Skip to main content

Healthy Anger - Dr Gabor Mate

 

Thank you so much for your important work and your talk, Dr Gabor Mate. my name is Hoon John Kim my question is if you could share more about healthy anger and potentially share some specific examples,

how we can  express anger in a more healthy way?


Terima kasih banyak atas penjelasan dan kuliahmu, Aku Hoon John Kim, pertanyaanku adalah jika kau dapat berbagi lebih banyak tentang EMOSI yang sehat dan tentunya kau bisa berbagi beberapa contoh spesifik tentangnya.

Bagaimana kita dapat mengekspresikan EMOSI dengan cara yang lebih sehat?



Got it,

Do you mind participating in an experiment with me , right now? Sure 

It's going to get you angry

Apakah kau keberatan berpartisipasi dalam eksperimen denganku, sekarang? 

Tentu saja mau..

Tapi ini mungkin akan membuatmu marah.


Okay I'll try 

Okay good, how do you feel about the distance between you and I right now? if I give the rest of my talk from up here, is that okay with you? 

It's okey but it’s not ideal,

No but it is it okay with you? that you stood there and I stood here is that okay? 

I'm fine with it, 

Okay you're fine with it. 


Oke aku akan mencobanya. 

Bagus, bagaimana perasaanmu tentang jarak antara kamu dan aku sekarang? Jika aku memberikan sisa pembicaraanku dari atas sini, apakah itu baik-baik saja denganmu?

Tidak apa-apa, tapi tidak ideal, tapi ini

Tidak, tapi apakah tidak apa-apa denganmu? Bahwa kamu berdiri di sana dan aku berdiri di sini? apakah itu baik-baik saja?

Aku baik-baik saja dengan itu,

Oke kamu baik-baik saja dengan itu.


Okay yeah Now how would you feel about it. Now if I stood one inch from your face and did the rest of my talk from there, how would you feel about? 

That would be too close

 

Now in this experiment where you're standing is your life, So you can't leave it..okay, this is your life. You can do whatever you need to, do but you can't leave it Okay.. So when I'm standing one inch from your face, you don't like it. 

What would you like to do about it? 

I can't leave where I am I guess I would

You can't leave 

Then I would try and have you move away from that 


Oke ya, sekarang bagaimana perasaanmu tentang itu. Sekarang jika aku berdiri satu inci dari wajahmu dan melakukan sisa pembicaraanku dari sana, bagaimana perasaanmu?

Itu akan terlalu dekat

Oke apa yang akan kamu ketahui dalam eksperimen ini?

Di mana kamu berdiri adalah hidupmu, Jadi kamu tidak bisa meninggalkannya..oke, ini adalah hidupmu. Kamu bisa melakukan apapun yang perlu kamu lakukan, tapi kamu tidak bisa meninggalkannya. Oke.. Jadi ketika saya berdiri satu inci dari wajahmu, kau tidak menyukainya. Apa yang ingin kau lakukan tentang itu?

Aku tidak bisa pergi di mana aku berada, aku kira kuakan melakukannya…

Kamu tidak bisa pergi

Lalu aku akan mencoba dan memintamu menjauh dari itu.


How would you try to do that. 

I would first ask you to moved 

Okay and I say very nice 

I don't care what you ask okay. Now what? 

I would not want to push you

you pushed you okay. 

Okay very good, as you're pushing me, what emotion do you think?  You'll be generating? fear and angerThat's healthy anger. Healthy anger is simply a boundary defense. It says you in my space, get out! That way, we don't have to fight. Because if  I heed your anger and I'll step away, okay. So healthy anger is just a bone. That's why your brain is wired for anger, okay? 

Now that's healthy anger. In general the role of the emotions is  to allow in. Like somebody else in your life, maybe 

  • your partner, 
  • or a spouse, 
  • or a child you might want to pick up even closer, 

You might want to hug them close, right? So the role of emotions in general is 

  • to invite in what is healthy and welcome and nurturing 
  • and to keep out, what is unwanted and hostile, 
right? you got that?


Bagaimana kau coba melakukan itu?

Ya pertama-tama, aku akan memintamu untuk pindah dulu.

Oke dan kukatakan… baiklah, aku tidak peduli apa yang kau minta oke. Sekarang apa?

Aku tidak ingin mendorongmu

Kamu mendorongmu oke,

Oke sangat bagus, (misal) jika kau mendorongku, emosi apa yang kau pikirkan? Emosi apa yang umum terjadi? Ketakutan dan kemarahan. Itu adalah Emosi yang sehat. Emosi yang sehat hanyalah batas pertahanan. Kau ada di ruangku, keluarlah! Dengan begitu, kita tidak perlu bertengkar. Karena jika aku memperhatikan emosimu dan aku akan menjauh, oke. Jadi kemarahan yang sehat hanya tentang mengapa otakmu terhubung untuk sebuah emosi, oke? 

Nah itu kemarahan yang sehat. Secara umum peran emosi adalah untuk mengizinkan sesuatu masuk orang lain dalam hidupmu, seperti

  • mungkin partner, 
  • atau pasangan, 
  • atau anak yang mungkin ingin kau angkat lebih dekat, 

Kau mungkin ingin memeluk mereka erat, bukan? Jadi peran emosi secara umum adalah untuk mengundang masuk..

Apa yang sehat dan diterima dan mengasuh dan untuk menjauhkan apa yang tidak diinginkan dan bermusuhan, benar kau mengerti.


Trick question what's the role of the immune system, it's exactly the same thing. 

  • To allow in what is healthy, you know healthy bacteria, nutrients, vitamins, so on.
  • Keep up what is unhealthy. 

The news is there are one system. When you're suppressing the one, you're suppressing the other. That's why people get autoimmune disease and a lot of malignancies. Now that's healthy anger is a boundary defense. It's like an emotion in immune system, keep out. 

Unhealthy anger then there's the repression of anger where it's  so deep you can't even generate it, that's what leads to all kinds of stress and illness. But then there's unhealthy anger which is not based on boundary defense in the present moment, but something about some hurt being triggered from the past. And then healthy anger once you express it and it's done its job of protecting your boundaries is over. When it's  done its job it's gone. You don't have to keep Raging about something. It’s done its  job. 

Unhealthy Rage which by the way is also a risk factor for heart disease and strokes and high blood pressure. Unhealthy rage keeps on going and growing and  growing and growing regardless of the stimulus. So that's the distinction between healthy anger and unhealthy anger, fair enough?


Pertanyaan trik Apa peran sistem kekebalan tubuh itu persis hal yang sama untuk memungkinkan dalam apa yang sehat. Kamu tahu sehat

  • Bakteri
  • Nutrisi
  • Vitamin
  • Seterusnya

Apa yang tidak sehat?


Beritanya ada satu sistem. Ketika kau menekan yang satu, menekan yang lain. Itu sebabnya orang mendapatkan penyakit autoimun dan banyak keganasan sekarang kemarahan yang sehat adalah pertahanan batas, itu seperti sistem kekebalan emosional, jauhi. Kemarahan yang tidak sehat, maka ada represi kemarahan di mana itu begitu dalam. Kau bahkan tidak dapat menghasilkannya itulah yang mengarah ke semua jenis stres dan penyakit tetapi kemudian ada kemarahan yang tidak sehat yang tidak didasarkan pada pertahanan batas pada saat ini tetapi sesuatu tentang beberapa rasa sakit yang dipicu dari masa lalu dan kemudian kemarahan yang sehat setelah kau mengekspresikannya. Dan itu dilakukan tugasnya untuk melindungi batas-batasku berakhir, ketika selesai tugasnya itu hilang. Kau tidak harus menyimpan.

Mengamuk tentang sesuatu telah melakukan tugasnya. Kemarahan tidak sehat yang omong-omong juga merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke dan tekanan darah tinggi. Kemarahan yang tidak sehat terus berlanjut dan tumbuh dan tumbuh dan tumbuh terlepas dari stimulusnya. Jadi itulah perbedaan antara kemarahan yang sehat dan kemarahan yang tidak sehat. Cukup adil?


That's very clarifying, it's a way to think of it and sort of a real-time boundary defense is kind of expressing your anger and letting that out in a healthy way.

Okay thank you 

Itu sangat memperjelas, ini adalah cara untuk memikirkannya dan semacam pertahanan batas real-time adalah mengekspresikan kemarahan Anda dan membiarkannya keluar dengan cara yang sehat.

Oke terima kasih


Thank you we just have time for one more so sorry we can't get to everybody but we have time for one more 

Thank you so much Dr Gabor Mate, my name is Heather and I'm from Minnesota. 

I'm really interested in applying your ideas at a systems level on what Health Care in this  country is in crisis. And there are many reasons  for that but in my viewpoint something that's not talked about so often, is because the Health Care System itself is trauma organized. And also because many of the human aspects of healing the relational aspects of healing have sort of been pushed into the corners of the room. 

And so I'm  curious If you were to take a systems lens, how would you approach healing a trauma-organized Health Care system.


Terima kasih, kami hanya punya waktu untuk satu lagi. Jadi maaf kami tidak bisa memberi kesempatan semua orang, tapi kami punya waktu untuk satu lagi.

Terima kasih banyak, Dr. Gabor Mate, nama saya Heather dan aku dari Minnesota. Aku sangat tertarik untuk menerapkan ide-idemu di tingkat sistem tentang apa Perawatan Kesehatan di negara ini dalam krisis dan ada banyak alasan untuk itu. Tetapi dalam sudut pandangku sesuatu yang tidak sering dibicarakan, adalah karena Sistem Perawatan Kesehatan itu sendiri adalah Trauma yang terorganisir dan juga karena banyak aspek manusia dari penyembuhan aspek relasional penyembuhan telah didorong ke sudut-sudut ruangan.

Dan jadi aku penasaran Jika kau mengambil sistem lesa. Bagaimana kau akan mendekati penyembuhan sistem Perawatan Kesehatan yang terorganisir trauma.


So let me tell you a few things. Somebody once said how do you  organize a cult how do you create a cult. Well you give them a special jargon and  a uniform. You sleep defy them you separated from their families and you put them under Authority and leaders in other words you send them to medical school okay. Go to school is very traumatizing for a lot of people. That's the first fact that I'll tell you. 

The second fact, I'll tell you there's something called actually Elisa Apple who's a dear friend and I don't know if she's here at night but she's speaking at the conference, in the next day or two. And Elisa has  done a lot of work on telomeres. And telomeres are she'll talk about it much more articulately but  their their structures at the end of chromosomes that keep the chromosomes together. And the longer  that they are the healthier the chromosome and as we get older they they fade they get you know the telomere is free and so do we you know and but stress also shortens the telomeres. 

They looked at the telomeres of medical residents and other people the same age and in one year the medical residents they lost a lot more length in their telomere than other people their age. So we're talking about a highly stressed profession.

Jadi izinkan aku memberitahumu beberapa hal yang pernah dikatakan seseorang. Bagaimana kau mengatur kultus, Bagaimana kau membuat kultus. Nah kau memberi mereka jargon khusus dan seragam kau tidur kau tidur menentang mereka. kau dipisahkan dari keluarga mereka dan kau menempatkan mereka di bawah Otoritas dan pemimpin. Dengan kata lain kau mengirim mereka ke sekolah kedokteran oke. Pergi ke sekolah sangat traumatis bagi banyak orang. Itu fakta pertama yang akan saya ceritakan.

Fakta kedua, aku akan memberitahumu bahwa sebenarnya ada sesuatu yang disebut Elisa Apple yang merupakan teman baik, dan aku tidak tahu, Apakah dia ada di sini pada malam hari tetapi dia berbicara di konferensi, pada satu atau dua hari berikutnya. Dan Elisa telah melakukan banyak pekerjaan pada telomer. Dan telomer adalah dia akan membicarakannya dengan lebih jelas tetapi struktur mereka di ujung kromosom yang menjaga kromosom tetap bersama. Dan semakin lama mereka semakin sehat kromosomnya dan seiring bertambahnya usia mereka memudar mereka membuat Anda tahu telomer gratis dan begitu juga kami tahu dan tetapi stres juga mempersingkat telomer.

Mereka melihat telomere penghuni medis dan orang lain seusia dan dalam satu tahun penghuni medis mereka kehilangan lebih banyak panjang telomere mereka daripada orang lain seusia mereka. Jadi kita berbicara tentang profesi yang sangat stres.


Number three some studies have indicated that the highest level of empathy and compassion that medical students have is right before their training. So you've got kind of a system, you could say is designed that way, but it's not  that it's consciously designed that way. Systems kind of design themselves that's kind of surgery this system generates itself to generate profit, and to generate power, that's the essence of  it. 


Nomor tiga beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat empati dan kasih sayang tertinggi yang dimiliki mahasiswa kedokteran tepat sebelum pelatihan mereka. Jadi Anda memiliki semacam sistem, Anda bisa mengatakan dirancang seperti itu, tetapi bukan karena secara sadar dirancang seperti itu. Sistem semacam mendesain sendiri itu semacam operasi sistem ini menghasilkan dirinya sendiri untuk menghasilkan keuntungan, dan untuk menghasilkan kekuatan, itulah intinya.


If you want a system that generates power and profit you're gonna not gonna train medical students in trauma because this you know if you come to me with depression and I say hey you got a problem with lack of serotonin in your brain and I'm going to give you Prozac which will elevate your serotonin level. That takes me two  minutes. 20 milligrams a day come back in a month. 

But if I had to talk to you about why you  depressed your emotions in the first place in your family or virgin I'm going to spend time with you. Not very profitable… even if I had the inside.


Jika kau menginginkan sistem yang menghasilkan kekuatan dan keuntungan, kau akan memperlakukanmu tidak akan melatih mahasiswa kedokteran dalam trauma, karena ini kau tahu jika kau datang kepadaku dengan depresi. Dan aku katakan hei kau punya masalah dengan kekurangan serotonin di otakmu. Dan aku akan memberimu Prozac yang akan meningkatkan tingkat serotoninmu. Itu membutuhkan waktu dua menit. 20 miligram sehari kembali dalam sebulan. Tetapi jika aku harus berbicara denganmu tentang mengapa kau menekan emosimu di tempat pertama dalam keluarga. Atau perawanmu, aku akan menghabiskan waktu bersamamu. Tidak terlalu menguntungkan bahkan jika aku memiliki bagian dalam.


So what you're asking me is how do you create sanity inside a system that is designed for power and profit. Well this is a political question it's not a medical question, it's not a health question. And some people are making beautiful initiatives here and there create 

  • community-based Healthcare,
  • patient-empowered Healthcare, 
  • multi-disciplinary Health Care,

but as a system as a whole, the people that have and wield the power and who Garner the profits, and they're the ones who have the ears  of the well not the ears the pocketbooks the politicians the same thing you know politician here stood their pocketbooks and  they enjoyed it. That’s will be the challanges.

Comments