Skip to main content

Surat Al Furqon ayat 48 | I'robul Quran, Tafsir Jalalain | Catatan Ngaji Gus Baha


Ini merupakan kajian Tafsir Jalalain yang (kami dengar) dari pengajian gus baha, yang kemudian kami tuliskan transkripnya. Sehingga kita lebih mudah mempelajarinya, dan mengingatnya. NOTE: Untuk terjemah, bisa lihat ditulisan warna merah ya, karena kami sengaja menampilkan teks dalam bahasa jawa, agar bagi yang belum tahu, bisa nambah juga, kosa kata bahasa jawa. Sedangkan teks bahasa Indonesia warna biru, adalah tambahan dari kami

Semoga bermanfaat ya.. temen2. Kalau ada koreksi, silahkan tinggalkan di komentar, agar menjadi kebaikan kita bersama. Aamiin...



Bismillahirrohmanirrohim

وهو ٱلذی أرسل ٱلریـٰح بشرا بین یدی رحمته وأنزلنا من ٱلسماء ماء طهورا

Surat Al Furqon: 48

وهو الذي أرسل الرياح وفي قراءة الريح 

بشرا بين يدي رحمته
 متفرقة قدام المطر وفي قراءة بسكون الشين تخفيفا
وفي أخرى بسكونها ونون مفتوحة مصدر
وفي أخرى بسكونها وضم الموحدة بدل النون
أي مبشرات ومفرد الأولى نشور كرسول والأخيرة بشير
 

وأنزلنا من السماء ماء طهورا
مطهرا

Tafsir Jalalain Surat Al Furqon: 48


وهو الذي أرسل الرياح

wa huwa  (utawi Alloh Ta'alaa) 

-utawi Kode MUBTADA

-adapun/bermula

----

iku Alladzi (Dzat)

iku Kode  KHOBAR

- adalah/itu


----

arsala (engkang nglepas/ngutus, sopo? ladzi)

-engkang Kode Shilatul maushul

- yang 

-sopo? Kode fa'il

- siapa?


---

Ar Riyaaha (ing piro2 angin)

ing Kode Maf'ul bih

- akan

- piro2 Kode jamakAngin dalam bentuk jamak.

-"beberapa"



وفي قراءة الريح

wa fii qiro-atin 

(di sebagian qiroat membaca)

Ar Riihaa (angin) -mufrod -dalam bentuk TUNGGAL (bukan Jamak)



بشرا بين يدي رحمته

Macam2 model qiro-at (bacaanya). Kita tahu, bahwa dulu awal2 Al Quran turun, lafadz yang tertulis dalam bahasa arab itu tanpa titik. Sehingga... bisa saja ada kemungkinan lafadz baa, itu ada yang menafsiri dengan huruf nun. TENTU ini berdasarkan riwayat, terutama di riwayat qiro-ah sab'ah. 

Busyron - بشرا

Nusyron - نشرا  

nusyron dengan mensukun pada huruf syin nya,
karena takhfif (meringankan bacaan)

Nasyron - نشرا

Nusyuron - نشرا



Busyron - Hale engkang dadi berita gembira

- hale Kode Hal

- dalam keadaan


utowo "atau" Nusyuron 

-Hale engkang nyebarno


baina yadai rohmatihi 

ono ing ngarepe sak durunge rohmate Alloh. Maksude ono ing ngarepe sak durunge ngarepe rohmate Alloh Maksude Udan niku lho.

Ada di depan, maksudnya sebelum datangnya Rohmat Alloh (hujan)



متفرقة قدام المطر 

ai Mutafarriqotan (maksude den utus kelawan bedo2)

-maksudnya diutus dengan berbeda2


قدام المطر 

qudamal mathori (ono ing sedurunge udan)

- ngarepe udan/ muqodimahe udan iku ono angin

- di depan hujan / sebelum hujan (ada angin)



Pakai bacaan NUSYRON

وفي قراءة بسكون الشين تخفيفا 

wa fii qiroatin bis sukuuni sin takhfiifan 

kelawan sukune sin

-dengan mensukun sin nya.. sehingga dibaca nusyron


Pakai bacaan NASYRON

وفي أخرى بسكونها ونون مفتوحة مصدر

wa fii ukhro bisukunhaa, fathi nuun 

- Nasyron 

- mashdaron (dianggap sebagai MASHDAR)

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2...



Pakai bacaan BUSYRON

وفي أخرى بسكونها وضم الموحدة بدل النون: أي مبشرات 

wa fii ukhoro bi sukunihaa (kelawan sukune sin). 

wa dhommil muwahadah badalan nun (gentine nun) 

Qiro-ahe kito "qiroatnya kita" pakai 

busyron


Dadi lak sab'ah iku, nusyuron kalian nasyron. Terus lak qiroahe kito nopo? busyron. Dadi wa dhommil muahhadah dhommahe ba (titik sitok). busyron badalan nun, dadi mboten nusyuron tapi nopo? busyron. 


Mubasyirotin

tegese angin itu gae berita gembira


ومفرد الأولى نشور كرسول والأخيرة بشير

Wa mufrodul ula (utawi sing mufrode pertama)

iku nusyuurنشور 

Nusyuur iku kar rosuulin, 


Rosuul - Rusul (mufrod - Jamak)

Nusyuur - nusyur (mufrod - Jamak)


wal akhiro utawi mufrode sing akhir, 

basyiir

basyiir - busyran (mufrod - Jamak)

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2...



وأنزلنا من ٱلسماء ماء طهورا

Wa anzalnaa (lan nurunno, sopo? insun) 

minas samaa-i (saking langit) 

ingsun nuruno maa-an 

(ing banyu), 

thohuuron kang suci. 

Muthohhiron, tegese kang nyucekno. 


Wes pokok e anut ngono ae, wes nyucikno yo nyucikno. Ora ono banyu najis. Dadi kulo terangno nggih, banyu niku ora iso najis. Wes pokok e banyu iku nyucekno, dadi ora iso nopo? Najis. 

Tapi kalau dalam madzhab Syafi'i itu air yang tidak sampai dua kullah. Dua kullah, ukuran seperempat itu, kira2 satu meter, berarti nopo? kiri kanan atas bawah niku nopo? satu meter. Niku mpun dua nopo? kullah. Niku lek  coro imam Asy Syafi'i, air sebelum dua kullah, itu kena najis sedikit, berubah atau gak berubah najis. 

Tapi kalau terlalu banyak, meskipun kena macem2 tidak najis. Terus... illa maa taghoyyaro kecuali yangberubah. Jadi misale ada kubangan besar, yang beribu2 liter, tapi kok warnanya sudah warna coklat, kayak tinja macem2 niku dihukumi nopo? Najis. Dadi wes macem2 lah, madzhab di dalam air. Tapi saya pastikan, itu madzhab ulama. 

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2...


Kalau teks haditsnya begini, Monggo lek sampeyan latihan ijtihad,  menyesatkan... yo ra popo, wong sing penting latihan. Jadi di Madinah, ini hadits di Musnad Imam Ahmad, jadi di madinah itu ada sumur, bukan sungai lho, saya ulangi lagi, sumur, bukan sungai. 



Comments