa tidur itu sakral? Coba diantara nabi itu semua wahyunya itu lewat apa? lewat tidur, lewat mimpi. 


فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعۡیَ قَالَ یَـٰبُنَیَّ 

إِنِّیۤ أَرَىٰ فِی ٱلۡمَنَامِ أَنِّیۤ أَذۡبَحُكَ فَٱنظُرۡ مَاذَا تَرَىٰۚ 

قَالَ یَـٰۤأَبَتِ ٱفۡعَلۡ مَا تُؤۡمَرُۖ سَتَجِدُنِیۤ إِن شَاۤءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّـٰبِرِینَ

Inni aroo fil manami...

Surat Al Shoofat 102


Maka mimpi ini harus dikelola secara baik, yaitu kalau kamu mau tidur wudhu dulu, terus baca tasbih, terus tinggalkan semua dunia, anggep saja ini pemanasan kematian. Itu insyaalloh mimpinya shidqoh, paling dikejar2 dajjal, dajjale kecemplung kali insyaalloh. Tapi kalau kamu tidur gak wudhu, ora iso turu,  wah ora iso turu terus mangan sik ben wareg terus iso turu, insyaalloh (mimpi) dikejar dajjal terus kecekel. Akhire nglindur gak karu2an karena tadi. Nah sanad seperti itu yang punya siapa? hanya ulama. Ada lagi satu contoh, ini sudah hampir dua puluh menit. Itu saya pernah ngaji dhuroru kalami syaf'i, mutiara2 ngendikane Imam Asy Syafi'i, itu ulama ngendikan itu mesti unik. Tadi sudah saya contohkan pada bupati, tak tanya.. Kata bapak, urip iku podo wae haa.. ngadepi konco ambek musuh iku podo wae. Malah kadang ribet konco. 

 

Dulu saya isykal, isykal itu janggal, tapi setelah ngaji dhuroru kalami syafi'i, yang ada di muqoddimah kitab majmu' muqoddimah syarhun imam nawawi. Imam Asy Syafi'i lak ngendikan gini 


من أحسن اليك فقد قيدك  #  ومن أساء اليك فقد أطلقك

Man ahsana ilaika faqod qoyyadaka.  

"Orang yang berbuat baik kepadamu itu mengikat kamu, dan orang yang berbuat jelek kepadamu itu membebaskanmu".

Wong ngapik i kowe iku nyancang kowe. Koyok Pak Ros iku apik an, ning Sarang sowan mampir.  Gayane apik an, jebule nyancang, awas ra teko ning ndemak,  itu faktor qoyyadaka yoiku nyancang. 

Tapi 

من أحسن اليك فقد قيدك # ومن أساء اليك فقد أطلقك

wa man asa-a ilaika faqod 'adaqoka 

wong sing ngelek i kowe iku penak, mbebasno kowe. Kowe tahu diutangi wong iku, kancamu ta musuhmu?  sing biasa utang kowe? konco. Kowe numpak mobil ketemu musuh enak ora usah nawani, ketemu konco? monggo bareng. Sing  ngel2no kowe konco to musuh? Artine gini, konco yo barokah nggo perjuangan, musuh yo barokah, mergo ora tahu? utang.  Dadi segampang itu ulama melihat kehidupan itu. 


من أحسن اليك فقد قيدك # ومن أساء اليك فقد أطلقك

Man ahsana ilaika faqod qoyyadaka, wa man asaa-a ilaika faqod 'adaqoka. 

Jadi akhirnya kita itu hidup berkah terus. Nduwe konco enak, kulo nduwe konco gus ghofur, lek kulo mboten saget fekih musyawaroh. Ora iso tasawwuf musyawaroh. Nduwe konco pak Rosyid, konco rai sederhana. Saya sama pak rosyid sama2 gak kaya. Jadi ulama itu segampang itu melihat kehidupan Saya termasuk kyai muda yang gak takut mati. Bukan karena yakin mlebu suargo nggih mboten. Karena saya sering baca.. (sering) berdoa Kata Rosululloh, kamu harus berdo'a.. 

 اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لِى دِينِىَ الَّذِى هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِى 

وَأَصْلِحْ لِى دُنْيَاىَ الَّتِى فِيهَا مَعَاشِى 

وَأَصْلِحْ لِى آخِرَتِى الَّتِى فِيهَا مَعَادِى 

وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِى فِى كُلِّ خَيْرٍ 

وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِى مِنْ كُلِّ شَرٍّ

ij'alli hayatan ziyadatan li fi koirin. Wal Mauta rohatan lii min kulli syarrin. 

Ya Alloh perbaikilah agamaku sebagai benteng (ishmah) urusanku;  perbaikilah duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah akhiratku yang menjadi tempat kembaliku! Jadikanlah ya Alloh kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejahatan (HR. Muslim: 7078)


Mungkin sekarang kita gak zina, mungkin sekarang kita gak korupsi, mungkin sekarang kita gak maling, tapi potensi itu tetep ada. Yang bisa ngakhiri itu apa? kematian. Maka anggep saja kematian itu 

رَاحَةً لِى مِنْ كُلِّ شَرٍّ

rohatan lii min kulli syarrin 

Mengakhiri semua keburukan. 


Kayak apa Rosululloh memandang kehidupan, kalau kamu masih hidup anggap saja ziyadanlii fi kulli khoirin.  Saya gara2 hidup iso nderekno kersane Pak Rosyid ngaji disini, ikhlas.. sangat ikhlas.  Iso nderekno senior kulo, dipekso nggih gelem. Diintimidasi nggih gelem wo itu barokah. Nanti setelah mau mati, ya saya ridho2 saja karena akhir dari segala potensi keburukan? saya.  Sehingga kyai2 NU lek ono bajingan, ono wong tukang ngemel wong, sae nggih pak? sae...tanggane ora onok sing muni sae, ayo pak muni sae. Mboten saene teng pundi? lha nggih sae pun mati, mpun mboten saget nakal.  Lho iku jenenge rohatan lii min kulli syarrin. Kalau mayyit ya rohatan lii min kulli syarrin. Kayak apa? sanad kita ke Rosululloh kabeh iku dimaknani jadi ibadah. 


الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِى فِى كُلِّ خَيْرٍ 

وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِى مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Al Hayat ziyadanlii fi kulli khoir. Al maut, rohatanlii min kulli syarrin. 


Kenal Pak Rosyid yo ibadah, apalagi kenal gus ghofur ibadah, kenal  bupati ibadah, untuk perjuangan. Nanti kenal preman yo ibadah untuk latihan dakwah. Kenal polisi ibadah, jaga stabilitas nasional kenal ABRI ibadah, jaga NKRI. Kenal orang nakal ibadah dianggap pembinaan. Semua itu ibadah, kayak apa ajaran agama ini, semua itu baik2 saja. Tergantung niat. Tapi sanad ini siapa yang punya? Ulama Lha ulama itu siapa? yaitu orang yang kamu ketemu, dalam konteks ini Mbah Moen. Saya kemarin bikin makalah untuk beliau, itu termasuk  saya cerita riwayat,   ro-sun aqli ba'da iman billah  attawaddud ilan naas, wajtina-ul ma'ruf, ilaa kulli barrin wa fajirin. Akal setelah mengantarkan logika iman kepada Alloh, akal itu kita gunakan attawaddud ilan naasi. Supaya kita bersikap simpatik, melakukan kebaikan kepada siapa saja. Karena barokahnya kita simpatik, lak ngandani wong nggih gampang. Saiki dadi kyai alimo sundul langit, sampeyan ambek tonggo medit. Ketemu wong mrengut, sing ape ngandel iku sopo? Sementara sing preman ayo mlebu ning omahku sik, tenang wae. Sing kyaine? kurang penggawean ngenggekno kopi kowe. Akhire sing premar sakho.. nduwe pengaruh sing kyaine bakhil ga nduwe? pengaruh. Kita gak mau ada kejadian semacam itu. Makanya ada riwayat wajtina-ul ma'ruf ila kulli barrin wa fajirin. Dados kulo suwun sanad2 seperti itu gak boleh hilang.  Saya itu kitabnya Mbah Moen Al Ulama Al Mujaddidun setengah hafal sampai sekarang masih tak baca, kalau mau tidur tak baca. Bahkan di tas saya itu ada terus. Ya kalau saya di jogja, kangen  Mbah moen tak baca terus. ketika beliau masih sugeng. Apalagi sekarang, karena jangan sampai saya ini punya fatwa sing mukhollif terhadap fatwanya Mbah Moen. 

Terakhir2  Mbah Moen itu punya kecenderungan punya fikiran kayak yusuf qordhowi. Potensi wajibnya zakat, 







Comments