Skip to main content

Surat Al Furqon ayat 49 | I'robul Quran, Tafsir Jalalain | Catatan Ngaji Gus Baha


Ini merupakan kajian Tafsir Jalalain yang (kami dengar) dari pengajian gus baha, yang kemudian kami tuliskan transkripnya. Sehingga kita lebih mudah mempelajarinya, dan mengingatnya. 


NOTE: Untuk terjemah, bisa lihat ditulisan warna merah ya, karena kami sengaja menampilkan teks dalam bahasa jawa, agar bagi yang belum tahu, bisa nambah juga, kosa kata bahasa jawa. Sedangkan teks bahasa Indonesia warna biru, adalah tambahan dari kami.

 

Semoga bermanfaat ya.. temen2. Kalau ada koreksi, silahkan tinggalkan di komentar, agar menjadi kebaikan kita bersama. Aamiin...



Bismillahirrohmanirrohim

لنحـی به بلدة میتا ونسقیه مما خلقنا أنعـٰما وأناسی كثیرا

Surat Al Furqon: 49


لنحيي به بلدة ميتا بالتخفيف يستوي فيه المذكر والمؤنث ذكره باعتبار المكان ونسقيه أي الماء مما خلقنا أنعاما إبلا وبقرا وغنما وأناسي كثيرا جمع إنسان وأصله أناسين فأبدلت النون ياء وأدغمت فيها الياء أو جمع إنسي

Tafsir Jalalain Surat Al Furqon: 49


--

linuhyiya (supoyo maringi urip "supaya memberikan hidup", sopo? ingsun "siapa? Kami")

Supoyo - KODE Lam Kay

siapa? -KODE Fa'il (SUBJEK)


bihi (sebab anane banyu "sebab adanya air")

baldatan (ing "akan" daerah)

akan - KODE Objek


mayyitan (kang "yang" mati)

yang -KODE sifat 


بالتخفيف يستوي فيه المذكر والمؤنث ذكره باعتبار المكان

yastawi (podo) 

fihi (ing ndalem dawuh mayyitan) 

mudzakkaro - dimudzakarno sopo? Alloh Swt.

dzikruhu (ing dawuh mayyitan)

bi i'tibaril makaani (kelawan diitung tempat)

niki masalah nahwu,


wa nusqiyahu (lan nyirami "dan menyirami"sopo? ingsun "siapa? Aku")

hu (ing banyu)

dan - KODE wawu athof

siapa? - KODE Fa'il


 أي الماء

ail maa (tegese banyu "maksudnya air")

maksudnya, dhomir hu, itu menggantikan penyebutan maa (air)


mimmaa (saking perkoro "dari perkara")

kholaqnaa (kang wes nggawe, sopo? insun "yang sudah menciptakan, siapa? Aku")


insun nggawe siraman "Aku membuat penyiraman"

an'aman (ing piro2 rojo koyo

piro2 ibilan tegese unto, 

wa baqoron lan sapi, 

wa ghonaman lan wedus. 


wa anaasiya (lan piro2 menungso)

katsiro (kang akeh)


Iki unike Al Quran, kadang kewan mbek menungso iku dibahas disek kewane. Jadi lak istilah resmine Pengeran, Aku lak nguripno bumi yo nganggo lantaran banyu. Jadi ojo mbok soal, Pengeran kok butuh lantaran? Duh wes repot.. wong Alloh dewe teng quran, aku lek nguripno bumi, (lantaran) banyu. Ora usah mbok jerok2no, Pengeran kok butuh lantaran? ora nggawe lantaran lah yo iso, tapi Alloh lak nggawe lantaran yo oleh ae. Alloh kok nganggo wasilah? loh malah kacau... Wes ora usah ngono2 nan, ora usah mbok pikir, pokok e quran iku diwoco, ora usah mbok pikir, mpun... iman ngoten mawon mpun. kok repot... Iman ngoten mawon...

Jadi sampeyan jangan ngomong, Alloh kalau menghidupkan bumi butuh air ya kliru, Alloh itu tidak butuh apa2, tapi kalau Alloh punya sunnah punya 'adad menghidupkan bumi itu pakai air, ya Alloh jangan kamu atur,  wong kowe ora Pengeran, kok ngatur? Itu kan ada cerita2 di kitab2 itu termasuk di ihya itu. Nabi musa itu sok debat Alloh, jadi gak mau minum obat membutuhkan bahwa Alloh itu tidak butuh wasilah. Al Aqoqir itu apa? obat2an yang dari herbal itu namanya apa? Al Aqoqir. 


Comments