Skip to main content

Prof Jonathan Gruber - Start to learn economics

 

This is 1401, microeconomics. I'm Professor John Gruber. I think personally what makes economics most exciting is you can use it to think intelligently about the problems that policymakers face every day as they try to decide how to make the economy work the best for its citizens. 

In fact, I teach a whole course about this called 1441. But I'm gonna bring some of those insights into this class and use policy-based examples and things like that to try to motivate and organize our thinking about economics. Lastly, three points about my teaching style. First of all, I don't write everything on the board. For the freshmen here, we're not in high school anymore. You need to pay attention and listen to what I say, not just what I write. So it's important to remember that. The second point is, as you can tell, I talk really fast and my handwriting is really bad. So please don't be afraid to ask "what the hell" I just said or wrote. If you don't know, chances are at least 40% of the class doesn't know either. 

We'll learn later this semester about the concept of public good. A public good is something you do which has a personal cost and a social benefit. I understand raising your hand in a class as large as this can be intimidating. But remember, in doing so, you're not just helping yourself, you're helping your fellow classmates. So please don't lean and whisper loudly, what the hell did he just say, to the person next to you. Raise your hand and ask me. Because if you didn't understand, many other people didn't as well. More generally, it's hard to get class participation in a class this large, but I really encourage people to participate as much as possible. I've had, every single year, too little participation. So please follow up with questions, things like that. 


And then finally, the third point about my teaching style is have a bad tendency to use the term 'guys' in a gender neutral sense. So when I say guys, I don't mean men. I mean economic agents, people, everyone. And I'm sorry guys has a gendered word. Often, I don't mean it that way. It's just kind of an economist talk for economic agents, we call them guys. 


Ini adalah mata kuliah 1401, Mikroekonomi Saya Profesor John Gruber. Menurut saya pribadi, yang membuat ilmu ekonomi menjadi sangat menarik adalah karena kita bisa menggunakannya untuk memikirkan secara cerdas tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh para pembuat kebijakan setiap hari, ketika mereka mencoba mencari cara agar perekonomian bekerja sebaik mungkin bagi warganya. 

Bahkan, saya mengajar satu mata kuliah penuh khusus membahas hal ini yang bernomor 1441. Namun, saya akan membawa sebagian wawasan dari kuliah tersebut ke dalam kelas ini, dan menggunakan contoh-contoh berbasis kebijakan serta hal-hal sejenisnya untuk membantu memotivasi dan mengorganisasi cara kita berpikir tentang ekonomi.


Terakhir, ada tiga poin tentang gaya mengajar saya. Pertama, saya tidak akan menuliskan semuanya di papan tulis. Untuk mahasiswa baru, ini bukan lagi SMA. Kalian perlu memperhatikan dan mendengarkan apa yang saya katakan, bukan hanya yang saya tulis. Jadi, tolong diingat baik-baik.

Poin kedua, seperti yang kalian lihat, saya bicara sangat cepat dan tulisan tangan saya juga sangat jelek. Jadi, tolong, jangan takut untuk bertanya apa maksud saya barusan atau apa yang baru saja saya tulis. Jika kalian tidak mengerti, kemungkinan besar setidaknya 40% kelas juga tidak mengerti. Nanti di semester ini kita akan belajar tentang konsep barang publik. Barang publik adalah sesuatu yang kamu lakukan dengan biaya pribadi, tetapi membawa manfaat sosial. Saya mengerti, mengangkat tangan di kelas sebesar ini bisa terasa menakutkan. Tapi ingat, dengan bertanya, kamu tidak hanya membantu dirimu sendiri, tetapi juga membantu teman-temanmu di kelas. Jadi tolong, jangan hanya mencondongkan badan dan berbisik keras, "Apa sih maksudnya tadi?" ke teman di sebelahmu. Angkat tangan dan tanyakan pada saya. Karena jika kamu tidak mengerti, banyak orang lain juga tidak. Secara umum, agak sulit mendapatkan partisipasi kelas dalam kelas sebesar ini, tapi saya benar-benar mendorong kalian untuk berpartisipasi sebanyak mungkin. Saya tidak pernah mengalami satu tahun pun di kelas ini di mana partisipasi terasa berlebihan. Setiap tahun, yang terjadi justru partisipasi yang terlalu sedikit. Jadi, tolong jangan ragu untuk bertanya, menanggapi, dan sebagainya.

Terakhir, poin ketiga tentang gaya mengajar saya adalah saya punya "kebiasaan jelek" menggunakan kata "guys" dalam arti netral. Jadi ketika saya bilang "guys," saya tidak bermaksud hanya laki-laki. Saya maksudkan pelaku ekonomi, orang-orang, semuanya. Maaf kalau kata "guys" itu bernuansa gender, padahal saya tidak bermaksud demikian. Itu hanya semacam bahasa ekonom untuk menyebut pelaku ekonomi — kita sering menyebut mereka "guys."


x

Comments