Skip to main content

Perbedaan itu Rohmah? | Tentang Ijma' Ulama | Catatan Ngaji Gus Baha

 


Pendapat Kedua: Tentang Ta'at kepada Ijma' para Ulama


قال بعضهم : طاعة الله ورسوله واجبة قطعاً، وطاعة أهل الإجماع واجبة قطعاً

Jadi yang pertama Tho'at Alloh dan Rosul pasti wajib. Sekarang kalaupun ulul amri itu adalah penguasa, atau ulama atau guru atau orang tua. Itu dalam keputusan islam yang ijma'. Dalam keputusan islam sing sampek nopo? ijma'. Bukan dalam keputusan islam yang masih dikhilafkan. Dan gak banyak yang masalah islam yang ijma' itu. Gak banyak masalah islam yang di ijma'. 



Khilaf meletakkan tangan saat sholat


Misalnya sholat dzuhur, paling yang diijma' i ulama itu yang bentuknya empat roka'at. Variasi sendakepe emboh, faham nggih. Ndakok e tangan iku emboh ning ngesore udel, opo? ning igo sing jare ilang, mergo diambil. Adam keluwehen igo dikek no sinten? Hawa. Mergo... terus ditutupi, mboh kuwi hadits ko ndi? pirang2. Faham nggih. Lek sholate wong pakiskan nggih ngeten (kenceng) sing pener. Dadi tanganem benno koyok biasane, dadi ngeten (kenceng). Faham nggih? 


Tentang Sarung


Dados onok hadits, niki guru kulo nate crito, lak sholate wong turki iku apik e jas2an, dasinan. Mergo (jare Nabi), kowe lak sholat 

الصلاة على أحسن هيئتكم

ala ahsani haiatikum

Pada kondisi terbaik kalian. Sarung identik untuk wong nganggur, faham nggih. Berarti kowe lak sholat sarungan, berarti sowan Pengeran dengan pakaian pengangguran. Faham nggih... Mergo ora sarung iku nggo kemulan, nggo nyolong pelem, nggo tombok dadu. Makane orang Turki meyakini sholat yang baik itu pakai baju kehormatan. Yaitu sing digawe sowan Presiden.  Delok teng Mesir, tenggene Turki, wong niku sholat dasinan, pakai jaz. Faham nggih.. Karena Nabi hanya pakai aturan umum, 


الصلاة على أحسن هيئتكم

'ala ahsani haiatikum 


Sehingga pernah ada Ulama Hadits Besar, di Al Azhar itu khuthbah, dia dasinan gak pakai jaz. Ditanya, itu gak pakaian mainstream yang di mesir, ulama mesir. Ini yang ahsani haiatikum, ini yang keadaan terbaik saya. Faham nggih.. 

Jadi kalau kita pakai ukuran itu, sholat pakai sarung, tentu identik dengan? pengangguran, kemulan. Biasane ono wong biasa celananan, lek nggawe sarung? pendak ning jeding, pendak ning kamar nopo? mandi. Loh itu banyak, ulama yang anti juga banyak... (anti pakai sarung, di wilayah lain misalnya). Kalau sampai di turki, di pakistan, di daerah2 yang meyakini itu pakaian pengangguran, itu kriminal betul. Karena syi'arnya begitu, secara sisi syi'arnya begitu. Tapi kalau di Indonesia, di daerah tertentu juga gak semua daerah di Indonesia, sarung itu identik dengan pakaianya santri, ya sudah kita sarungan ala santri. Tapi coba kalau  di Malaysia? kayak Mahathir Muhammad, ya pakai celana, sarungnya disampingkan. Dan itu ala ahsani nopo? haiati Tapi kalau di Indonesia macak gitu? arepe ketoprak an opo piye? Ndak ini contoh, ya yang kayak begini gak mungkin masuk kategori wajib tho'at, karena varianya tidak ijma'. Gitu lho maksudnya, Faham nggih... Gak  mungkin kita tho'at sama guru, sama penguasa yang varianya begini, karena tidak pada level nopo? ijma'. Faham nggih, 

Mulane kulo niku tak nggo eling2an, kulo angger ditakok i santri kulo, pokok e sing wajib iku sing ijma'2, pokok e sing standar2.  Kulo nggo eling2an sunnahe Nabi nganggo putih. Mulane kulo nganggo klambi putih, nggo eling2an sunnahe Nabi Putih Mergo kulo jubahan gak mungkin, daripada gak blas, mek nggo eling2an sunnahe Nabi nganggo pakaian putih, kulo seneng putih.  Kulo paling ora seneng klambi batik, mergo kanjeng Nabi paling ora seneng klambi sing corak e ruwet. Mergo Nabi nate dihadiahi batik niku menolak, karena corak e keruweten. Jadi ... lahu a'lam iku coro indonesia nopo? batik. Terutama ini untuk zina, biasanya dalam tradisi islam, kalau untuk zina itu perempuan, opo? perempuan Makanya desain klambi takwa itu gak ada yang batik, karena  kalau yang kaitan dengan takwa itu identik dengan polos. 


Niki crito sunnah lho nggih, artinya gak ada yang... Ndak ini cerita ala ahsani haiatikum. Lha tapi kan jadi masalah, lha kulo nate diskusi kalian Kyai. Tapi masalahe ngene lho ha' klambi kehormatan di Indonesia itu yang dipakai batik, makanya banyak Kyai yang Jum'atan malah milih nganggo batik, alasane disunnahkan pakai baju yang bersih, kalau gak baju yang baik. Nah kadang batik itu melingkupi kata...? ahsan. Tapi sebetulnya batik itu keruweten makane, ada varianya, varian coraknya. Yang lahu a'lam, yang varianya nopo? keruweten. Yo dingge ora popo2, sing penting ora udo. Nah yang kayak begini itu gak mungkin menemukan format ijma' sehingga  gak mungkin kita wajib tho'at. Sehingga gak perlu santri indonesia sing mondok mekkah, sing muleh,


Tapi lak kriting pesek ireng, jubahan, pikirane wong pertama iku wes ngenyek, ora ngarah diarani sunnah Nabi. Ora nafsirno sunnah malah nafsirno sing ora2. Terus menyangkut varian2 yang furuq. Nah termasuk yang di ijma' i Ulama sing paling sensitif itu masalah nikah. Itu mulai dulu sampai sekarang, kita harus syukur sama pemerintahan Indonesia. Ndilalah kersane Alloh diputuskan sepihak. Sebetulnya begini.  Format nikah di Indonesia mengikuti madzhab syafi'i. Yaitu harus ada wali, atau pengganti wali dan dua saksi. ITu berkah betul bagi INdonesia. Ndilalah mulai dari dulu zaman belanda, karena zaman belanda mulai dulu urusan nikah, sholat, waris, sama waqof itu diserahkan ulama2 nopo? islam, zaman nopo? belanda, sampai sekarang. Karena nikah itu yang ilaa darojatil ijma', itu ada beberapa. Itu ada varian2 madzhab, kayak Dawud Adz dzohiri, di Syi'ah sendiri ada mut'ah. Itu di Indonesia sendiri banyak, sing ora kuat ngempet pakai istilah mut'ah, dasar ngajine pakai dawud adz dzohihiri. 


Ning kene ono kyai gegere ora karuan, mergo mut'ah ambek janda populer. Itu memang repot, tapi apapun repotnya itu tidak boleh divonis zina. Apapun repotnya, sampeyan jangan pernah memvonis opo? zina. Iya kalau gak cocok, gak cocok (saja) tapi jangan pernah  memvonis zina. Karena aturan main dalam vonis, dalam sanksi,  itu .... coba cari jalan terbaik yang bisa ditakwilkan, yang bisa dimungkinkan. Karena seorang imam, salah dalam mengampuni, itu masih baik daripada salah dalam membuat hukuman. Salah nyepuro iku sik bener, wis salah, salah tangkap iku ngeri. Lak salah  nyepuro ora ngarah? masalah.  Kulo baleni, jadi kalau masalah2 sing ila darojatil ijma', tentu ulama wajib diikuti. Dan menyangkut sholat yang ila darojatil ijma' itu bisa dihitung. Untuk subuh, sholat dua roka'at itu dua roka'at  pun ijma', qunute mpun mboten nopo? ijma'. Bismillah ae ora ijma. Sampeyan sholat ning mekkah, ora  ngarah wong moco nopo? bismillah. Jare madzhab syafi'i ora sah ora moco bismillah.  Jare wong kbiha iku pinter, olehe ngrayu jama'ah, nggih moco lon2. 


Wong nganggo speaker, kok? diwoco lon lon. Mergo nganggo madzhabe Syafi'i, nggih takok tenan, sah nopo mboten gus?  Fatihah kok mboten moco nopo? bismillah. Iku moco tapi opo? lon2. Dari dulu kalau bismillah itu memang masalah, nggih mulai ndisek memang nopo? masalah.  Nah kalau gitu itu tidak ila darojatil ijma'. Misale ono crito, ulama wahabi, karo ulama nu.  Bismillahi iku ayatin min kulli surotin opo ora? jarene ulama NU yo ayatin min kulli surotin. Yo ditakok i to, ambek wong wahabi kowe lak moco bismillah iku mulai ongko siji iku opo? Yo Qulhuwallohu ahad. Lhaiyo, lak mulai ayat iku mulai siji. Ora ono tulisan quran ditulisi ayat sitok. Mesti Qulhuwallohu ahad 1, Allohusshomad? 2.  Mbok arani ayat iku piye? angger dimulai iku dimulai angka? nopo? sitok. Mulai Qul huwallohu ahad. Tapi ulama wahabi yo kalah, kalahe sitok. Ning fatihah, khusus fatihah itu memang ayatun minhaa (termasuk dalam surat Al Fatihah). Nggih, ayatun minal? fatihah. Makanya di quranya wahabi sekalipun, di fatihah itu sudah punya angka pinten? satu. Khusus fatihah lho nggih, kowe ora tahu neliti... Mulane nganti hafal quran laris semak an yo ora faham, ora bakat seneng ilmu. Khusus di fatihah, bismillah itu sudah ditulis? angka satu. Karena dulunya dulu, memang bismillah itu ayatun minhaa. Faham nggih...


Tapi selain fatihah jelas gak, sampeyan lihat, di seluruh dunia. Itu menunjukkan tidak ayatun min kulli suratin. Mulane kalau sampeyan niru arab sa'udi, misale ganti surat, ya mandek sebentar, langsung ayat satu. Yasudah tidak baca nopo? Bismillah. Tapi apik e pemerintahane Wahabi yo onok apik e. Dek e ngono lah, lek nyetak quran (tiap surat) ono bismillahnya. Dadi cocok ora cocok sing penting ditulis, lumayan. Faham nggih, mulane Kyai2 ojo mbodoni jama'ahe. Niku mboten moco bismillah, yo moco tapi kowe ora krungu. Nggih mpun lak ngoten, wah parah...  Faham nggih. Tapi itu baik, yang kayak begini itu tidak dalam darojatin ijma'. Dan kita boleh mbalelo, boleh nopo? mbalelo. Ya sama dengan konteks traweh, kulo bolak balik matur, wong Muhammadiyah ruh kabeh lak traweh ning Masjidil harom 20 roka'at. Tetep mbalelo wolu. Wong NU yo ruh kabeh, lek ning mekkah madinah ora onok qunut, tapi mbalelo nopo? qunut. Sing Muhammadiyah mbalelo ning (jumlah roka'at ) traweh, sing NU mbalelo ning qunut. Ini sah secara ilmiyah, karena tidak dalam darojatil ijma'. Secara ilmiyah nggih sah. 

Opo contoh diterusno urusan poligami? tapi ekstrim lagi. Wong ruh kabeh, lak shohabat2 iku garwane ono sing 16 onok sing? sepuluh. Tapi wong syafi'i meyakini maksimal papat. Wong ruh kabeh, lak sayyidina ali nduwe bojo nganti nembelas. Rojo2 mataram malah 32 opo 36...? Artinya itu tidak di darojatil ijma'. Kamu memvonis zina pasti salah, jangan mentang2 kamu Syafi'i, orang islam yang menikahi di atas empat kamu vonis? zina, pasti salah. Vonis kamu pasti salah, kriminal kamu. Jangan mentang2 syafi'i kamu memvonis zina siapa yang nikah fauqol? arba' (yang di atas empat). Gak bisa, karena memang keputusan maksimal empat itu tidak ijma'. Sing ijma' paling sak nduwure siji, mesti masalah geger iku mesti ijma'. Iku mergo wis nglakoni dewe2. Lek itu peristiwa kenyataan iku, ora ijma' e ulama. Molane aku Kyai ketemu ahli sosial, ditakok i Gus Hukume Poligami piye? (marai repot). Halal sing marai nopo? repot. Jadi masalah2 sing tidak ila darojatil ijma', itu gak usah punya vonis hukum. Jangan katakan orang yang nikah fauqol arba' hukumnya zina. 

Begitu juga menyangkut jum'atan, jangan katakan orang yang jum'atan di bawah 40 terus gak wajib, tetep wajib. Khas mensyaratkan 40 itu khas madzhab nopo? syafi'i. Gak bisa, misalnya di desa2 terbelakang banyak yang jumlahnya di bawah 40. Dan mereka tetep jum'atan. Dalam kitab2 syafi'i, syarahnya juga gitu. Tetep harus jum'atan, meskipun nantinya i'adah nopo? dzuhur. Karena bahaya kalau nanti jum'atan disyaratkan nunggu orang 40. Gak ada dalam tradisi wong berjuang langsung due umat piro? 40. Itu apa2 an itu, kalau latihan berjuang nduwe umat 40 wes uakeh kan? Wong Nabi sing dadi nabi selawase ono sing nduwe umat mung loro 3. Kene wong trimo pengikut syafi'i ae, nduwe umat minimal piro? 40. Ora ngarah ora ngarah. 


Kulo baleni maleh, kalau pendapat itu masuk dalam derajat ijma' baru wajib dita'ati. Misalnya sholat lima waktu, itu paling bentuk roka'atnya yang ijma'. Untuk fatihahnya ya misalnya hanafi ya tidak pakai fatihah. Pokoknya maa tayassaro minal? quran. Macem2 (pendapat). Maa tayassaro nopo? minal quran. Kalau imam asy syafi'i ya pakai fatihah. Itu yang tidak ijma'nya, begitu juga yang menyangkut i'tidal baca apa, ruku' baca apa, sujud baca apa, juga gak pernah ijma'. Sing penting ada tuma'ninah..... ya ukuran. Kalau diterusno ya ada tentang qiroah.. ada qiroahnya imam Ashim, Imam Amir, Imam nafi'.... sehingga kita ngikuti qiroahnya ashim yang kita yakini,dianggap qiroah nopo? masyhur. Faham nggih, 


Tidak wajib dan Haram


Pun kulo terusaken. Nah niki sing radi ekstrim Imam Nawawi ngendikan, 

وأما طاعة الأمراء والسلاطين فالأكثر أنها تكون محرمة لأنهم لا يأمرون إلا بالظلم

Kalau tho'at kepada Penguasa, atau raja, itu kebanyakan konteksnya, kebanyakan kasusnya itu malah haram. Paling banter kebijakane berbau nopo? dzolim. Nak niku keekstrimen, dalam hal ini saya tidak sependapat dengan Syaikh Nawawi Banten. Karena kalau di kitab2 lain itu meyakini vonisnya jangan haram, tidak wajib. Kulo bedakno nggih, tidak wajib sama haram. 

Kalau dalam ushul fiqh, dikatakan haram dan tidak haram itu beda sekali. Misale mustofa kere, itu parah. Nak ora sugih, itu ora nganti kere tapi ora nganti sugih. Misale maneh rukhin goblok, iku parah. Rukhin gak ngalim, tapi ora nganti goblok. Nah disini Imam Nawawi vonisnya keekstrimen. Tho'atu umaro itu haram. Itu keektrimen, sebetulnya dirumuskan dulu gak wajib, nggih. Urutanya nopo? gak wajib. Gak wajib itu bentuknya bisa haram ketika maksiat, tapi ya kadang2 naik ke wajib, kalau itu mashlahatun ro'iyah. Faham nggih, juga bentuknya bisa sunnah. Kulo baleni maleh nggih, teng ushul fiqh, teng dasar2 ushul fiqh niku wonten aturan main ngeten nggih, pertama misalnya hukum itu WAJIB. Ada tidak wajib, nah tidak wajib itu bisa sunnah, bisa mubah (netral) bisa khilafil aulaa. Jadi jangan divonis haram dulu. Dan kita ngikuti tradisi sunni bahwa tho'at kepada umaro selagi tidak memerintahkan barang haram, itu tho'atnya wajib. Selagi tidak memerintahkan barang nopo? haram. 

Nggih, dadi misale SBY punya kebijakan, masyarakat harus apa, mbayar pajak. Pada kadar yang layak. Itu ya wajib, tapi kalau memerintahkan haram, nanti menjadi apa? haram. Artinya apa? hukum tho'at kepada umaro itu.. sing penting gak wajib. Nanti kalau melihat konteksnya mashlahat menjadi wajib,  kalau tidak mashlahat tapi tidak haram ya nanti ada urutanya, kalau agak baik, yang mungkin sunnat. Kalau setengah mekso ya khilaful aulaa. Karena itu banyak ketentuan2anya. Nah yang menjadi masalah, ini sampeyan rungokno tenan. Bagaimana sesuatu itu taruhanya kalau dengan stabilitas. Niki rungokno tenan, entah itu stabilitas politik, entah itu stabilitas ekonomi kayak Kasus bank century itu kaitane nopo? stabilitas. Itu paling ngeri dalam semua tradisi kekhilafahan. 

Misalnya Yazid itu jelas2 gento, Yazid bin Mu'awiyyah itu jelas2 gento. Dia adalah aktor pembunuhan Sayyid Husein di Karbala. Tapi kalau dilawan akan terus berdarah2 umat islam. Karena secara de facto Yazidlah yang dianggap presiden saat itu. Karena dia Putra Mu'awiyyah yang memenangkan pertarungan politik dengan Ali bin Abi Tholib. Sehingga kalau dilawan akan terus berdarah2. Tapi keputusanya Sayyid Hasan mengakui keputusanya Mu'awiyyah, juga pemerintahanya Yazid. Apa mengakui kebathilan? ya gak.  Hasan hanya ingin bilang bahwa stabilitas umat, berdarah2 harus dihindari. Perang berkepanjangan juga harus dihindari. Sehingga era Sayyid Hasan disebut Amil Ijtima'. Itu paling susah, dan itu mulai dulu sampai sekarang masalah. 


Begitu juga stabilitas ekonomi, semua ulama itu ijma' kalau riba itu haram. Lha riba itu apa? mengambil kadar lebih dari uang pokok. Tetapi sistem keuangan dunia begitu juga di negara islam, sing jenenge bank itu rumus dasare suku bunga. Lha makanya, kayak.. sampeyan tak critani. Hukume bank itu mulai NU lahir, tahun 1926 sampai NU wis tuwek, sakniki duaribu pinten? sepuluh. Tiap muktamar itu mesti onok sing takok. Yo tetep dijawab khilaf, mulai ndisek telu. Biasane mainstream pertama riba mesti haram. Nah lak takok, lah bank itu termasuk riba apa gak? rung mesti haram. Kulo critani nggih, karena kyai2 yang meyakini riba haram itu betul, kalau riba haram itu betul. Tapi kalau yang meyakini bank itu mesti riba itu gak mesti bener. Bank lho nggih, karena begini dulu ekstrim2e Kyai tengggene Indonesia termasuk Kyai... termasuk guru2 saya. Itu pun sempat fatwa untuk bank negara itu boleh. Lihat di keputusan2 NU itu.. yang masih punya ruang boleh itu Bank Negara. 


Alasanya dalam sistem moneter modern gak bisa menghindari yang namanya Bank, meskipun rumusnya bank tentu Suku Bunga, atau melibatkan bunga. Tapi yang boleh itu kayak apa? tentu..

الضرورات تقدر بقدرها 

Ada aturan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Misalnya kasus deflasi atau pengurangan nilai tukar. Misalnya begini gak mungkin kan? orang yang punya uang tahun 80' dua juta, jual sapi gede.  Orang nabung di bank tahun 80', tentu dua juta itu jual sapi besar, regane rong juta. Kan gak mungkin 2010, sing sapi disepakati rego wolong juta, tetep dibayar rong juta. Faham nggih? masak yang kayak itu termasuk riba? toh gak keluar dari ro-sun mal. Ro-sun mal kan hargane sapi itu. Bagaimana mungkin dikatakan ro-sun maal, wong ro-sun male sapi regane rong juta, tahun 80, saiki sapi regane pinten? tahun 2010? 8juta. Faham nggih. Lha lek 8juta mbok anggep riba, lho ro-sun maale opo? sapi. Sapine saiki regane 10juta. Lha iku sing dadi masalahe ulama. 

Makanya dulu ketika rektor Al Azhar sing jenenge Muhamamd Syaltut, kenapa ? Syaltut itu populer di dunia akademik? Mergo ndekne tahu kontroversi mengatakan, jika riba itu ada yang menuntut adanya angka penyusutan uang, maka itu belum sampai kategori nopo? riba. Cuma sing jadi masalah di Jawa, sing kita alami. Yang diakui syari'at kan yang pakai emas. Tapi nak kurs e wong ndeso pakai sapi, mergo ora nduwe emas.  Misalnya begini ini pengalaman saya nggih. Kulo sering nangani konflik tonggo2 misale adik e mantu. Coro kuno lak diutangi kakak e. Mbuh riyin kulo utangi pedet, pas niku payu 400ewu, tahun 1980. Saiki tukarane wes ora rukun tahun 2010. Lhaiyo ndisek tak kek i 400ewu, saiki tak ijoli 400ewu jare? sing utang dzolim. 400ewu entuk pitek telu.  Aku dadi kyaine nggih gampang kulo jawab ngeten, ngeten mawon, lek disaur 400ewu jelas marai geger. Disaur pedet mawon, wong riyin utange nopo? pedet. Ngko aku nghukumi wajib pedet, rupo duwek mesti geger. Lek ndisek pedet yo disaur nopo? pedet. 

Sekarang tetangga saya itu banyak yang haji. Itu gara2 kursnya sapi. Dulu mbah saya, mbah saya itu haji habis sapi 16. Sekarang orang2 desa itu ndarani kaji itu murah. Dulu keluarga kulo kaji, kulo menangi jek cilik muk mbayar 7juta. Menangi maleh kaji 14 juta. Pas bapak kulo kaji, tahun 2003 niku 23juta. Tapi wong ndeso muni ndarani kaji sepakat murah. Mergo lek ngekurs nganggo sapi, mergo lek sapi entek sapi 16. Saiki 30juta lah mung entek sapi papat, dadi kaji saiki luwih murah timbang kaji ndisek. Artinya apa? rupiah yang melonjak itu gak ada pengaruhnya dalam kurse wong ndeso. Mergo ndisek 7juta entek sapi nem, saiki 2010 30juta mung entek sapi? papat. Bagaimana anda bisa memvonis riba? dalam konteks2 seruet ini? Mesti ora faham lak wong iku hukumi riba iku serampangan. Moh mikir maksude ora faham iku. Faham nggih? 

Kulo nate dibantah mbek Kyai, lah lak ngoten lak jenenge riba. Sampeyan lak nduwe utang aku ora iso nyaur lak mesti riba. Wong nduwe utang, saiki iso nyaur iku mesti kudu riba, lak ra riba raiso nyaur. Contone piye gus? lha misale sampeyan nduwe utang aku 10 sen, saiki nggolek duwek 10 ae kangelan, mesti sampeyan nganggo duwek 100 rupiah, riba. Iya tho.. misalnya orang dulu punya pecahan 10rupiah, utang sepuluh rupiah, saiki nyaure piye? nggolek pecahan terkecil 100rupiah. Itu luwih piro? Apa riba itu...?? Faham nggih.

Kalau riba itu persis nilai intrinsik, tentu masalah. Berarti wong nduwe 10 sen, terus kudu disaur 10sen juga, nggolek i ne ning ngendi? faham nggih? Lak ra susuk diarani riba, lha nyusuk i duwek 100rupiah, nggolek iku piye carane? Molane dadi ulama kudu mikir, faham nggih. Nah kalau yang sudah menyangkut begini itu masalahnya repot, kalau sudah menyangkut stabilitas ekonomi, politik, repot. 

Saiki kasuse bank century, kasuse stabilitas intelegent, kalau perhitunganya stabilitas politik, ada intelejen. Ada stabilitas ekonomi? ada permainan Bank. Podo untuk stabilitas kyai yo ngono. Antar kyai iku kudu dilindungi, semua itu demi stabilitas. Coro aku ditakok i wong, Kyai Mustofa iku dos pundi? yo tak jawab, yo wong apik. Tapi tahu ngeten2.. yo wong iku tahu salah, yo wong apik. Loh itu demi stabilitas, kalau mosi tidak percaya pada kyai tinggi, ya (rumit) agomo. Podo kalau dukungan masyarakat ke kyai rendah, kita ya repot, ngurus agomo nggih nopo? repot. Molane ditakok i Kyai  ..... apik.. Tapi ngene2 gus.. yo wes apik, timbang kowe, aku yo muni ngono. 

Lha kulo sering disowani tonggo, ono kyai terkenal opo? mboh tonggo2 ngerti terkenal opo. Jenenge fitnah yo macem2, mboh fitnah mboh tenan, Allohu A'lam. (Muni) ono kyai kok kelalakuane ngene2... Angger Kyai yo apik, sing dimaksud Kyai iku sopo? Kyai iku wong sing mimpin sholat, angger pas mimpin sholat iku kyai. Angger sak liyane sholat, kowe ora ngiyayekno yo ora popo. Suwe2 kadang2 Kyaine sowan aku, parah gus, kulo dikenal ngeten. Kowe yo goblok, wong ngiyayi kok diluar urusan tho'at? Sing penting iku angger kowe sholat, kowe ruku' makmum mu ruku' kabeh. Pas kowe sujud, sujud kabeh, iku jenenge kowe pas ngiyayi. 

Di luar itu fifty2... (aku yo muni ngono). Wong aku sing ngalim ae, perasaanku ngono, kok kowe kok repot? Aku kan wis kyai ngalim, perasaanku dadi kyai iku pendak mulang (aku muni ngono). Pokok e lek ora mulang, wes ora pati nopo? Kyai. Takok i tonggo2, kulo nganti sakniki biasa teng parkiran, nggih lunggoh teng ngisor nggih biasa. Kadang onok sing lungguh ning nduwure, huss... ono gus baha. Aku terus bilang, aku ngiyayi iku pendak ngulang, lak pas ngene iki ora pati opo? Kyai. Cuma tetep wong sholeh, tak omonge, aku tetep wong sholeh. Mulane kulo niku ulama paling ora tahu tersinggung. Mboten nate kulo tersinggung, misale rukhin ora nurut.. mboten nate kulo tersinggung, biasa mawon. Ora nurut iku artine jek nduwe akal. Yo apik, jek nduwe akal. Kudune seneng, nduwe santri sing sik? nduwe akal. 

Kadang kita ini berlebihan, ngongkon wong liyo juga tho'at di luar konteks urusan agama. Kadang kita nyuruh orang itu haddun nafsi, misale aku kyai nduwe omah mewah, itu kepingin onok pot sing indah, onok bunga sing indah. Ngongkon santri wajib nurut, itu kan nafsu. Saat aku kepingin taman yang indah, hiburan yang indah, itu kan nafsu. Kenapa instruksinya pakai lembaga kekyainan? faham nggih? itu kan kriminal, faham nggih. Kecuali misale  rukhin ngaji ngantuk, kriminal bener, dalam konteks agama kok ngantuk. Itu kriminal, faham nggih. Tapi lak rukhin tak kon noto tamanku, dia ngantuk itu sah, karena saya sendiri ketika kepingin taman, iku wonten haddun nafsi. 



Sholat 'Id.


Mulane tanggaku sing kyai, lhaiyo molane kowe iku dadi kyai sakjane pendak sholat ae. Iku pas kowe Kyai.  Tangga2ne wong sholat 'id kok ape prei...gara2 kecewa opo? Kyai.  Yo tak omongi masyarakate, (tak omongi). Nak kepingin prei yo prei bae. Dari awal sholat 'id iku sunnah. Ora usah mekso sholat 'id, dari awal sholat 'id niku nopo? sunnah. Kowe lak ra percoyo tak baturi ra sholat 'id. Wong aku nganti saiki biasa ora sholat 'id. Kulo biasa lho nganti sakniki ora sholat id. Tekok i tonggo2... biasa. Kulo nggih biasa mawon. Tapi jenenge wes keramat, gus baha ora koyok awak e dewe, nggih biasa mawon kulo. Artinya bukan apa2 ya, artinya lek sunnat yo ben tetep nopo? sunnat. Ojo koyok adat jowo, ora tahu sholat subuh, tapi lek 'id sholat. Wong abangan2 kurang ajar. Ora tahu sholat subuh, lek 'id nopo? sholat... Penak. Sing subuh wajib ora tahu? sholat 'id nopo? (malah tahu). Dan itu yang dipakai ulama2 dulu, kalau khulafaur rosyidin pakai itu. Kalau perintahnya itu pribadi, mereka dari awal tidak mewajibkan. Sehingga mereka tidak punya masalah yang serius, kalau baru atas nama agama, bener2 wajib tho'at. 

Nah sekarang itu kan rancu. Nah ngono lak ruepot, nak ngono lak santri kriminal kabeh. Misale kyai ape lungo, kudu mobil wis umbahan, kudu wis resik, kudu ngene.... itu kan bagaimanapun ada haddzun nafsi. Yo kita lek apek ngongkon santri ya ngongkon, tapi itu pada unsur haddzun nafsi. Cung mobile umbah, rodok ngantuk sitik2 mbek angop yo keben. Kecuali kito ngongkon sholat, kok ambek angop, yo kita marahi. Wong sowan Pengeran kok jek angop? Harus kita bedakan, mana perintah kita yang masih berbau nafsu, dan yang mana bener2 orisinil faktor? agama. Faktor nopo? Agama Dan itu yang dipraktekkan Rosululloh. 


Nabi kalau disakiti secara pribadi, mudah beliau memaafkan. Tapi

و يغفؤ عن الذنب إذا كان في حقه وَ سَبّبه

وَ إذا ضيّع حق الله لم يقم أحد لغضبه 

kalau sudah haqqulloh yang sudah diterlantarkan itu beliau baru (tersinggung). Nah sekarang kan sudah campur aduk, haddzun nafsi digowo lembaga2 nopo....? Kowe tak kandani kudu nurut, partai iku partaiku. Yo PKB utowo PPP iku, "kulo PDIP mbah..." Njenengan Kyai kok PDIP gus? kulo P ne tok, Perjuangan. Kulo gaene ditakok i, njenengan partaine opo gus? kulo PDIP, P ne tok. Nopo? Perjuangan, jenenge wong urip kudu nopo? berjuang. Lek mboten PDIP, Golkar, golongan karya. Mergo wong alim kudu sering berkarya



Mpun kulo terusaken, nah niki sing termasuk antike dawuhe  Syaikh Nawawi Banten.


وأيضا إن أعمل الأمراء والسلاطين موقوفة على فتاوى العلماء 

العلماء في الحقيق الأمراء فهؤلاء أولوا الأمر


Nggih niki sing sak derenge ayat. Harusnya kebijakan2 penguasa/para raja iku mauqufatun 'alal fatawal 'ulama. Fatawa/ Fatawi. Raja atau Penguasa, kalau punya keputusan itu harus ikut pada garisnya para ulama. Kulo bolak balik matur, sekarang yang merupakan garis ulama dalam konteks bernegara itu apa? Niki kulo omongno sensitif nggih, yang kaitanya ulama dengan negara yang dalam konteks negara kayak bhineka tunggal ika itu apa? Niku pancen repot. Misalnya begini, kita punya AMBON, punya MALUKU, kita punya NTT. Ketika dipaksakan dulu piagam jakarta, yang memaksakan syari'at islam, tentu mereka akan menantang keluar dari Indonesia. NTT dan apa? AMBON, IRIAN JAYA (misalnya). Yang kayak begitu itu tidak fatwanya Ulama, itu sudah masalah bernegara. 



Penerapan Syari'at Islam

Mulane kulo diaturi kyai2, coro Misalnya Indonesia memaksakan Syari'at Islam. Syari'at Islam yang mana? kalau syari'at islam yang formal mungkin saya akan mengatakan sebaiknya diterapkan syari'at islam. Tapi yang termasuk syari'at islam adalah menjaga peluang dakwah, ini catat. Saya siap ketemu Alloh dengan pendapat ini. Bukan berarti saya terus pluralism, terus saya pakai teori2 modern gak, tapi saya pakai teori 'ulama. Saya gak pakai teori modern, catat. Saya gak pakai teori modern, pakai teorinya Ulama. 

Termasuk syari'at adalah menjaga peluang dakwah. Bayangkan kalau dipaksakan syari'at islam kemudian NTT /AMBON keluar dari Indonesia. Kemungkinan kita dakwah di Ambon malah gak ada. Juga kemungkinan islamisasi di NTT malah gak ada, karena sudah keluar dari Indonesia. Faham nggih

Mulane dari dulu walisongo ambek maling yo apik. Ambek tukang zino yo apik, ambek tukang dadu yo apik. Itu bukan berarti mereka tidak bisa membedakan haq dan bathil. Dengan diapik i, masih ada peluang komunikasi, dan dengan adanya peluang komunikasi, ada peluang dakwah. Ada peluang pembenaran. Sama dengan utuhnya NKRI, NTT bagian dari Indonesia, sik iso Kyai koyok Rukhin dibuak ning kono... ning NTT, ben dadi Kyai. Loh konco kulo ndisek ning pondok gak kanggo, ning irian jaya Kyai Propinsi. Wingi sowan kulo ngajak Pangdam. Ya Alloh, gus... kulo munggo ning sarang, kyai RT ora payu, ning kono Kyai Propinsi. Nah sowan kulo niku kaleh Pangdam, sakniki pun nggawe yayasan, pun nggawe sekolah tinggi. Dadi rektor sakniki, padahal mbuh buta huruf mbuh ora, ora ruh aku. Wong sak urip2 ngaji mbek kulo, kulo ra kenal... Sakniki bahasane mbek nopo? Pangdam. Mergo karena ada urusan kerusuhan disana, mesti tokoh agama diundang, diundang Pangdam. Nah ndekne termasuk mewakili tokoh Islam propinsi, levele nopo? Propinsi. 


Artinya logika sehat kita, kalau kita memaksakan syari'at islam formal, malah NTT lepas, itu kan berarti gak ada kesempatan dakwah. Toh dengan tidak lepas, toh kita bukan berarti tidak ingin dakwah. Kan tetep ingin nopo? dakwah. Molane bojo ngecewakno lah, ojo dipegat. Lak ora mbok pegat, ono kesempatan ndandani. Lak kenek wong ora iso. Tapi lak tekdir yo ora popo. Artinya sama, semua sejarah walisongo itu kan sama orang nakal kan gak papa. Sampeyan delok Kyai Bashori tegal rejo, ndisek iku terkenal 'alim, kancanan bajingan. Bajinganane tunduk mergo sungkan ramahe. Teng rembang niku ono jenenge Kyai Sahid, wonge ngguanteng Kyai Thoriqoh. Niku wonten bajingan tobat, mergo kulo niku sungkan ambek Mbah Syahid, mboten nate duko ambek kulo. Angger ketemu kulo nggih senyum. Loh iku sungkan senyume nganti tobat. Artinya apa? saat kita ekstrim antara haq dan bathil, malah lari. Toh teori itu ya diakui Quran....

فَبِمَا رَحۡمَةࣲ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمۡۖ وَلَوۡ كُنتَ فَظًّا غَلِیظَ ٱلۡقَلۡبِ لَٱنفَضُّوا۟ مِنۡ حَوۡلِكَۖ 

فَٱعۡفُ عَنۡهُمۡ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لَهُمۡ وَشَاوِرۡهُمۡ فِی ٱلۡأَمۡرِۖ فَإِذَا عَزَمۡتَ فَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِۚ إِنَّ ٱللَّهَ یُحِبُّ ٱلۡمُتَوَكِّلِینَ

Surat Ali 'Imron: 159

Toh teori itu juga gak jauh2 dari aturan islam. Meskipun kita kita juga punya teori yang lain, karena ini tidak selamanya berjalan lancar. Kadang kowe kancanan wong nakal, yo ketot nakal tenan. Kancanan lonthe yo katut tenan, selingkuh tenan. Sebab itu yo keben, sing..... yo keben, sing ekstrim2 yo keben. Nyatanya kadang yo katut? tenan. Wong Gus kancanan cah nakal kadang sing nakal ora anut gus, guse katut sing nakal. Malah dadi rocker, ndisek guse melok dakwah, jebule guse sing melok nyanyi. Ora kok malah grupe band sing melok wiridan... Akhirnya metode apapun gak semuanya jalan lancar. Tapi atas nama manhaj, metode, kita seluas mungkin punya wacana. Dados kita punya banyak pilihan. Ini disebut 

 اختلاف الأئمة رحمة

Makanya yang kamu maksud dengan syari'at islam itu apa? kulo sering bilang. Yaitu gus, misalnya ditetapkan undang2 dulu. Setiap syari'at islam, kenapa kita ngemis ke negara? nunggu diundangkan? Kapan kita mandiri sebagai 'ulama kalau nunggu diundangkan? Sebelum diundangkan negara, kita selalu dakwah ilalloh. Misalnya sebelum ada narkoba, sak urip2e Kyai mesti anti narkoba. Nah sebelum ada undang2 misalnya tentang kawin, sak urip2e Kyai lak kawin mesti nggolek i Wali. Lak onok tanggane kawin, mesti digolekne syahid, utowo? digolekne wali. Kenapa setiap syari'at islam kita ngemis ke negara? Dulu ketika pembubaran ahmadiyah kita juga ngemis ke negara. Tanpa itu pun kita sebagai ulama tetep anti nopo? ahmadiyah. Lha lek saiki misale tokoh ahmadiyah kok luwih menarik timbang kowe? saiki..... mbek kyai kono. Mbok skali2 nyawang awak e dewe barang. Bagaimana kita bisa dakwah kalau kyai sunnine medit, kyai non sunni ne? lomo. Ketika wong2 podo lari ke non sunni, lak dihisab Pengeran, iku perkoro kowe medit, ora perkoro opo2. Pora loro kowe. Faham nggih? iki masalah. 


Mulane kulo baleni maleh nggih, syari'at islam itu komplit, termasuk aturan hak dan bathil, tetapi juga aturan dakwah. Makanya kulo terimakasih nggih, sama ulama2 sekarang, sekarang ini ada rumus, ada fiqhul ahkam. Ada fiqih yang menentukan hukum, ini halal ini haram, ini mubah, ini khilafil aulaa. Tapi juga ada fiqhud dakwah. Bagaimana dalam sebuah proses, diperlukan sebuah Toleransi, niku jenenge nopo? Fiqhud dakwah. Dan itu penting kita kaji. Karena di dalam sejarah makkiyah, juga begitu, dalam sejarah nopo? makkiyah. Ketika periode mekkah, zina itu tidak pernah halal. Maling juga gak pernah halal. Tapi ada periode 13 tahun, nabi tidak sering ngomong haramnya zina dan hukumnya sebagai pezina. Artinya apa? tidak mendesak membicarakan urusan zina urusan maling, karena yang mendesak saat itu urusan tauhid. Misalnya kamu dakwah ke NTT, tentu umat itu diajak ke logika bahwa Tauhid itu lebih benar tinimbang trinitas. Kamu tidak mungkin langsung masuk ke urusan zina, maling, nggentu dan sebagainya. At Tatbiq fis sunnah, proses di dalam sunnah, itu juga penting itu tahapan2 dalam proses dakwah. Lha fatawal ulama itu termasuk fatawa yang begini begini ini. Makanya dalam sejarah wali, itu mesti ada ulama formal, ada ulama sing ora formal. 

Ndisek onok ulama sing pro syari'at sing koyok Sunan Kudus, iku syarate racocok karo Sunan Kalijogo, mergo Sunnan kalijogo pokok wis islam iku bener, mulane penggemare wong .... termasuk ora sholat, sholate mbah kali. Atine wus sholat.... Sunan Kudus kafir coro ndekne, selawase ora cocok. Ya bagaimanapun, bagaimana mendakwahi orang islam kawasan jogja klaten solo, golongane tingkir, kalau tidak model kalijogo? Nyatane terus saiki sing islam pirang2, sing sholat yo wes akeh. Faham nggih, itu dulu masalah betul. Sunan kudus kyai fiqh, bahkan kulo entuk crito nggih, dari lisan ke lisan, dari kyai ke kyai. Sunan Kalijogo selawase tukaran terus ambek sunan 'ainul yaqin. Dadi sing sitok apek dakwah nganggo wayang tengul, wayang tengul lak bentuk e fisik wong, koyok patung haram. Mergo..... 

suk.. kon ngekek i nyowo... akhire tukaran. 

Akhire tukarang, Sunan kalijogo sadar iku metode efektif. Wal hasil akhire dikuatno kyai2 sepuh zaman iku, sunan kudus sunan ampel. Yo wes saiki sedengan iku wayang kulit. Mergo wong gepeng iku ora urip. Yo tetep ono wayang tapi kulit, yo gepeng iku kan artine gak urip. Lak gak urip iku kan gak perlu kon ngekek i nyowo. 


Baju Ontokusumo

Lah sunnan kalijogo muni syahadatain iku emoh. Munine sekaten. Muni kalimat syahadat iku lho moh, munine? Kalimosodo, saking jawanisasi nopo? islam. Mulane ndekne yakin lek putih iku sunnat, nganggone ireng terus, kabeh walisongo iku agemane putih, kecuali kalijogo. 

Lho kulo nate diburu tiyang2 jare bapak kulo terkenale nduwe warisan klambi ontokusumo. Sakniki warise kulo niku tamune katah. (Tamune podo) nggolek klambine sinten? Sunan?  kalijogo. Jawaban kulo enak, mpun tak dol, tak nggo ngopi. "Mosok gus, barang apik trimo didol nggo ngopi?" Lha wong sing nduwe kulo, terserah kulo.  Wo.. ngenyek wong... wong 'alim dijak mbahas ontokusumo. 


Mulai dulu Abu Yazid Al Bustomi juga begitu, mesti ada ulama yang di kampung2. Sampeyan tak critane ya, biar ulama syari'at tidak terlalu ekstrim. Zaman Sayyidina Umar dadi kholifah, kholifah resmi yang ditunjuk para shohabat, dan saat itu belum ada konflik. Nggih belum banyak nopo? konflik. Itu Sayyidina Umar mendapat amanah dari Rosululloh, Umar, saya punya umat, dia adalah orang terbaik di zamanya. Namanya adalah Uwais Al Qorni, kalau kamu ketemu dia, salamku untuknya. Dan kamu harus minta doa supaya khusnul khothimah. Terus jare umar, kulo ngertose dos pundi? Walhasil ninggone katibil aitsar, ada bekas penyakit baros tinggal sak nopo? sak koin nggih. Coro sakniki nopo? sak koin. 

Niki kulo crito, Dia punya ibuk sendiri di kampung angon wedus. Walhasil Umar iku tiap ono tamu yo diblodori. Faham nggih? ambek sing raine mirip2 ngoten niku. Ora putih khin... 

Mboten niki kulo crito, ben sampeyan ngerti. Wal hasil rombongane Uwais Al Qorni, dari Qurun, Al Qorni, niku sowan Sayyidina Umar, ketika ketemu sesuai sifat itu, Sayyidina Umar Nangis njaluk dongo. Uwais Al Qorni ken ndongakne mboten Purun. Walhasil akhire, yang memerintahkan ini Rosululloh. Niku sing antik nopo? Ya Uwais, saya ingin waktu supaya kamu ketemu saya. Ndak ya Umar, ini harus pertemuan terakhir, ini harus pertemuan terakhir. Walhasil semenjak itu sudah tidak ketemu lagi sama Umar. Dan itu saya yakini, sampeyan gak usah anut kulo, keduwuren maqom kulo, lak anut kulo. Dan risiko, sampeyan mesti ora wani. Artinya begini, artinya orang dengan izzatil islam, ini catat betul. Misale wong dadi Kyai gede, misale Kyai kulo, kados Kyai Maimoen, kados Kyai Hasyim Muzadi. Jangan2 nikmatnya jadi Kyai Besar, oleh umat lho, tidak oleh mereka. Jangan salah faham, oleh umat ditafsirkan seneng to orang jadi Kyai, misalnya Habib Lutfi, orang punya pengaruh besar. Mbah Hamid Pasuruan (misalnya). Artinya apa? Aku yakin mereka orang2 sholeh yang ..... tapi umat tetep membaca mereka, bagaimanapun ada fasilitas. Umar sebagai kholifah, punya pengaruh punya uang punya otoritas. 

Bagaimana dengan fakta orang itu hanya nyaman dengan satu dengan Alloh dengan kebenaran. Maka dengan Uwais Al Qorni, maka islam utuh, ada penjaga syari'at. Kayak Habib Lutfi, Kyai Maimun, Abdul Hamid Pasuruan, orang2 yang jadi sentral coro teori sosial jadi mercusuar. Tapi juga ditunjukkan ada orang2 yang bisa bahagia dengan kebenaran. Faham nggih. Akhirnya umat kan enak? Lah kados kulo ngrasakno tenan. (57.00)





Comments