Skip to main content

Perubahan "Makna" Bahasa| Semua Agama Sama | Catatan Ngaji Gus Baha


Ahli Kitab niku lek teng Bahasa Al Quran nggih Yahudi kalian Nashroni. Tapi Yahudi yang mana? Nashroni yang mana? Wong Zaman Akhir pun ruwet, mergo mashroni dulu masih banyak yang asli, yang orisinil disebut nashroni ortodox. Saiki Nashroni saiki disebut identik Katolik Protestan sing Trinitas, meyakini 3Tuhan.Yahudi Zaman akhir identik sing menempat ning Isroel, disebut orang Yahudi. Padahal dulu itu Yahudi itu gak seperti itu. Dulu itu yahudi itu komunitas tertentu, punya keyakinan tertentu, disebut Yahudi, sehingga mereka bisa di madinah, di Mekkah, dimana2. Sekarang yahudi itu dianggap adanya di isroil. Makanya kita ini jadi bingung, karena bahasa itu ya berubah. 


Dulu santri2 sarang lirboyo, ploso itu bangga, Pondok Salaf. Tapi ditambahi salafi, Al Ma'hatus Salafi, salafi yang di kota2 itu beda, dengan salaf yang di Pondok. Musuh besar. Kadang kita ini bingung dengan perkembangam bahasa itu? bingung. Salaf - salafi.. padahal nisbat. Angger salaf dinisbatkan salafi. Islam... islami. Quran qurani... salaf? ora iso.. salaf titik sekali dikek i (i), repot. Itu masalah Bahasa. Saya itu punya kitab Al Umm karanganya Imam Asy Syafi'i.

Itu masih klau beliau bilang Al Makruh, itu haram. haram besar namanya makruh. Jadi kalau Imam Asy. syafi'i ditanya bagaimana hukumnya kafir? makruh. hukumnya zina makruh, karena maknani makruh itu dibenci, makruh itu maknane dibenci. Sehingga zina hukumnya apa? makruh. Nyolong? makruh. Tapi lama2 gak tahu asal usulnya, tiga ratus tahun setelah beliau meninggal, makruh itu larangan di bawah haram. Maling Harom, zino harom, rokok? makruh. Kasus... padahal maknane makruh dibenci. Makruhun maknane dibenci. Kariha itu mknane benci. Karihallohu kadza. Padahal di Quran masih pakai bahasa kayak Imam Asy Syafi'i. Karena Imam Asy Syafi'i tentu ya niru Quran itu tadi. 

وَٱعۡلَمُوۤا۟ أَنَّ فِیكُمۡ رَسُولَ ٱللَّهِۚ لَوۡ یُطِیعُكُمۡ فِی كَثِیرࣲ مِّنَ ٱلۡأَمۡرِ لَعَنِتُّمۡ 
وَلَـٰكِنَّ ٱللَّهَ حَبَّبَ إِلَیۡكُمُ ٱلۡإِیمَـٰنَ وَزَیَّنَهُۥ فِی قُلُوبِكُمۡ 
وَكَرَّهَ إِلَیۡكُمُ ٱلۡكُفۡرَ وَٱلۡفُسُوقَ وَٱلۡعِصۡیَانَۚ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ هُمُ ٱلرَّ ٰ⁠شِدُونَ 
Surat Al Hujurot: 7

Ayo njajal maknani, wa karroha lan mekruhno sopo? Alloh. Ilaikum (maring siro kabeh). Al Kufro ing kekafiran. Dadi Kafir hukume makruh, ora nganti haram, waa... yo PKI. Nggih to...? Jadi bahasa itu ngalami perubahan.  Dulu orang dikatakan santri itu mesti khusyu'. Khusyu' terus anteng. Saiki onok santri gaul, santri rock and roll, macem2. Pesantren juga gitu, dulu wong kepingin ke pesantren itu kepengen ngaji, kepengen 'alim, ke pesantren. Saiki ora, angger mbangun pondok yo disebut? Pesantren. (Mboh) kelakuane piye? Ngaji iso opo ora? Angger ono pondok disebut? Pesantren. Jadi bahasa itu.. nah Yahudi dan Nashroni juga ngalami seperti itu. Dulu dikatakan Nashroni itu keren. Coro Najron. Rohibu Bukhoiro, itu pendeta nashroni yang pertama tahu kalau Nabi itu Nabi. Pendeta apa Kyai? Yang pertama kali tahu kalau Nabi Muhammad itu (akan) jadi Nabi saat umur 9 tahun itu? Pendeta. Gak masalah. Karena dulu nashroni yang gak trinitas. Dulu disebut nashroni tidak identik dengan yang berkeyakinan trinitas (Tiga Tuhan) gak mesti. Sekarang gak, Kalau bilang nasroni pasti protestan atau katolik. Ini perubahan bahasa, lalu orang2 liberal secara ngawur, mengartikan nashroni yang dipuji Alloh, Dikira Nashroni yang? sekarang. Innaa lillahi wa innaa ilaihi roji'un. Nak goblok ojo ajak2. Nah kadang kowe yo ora ruh, nak goblok pisan, kan?. Jadi orang2 liberal dikira agama sama karena ada ayat

إِنَّ ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِینَ هَادُوا۟ وَٱلنَّصَـٰرَىٰ وَٱلصَّـٰبِـِٔینَ 
مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡیَوۡمِ ٱلۡـَٔاخِرِ وَعَمِلَ صَـٰلِحࣰا فَلَهُمۡ أَجۡرُهُمۡ عِندَ رَبِّهِمۡ
 وَلَا خَوۡفٌ عَلَیۡهِمۡ وَلَا هُمۡ یَحۡزَنُونَ
Surat Al Baqoroh: 62


dia gak mikir Nashroni yang mana? Yahudi yang mana? Di era trend apa? Dulu dikatakan nashroni itu gak mesti trinitas. Contohnya gampang Rohibu Bukhoiro, itu dia ngakui kerosulan Muhammad, padahal dia Pendetanya. Ketuanya. Tapi orang2 ini disifati oleh Alloh apa? 

وَإِذَا سَمِعُوا۟ مَاۤ أُنزِلَ إِلَى ٱلرَّسُولِ تَرَىٰۤ أَعۡیُنَهُمۡ تَفِیضُ مِنَ ٱلدَّمۡعِ 
مِمَّا عَرَفُوا۟ مِنَ ٱلۡحَقِّۖ یَقُولُونَ رَبَّنَاۤ ءَامَنَّا فَٱكۡتُبۡنَا مَعَ ٱلشَّـٰهِدِینَ
Surat Al Maidah: 83

Itu kan ada di akhir juz 6 itu. 

لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ ٱلنَّاسِ عَدَ ٰ⁠وَةࣰ لِّلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱلۡیَهُودَ وَٱلَّذِینَ أَشۡرَكُوا۟ۖ 
وَلَتَجِدَنَّ أَقۡرَبَهُم مَّوَدَّةࣰ لِّلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱلَّذِینَ قَالُوۤا۟ إِنَّا نَصَـٰرَىٰۚ 
ذَ ٰ⁠لِكَ بِأَنَّ مِنۡهُمۡ قِسِّیسِینَ وَرُهۡبَانࣰا وَأَنَّهُمۡ لَا یَسۡتَكۡبِرُونَ

Surat Al Maidah: 82

Orang yang paling mencintai orang beriman adalah orang2 yang... qoluu innaa nashoro, kita2 adalah nashrani. Tapi ini bukan nashroni yang trinitas, paham nggih. Wong jelas sifate Juz awal, juz 7. Mereka itu... 


وَإِذَا سَمِعُوا۟ مَاۤ أُنزِلَ إِلَى ٱلرَّسُولِ تَرَىٰۤ أَعۡیُنَهُمۡ تَفِیضُ مِنَ ٱلدَّمۡعِ 
مِمَّا عَرَفُوا۟ مِنَ ٱلۡحَقِّۖ یَقُولُونَ رَبَّنَاۤ ءَامَنَّا فَٱكۡتُبۡنَا مَعَ ٱلشَّـٰهِدِینَ
Surat Al Maidah: 83

Ini Nashroni yang 'arofu minal haq. Nashroni sekarang? kan beda sekali, pasti Trinitas. Itu kan kayak bahasa wong ndisek. Dulu itu kyai kalau gak punya uang, itu karena zuhud, dipuji. Saya itu menangi ada kyai, ora nduwe duwek dipuji. Iku zuhud... Sekarang Kyai gak punya uang? SDM Rendah. Wes gak kreatif blas, nganti kere. Coba.. gak loro ati kowe? Wes ora doyan duwek, ora nduwe duwek dikomentari? SDM rendah, gak kreatif. Dulu kok kyai santrine (titik) dipuji ikhlash. Saiki gak, pancen ora payu. Dulu itu keren, ngiyai kok santrine sitik, keren. Berarti Kyai Ikhlash. Molane Sufyan Ats Tsauri ngendikan begini, nak ono wong mati kok sing teko akeh, iku mesti wong masalah. Mergo lek ndekne wong tegas, qul lil haqqo wa lau kaana murron, mesti musuhe akeh. Mulane (zamane) Sufyan Ats Tsauri kok onok wong mati sing teko sitik, keren. Tapi lek sing teko akeh, mesti wong kakean basa basi. Kabeh wong diapik i, (pengganggu) yo diapik i, (padahal) wong fasik. Sing teko yo wong fasiq kabeh. Molane Sufyan Ats Tsauri lek onok wong mati, sing teko akeh, dek e moh teko. Tapi lak onok sing mati, sing teko loro? podo waline, keren. Nopo? keren. Coro Zaman Sufyan? Ats Tsauri. 

Saiki zaman mboten, wong zaman rubah. Wong wes pancen ndunyo berubah, wes ora iso dipungkiri pancen berubah. Ndisek ora nduwe duwek iku keren, saiki ora nduwe duwek ora kerono zuhud, yo wes mergawe bolak-balik bangkrut, akhire ora nduwe? duwek. ora kok perkoro zuhud. Kulo baleni maleh nggih, makane sampeyan jangan ngartikan Al Quran tanpa lewat Ulama. Nashrani dan Yahudi yang dibicarakan Al Quran, ketika dipuji, itu bukan nashrani yang trinitas. Ahli Kitab sing ijek Kholishoh. Makanya Fathul Mu'in membahas, boleh menikahi nashroniyah yang kholishoh, nashroni yang masih murni. Ya tentu kita sekarang apa masih ada yang? Wes ora mikir ngono. Tapi kecangkeman, coro ora mikir ora usah kecangkeman. Kulo suwun, mari nggih, taubat. Kados kulo cerita, berulang kali cerita saya gak bosen cerita. Bani itu maknane Ibnun. Ibnun, banun, lak dijamakno bani. Berarti Bani Israel iku maknane turunan? Israel. Jenenge turunan iku iso manggon madinah, iso manggon mekkah. Rosululloh mboten nate teng palestina (yang nyata). Pernah kesana itu karena Mi'roj. Tapi Nabi itu sering berdebat mbek bani israel, Yaa Banii? israel. Maknane wong madinah sing turunan Ya'qub, bin Ishaq, bin Ibrohim. Disebut Israel, ngko disebut bani, kados kita ini disebut apa? bani adam. Padahal Nabi Adam itu orang India, atau orang Jeddah. Atau orang.. wes pokok e bongso kono. 
Mergo Nabi Adam iku turune teng India, lek Siti Hawa iku turune teng Jeddah. Makane diarani Jeddah iku soko Jaddah, jaddah iku mbah tuwo wedok. Jaddun iku Mbah Lanang, lak Jaddah? Mbah Wedok. Nah siti Hawa iku urip ning? Jeddah. Makane disebut opo? Jeddah. 
Wong arab, nggawe sepeda guedi jare sepedahe Nabi Adam, iku ngawur. Iku mbodoni, yakin.... Nak siti hawa urip ning jeddah iyo, mergo siti hawa urip teng Jaddah. Coro arab 'Aami kan jeddah, ora muni jaddah, tapi jeddah. Nah kita kan wong mbeduk an, disebut wong wonokromo, disebut apa? Bani Adam. Artinya turunan Nabi Adam, meskipun kito secara domisili berada di? jogja. Nah orang israel, yang turunan Nabi Ya'qub, meskipun di Madinah, disebut Bani? Israel. Israel yang sekarang itu nation, sebuah negara. Mbok karman iku wong Mbidukan misale, urip ning israel, asal berkatepe Israel disebut opo? Orang israel. Orang amerika, yang berkatepe Israel disebut? orang Israel. Orang Inggris yang berkatepe israel, disebut? israel. Tapi ini gak bani israel, karena bani israel itu genetik. Yaitu sing nduwe darah Ya'qub, bin Ishaq, bin Ibrohim. Molane disebut bani, bani iku anak turun. Tapi sekarang orang ngira, setiap orang israel itu disebut bani? israel. Padahal israel yang sekarang itu nation, sebuah negara. Diterangno iku ora mandi, koyok kulo niku mpun minoritas. Untung nduwe bolo njenengan gelem ngrungokno, lumayan, nggo ramai2. Tapi kita yang bener. Meskipun kita ngakui, mungkin orang israel yang nation memang nyata2 bani israel (keturunan bani israel). Tapi ya sebagian, karena rata2 ya orang amerika, orang inggris, orang apa... Kalau disana disebut bangsa? israel. Tapi kan gak mesti bani? wong bani iku turunan kok. 

Taruh saja begini misalnya, poro habaib, yang hidup di Indonesia. Ya itu bani Rosulillah, karena beliau? Dzurriyahe Rosululloh, meskipun hidup di Indonesia. Karena bani itu gen... 
nopo? bani itu gen. Berarti bani isrel zaman Nabi itu orang madinah atau orang palestina? orang madinah. Orang madinah.. yang dikhithobi Alloh, Yaa bani isrel itu orang mana? madinah, tapi keturunan? israel. Nah Israel itu nama lain dari Nabi Ya'qub, Ya'qub bin Ishaq, bin Ibrohim. Nah pergeseran istilah ini luar biasa, orang yang gak tahu, memberi makna hadits dengan istilah sekarang. Padahal jika ada kelompok tertentu orang2 liberal yang mengatakan, agama itu sama. Karena dikira ketika Alloh memuji Nasrani itu nashrani yang? sekarang. Padahal nashrani yang sekarang... 

لقد كفر ٱلذین قالوا إن ٱلله ثالث ثلـٰثة وما من إلـٰه إلا إلـٰه و ٰ⁠حد 
وإن لم ینتهوا عما یقولون لیمسن ٱلذین كفروا منهم عذاب ألیم
Surat Al Maidah 73

لقد كفر ٱلذین قالوا إن ٱلله هو ٱلمسیح ٱبن مریم
Surat Al Maidah 17 
Surat Al Maidah 72

Tapi nashrani yang dipuji Alloh, nashrani yang bukan itu. Tapi nashrani yang dipuji Alloh, bukan Nashrani yang itu, 

إذا سمعوا ما أنزل إلى ٱلرسول ترىٰ أعینهم تفیض من ٱلدمع مما عرفوا من ٱلحق یقولون ربنا ءامنا فٱكتبنا مع ٱلشـٰهدین
Surat Al Maidah 83

Sekarang kalau Tuhan tiga itu benar apa salah? berarti nashrani yang tidak tahu? kebenaran. Nah yang dipuji Al Quran itu nashrani yang tahu? kebenaran, tidak nashroni yang trinitas. Tapi perubahan zaman sekarang, nashroni yang jenis ini gak ada. Ada yang jenis katholik, protestan, terus dikira itu... 

Ya kayak gini lho, dulu yang namanya ulama pasti 'alim, yang namanya kyai pasti 'alim. Saiki (angger) dipacak i sorban, gelem pidato, embo2 khusyu' terus disebut kyai. Dulu gak bisa gitu, dulu Imam Bukhori terkenal ngalim itu ada 100 ahli hadits yang nguji. Saiki terkenal, wes ora enek sing ngetes. Angger pidato didelok wong akeh, jenenge Kyai. Dulu enggak, Imam Bukhori diakui jadi ulama top, diuji 100 ahli hadits di zamanya. Dulu Imam Asy Syafi'i membaca Muwatho' dihadapan Imam Malik. Dulu Imam Ahmad bin Hanbal, disuruh baca kitab di depan gurunya. Saiki ora usah, moco terjemah bariku ngomong, puenak e ora karuan. Tapi kyai sing 'alim iku risih, kok ngene..? Risih banget, coro kulo coro kuping kulo protes, nggih wis protes. Wong kok ndalil ora karu2an. Rofa' nashobe salah, artine yo salah, niate yo salah, niate yo salah. Salah kok kakean. 

Dulu gitu, orang disebut kyai itu ngliwati seleksi. Sekarang gak, molane kowe lek diceluk kyai ojo bangga. Ora onok seleksine, tapi lak oleh duwek disyukuri, tapi ora usah bangga. Sampeyan tak critani yo, Imam Malik iku ngarang kitab, jenenge Al Muwatho'. Maknane Muwatho' iku disepakati, karena watho'tu 'ala kadza (saya setuju). Masyhur itu...

Kitab ini pernah saya tashihkan ke 70 ahli hadits di Madinah. Semuanya setuju, makanya saya sebut Al Muwatho' (kitab yang disetujui). Jadi dulu orang untuk menjadi ulama ditest. Yo dinyek, lek masalah ijtihad yo dinyek (dicaci maki). Misale salah fikiran yo dicaci maki. Masyhur itu dalam perdebatan2 ulama dulu. Sekarang gak, gak ada penguji, gak ada... ya ada, kemarin ada ide kemenag mau nguji Kyai. Malah repot lagi, nanti pengujinya??  'alim diuji malah repot lagi. Menurut saya, zaman akhir ya sudah seperti ini saja. Wes ben, lanaa a'maluna, wa lakum a'maalukum. 

Ini saya ingatkan ya, ahli kitab yang dipuji Alloh itu bukan ahli kitab yang kita jumpai sekarang. Itu beda sama sekali, faham nggih, beda sama sekali. Karena yang sekarang itu ngalami tasy... (banyak perubahan). Kulo woco maneh...

كذ ٰ⁠لك أنزلنا إلیك ٱلكتـٰب فٱلذین ءاتینـٰهم ٱلكتـٰب یؤمنون بهۦ ومن هـٰؤلاء من یؤمن بهۦ وما یجحد بـٔایـٰتنا إلا ٱلكـٰفرون
Surat Al Ankabut: 47

Kalau ahli kitab komen terhadap sesuatu, kowe pokok e ngomong, 

ولا تجـٰدلوا أهل ٱلكتـٰب إلا بٱلتی هی أحسن إلا ٱلذین ظلموا منهم وقولوا ءامنا بٱلذی أنزل إلینا وأنزل إلیكم وإلـٰهنا وإلـٰهكم و ٰ⁠حد ونحن لهۥ مسلمون
Surat Al Ankabut: 46

 ولا تصدقوهم ولا تكذبوهم في ذلك

wa laa tushoddiquuhum (lan ojo mbenerno sopo? siro kabeh. hum ing ahli kitab)
wa laa tukadzubuuhum (lan ojo nggorohno sopo? siro kabeh. hum ing ahli kitab)
fii dzalika (ing ndalem masalah mengkono2 kabeh)

Nah Ahli kitab komentar opo ae, kowe ojo muni iyo, ojo muni ora. Lak muni iyo, ngko nak ora. Lak muni ora? ngko nak iyo? Karena sama2 mungkin, mungkin benar, mungkin salah. 

وإلهنا وإلهكم واحد ونحن له مسلمون
lan pengeran kito
wa ilaahukum (lan Pengeran siro kabeh)
wahidun (siji) bi haqiqot..

Ini jelas kan, Ahli kitab Zaman Nabi itu, nabi masih bisa ngendikan...
وإلهنا وإلهكم واحد
Tuhan saya dan Tuhan kamu itu satu. 

Apa bisa orang nashroni kita omongi wa ilaahukum wahid? Lhaiya,...ahli kitab zaman dulu, Nabi masih bisa ngendikan....
وإلهنا وإلهكم واحد
Tuhan saya dan Tuhan kamu satu. Apa berani kamu ngomong sama kristen (trinitas) Tuhan saya dan Tuhan kamu satu?? Berani gak? iya apa gak? iyo molane ngaji. Kalau gak 'alim ora usah kecangkeman. Bukan saya merasa paling benar, gak. Setidaknya kulo luwih waras. Wong ayat iku dulu, wong ahli kitab sik kenek diomongi, 
وإلهنا وإلهكم واحد
Coba sekarang kata ilahunaa dibuang, ilaahukum wahid. Tuhan kamu? satu. Sekarang bisa gak? kamu ngomong gitu sama nashrani yang trinitas? Ilahukum wahid?

Endak...
Berubah Gak..? Dunyo iki? gak jawab saja. Rubah gak? dunyo iki? Dulu orang disebut Ulama itu kalau khatam bukhori. Kalau sekarang khatam jurumiyah disebut Ulama. Kulo jek eruh, definisi ulama dulu, pernah mengkhatamkan bukhori, pernah mengkhatamkan Muslim. Alhamdulillah sekarang definisi itu sekarang tidak ada. Coro ijek onok.. di diskualifikasi kabeh. Kena dis... Saiki khatam taqrib ae, kowe ora khatam. Tapi yo Alhamdulillah, mergo zaman akhir syaratnya banyak, gak ada yang berani jadi Kyai, malah repot sepi. Tapi ora usah ngaku ulama, pokok ndunyo (berubah). 

Nggih kulo baleni maleh nggih, kita dulu masih bisa ngomong ke mereka 

وإلهنا وإلهكم واحد
Tuhan kamu itu satu. Sekarang tidak bisa. Makanya dulu Nabi pede, ketika didawuhi Alloh..

قل یـٰأهل ٱلكتـٰب تعالوا إلىٰ كلمة سواء بیننا وبینكم ألا نعبد إلا ٱلله ولا نشرك بهۦ شیـٔا ولا یتخذ بعضنا بعضا أربابا من دون ٱلله فإن تولوا فقولوا ٱشهدوا بأنا مسلمون
Surat Ali 'Imron: 64

Masih ada bainanaa wa bainakum
Allaa na'buda illalloh. Ini kan jelas. 

قل یـٰأهل ٱلكتـٰب تعالوا إلىٰ كلمة سواء 
Ayo kita cari kalimat yang kita sepakati. Apa kalimat yang kita sepakati? 

Allaa na'buda ilalloh
Kita hanya punya Tuhan? Alloh.

Sekarang kalimat itu disepakati apa gak? enggak... karena mereka? trinitas. Dulu, orang2 masih ada kalimatin sawaa-in bainanaa wa bainakum. Ayo kita ke kalimat yang sama, antara kita dan kalian. yaitu...
 
Allaa na'buda illalloh. 
bahwa kita hanya menyembah? kepada Alloh. 

Sekarang kalimat itu disepakati apa gak? enggak. Rubah gak? ndunyo? Berubah sekali, gak sekedar berubah. Lalu orang2 liberal dengan seenaknya mengatakan nashroni itu juga sering dipuji Tuhan. Ayatnya ini, ini.... kulo krungu niku, ape ngamuk, wong bodo.. Ora ngamuk... cek goblok e.. Molane kulo seneng ono sampeyan, ono sing ngandel aku, kenek ngge rame2. Tapi kulo yakin bener, artinya yakin bener tadi nggih, pokok e sampeyan tak omongi, kalau ada nashoro dipuji Alloh, itu nashoro yang masih orisinil, yang belum (melakukan) trinitas. Wes eling2 nggih, kulo suwun niku kuncine. Kalau ada nashrani yang dikritik Alloh, berarti 


لقد كفر ٱلذین قالوا إن ٱلله ثالث ثلـٰثة وما من إلـٰه إلا إلـٰه و ٰ⁠حد 
وإن لم ینتهوا عما یقولون لیمسن ٱلذین كفروا منهم عذاب ألیم
Surat Al Maidah 73

Jadi ada tiga nashroni, 
nashroni yang dipuji, di akhir Juz 6 dan awal Juz 7. Faham nggih... eling2 nggih. Akhir juz 6, awal juz 7. 

Terus nashroni yang trinitas, yaitu 

لقد كفر ٱلذین قالوا إن ٱلله ثالث ثلـٰثة وما من إلـٰه إلا إلـٰه و ٰ⁠حد 
وإن لم ینتهوا عما یقولون لیمسن ٱلذین كفروا منهم عذاب ألیم
Surat Al Maidah 73
Tentu itu salah sekali

Terus nashroni yang hullul dan ittihad, yang mengatakan Yesus itu tuhan. 

لقد كفر ٱلذین قالوا إن ٱلله هو ٱلمسیح ٱبن مریم
Surat Al Maidah 17 
Surat Al Maidah 72

Berarti ada berapa? nashrani? ada tiga. Kalau kadang di Quran dzohire ada nashroni yang dipuji itu nashroni yang belum? melakukan perubahan. Yaitu yang di akhir juz 6, dan awal juz 7. Catet... lak ora iso, faham nggih, akhir juz 6, awal juz 7. Pokok e ngono, awas lak salah. 

Comments