Skip to main content

Posts

Pengaruh Bulan Purnama terhadap Kriminalitas?

Kejahatan Malam adalah pengaruh Bulan? (وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ) [Surat Al-Falaq 3] dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, _______ Kata Ghosiqin merujuk pada bulan (salah satunya) الغاسق أنَّهُ القَمَرُ، «رَوَتْ عائِشَةُ قالَتْ: نَظَرَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ إلى القَمَرِ، فَقالَ: اسْتَعِيذِي بِاللَّهِ مِن شَرِّهِ فَإنَّهُ الغاسِقُ إذا وقَبَ،» diriwayatkan Dari 'Aisyah rodhiyallohu 'anha Rosul Sholallohu 'alaihi wassalam melihat Bulan, kemudian berkata: ( Yaa 'Aisyah ) berlindunglah kepada Alloh dari keburukanya (bulan) karena bulan itu al ghosiqu idzaa waqob ( Hr. Tirmidzi 3288 ) 📚 Tafsir Ibnu Jauzi - Zaadul Masir 9/274 ________ coba deh lihat antara suami istri klau lg tengah bulan, apakah emosi lebih gampang tersulut?? termasuk mgkn inilah hikmah puasa ayamul bidh, dan berbekam pada tgl 17, 19, 21, dll...? Wallohu a'lam

Mimpi dan Takwil Mimpi - Part 2 ( Mimpi Yusuf)

وَفِي سِنِّ يُوسُفَ لَمّا رَأى هَذا المَنامَ ثَلاثَةُ أقْوالٍ: أحَدُها: سَبْعُ سِنِينَ. والثّانِي: اثْنَتا عَشْرَةَ سَنَةً. والثّالِثُ: سَبْعَ عَشْرَةَ سَنَةً. Usia yusuf ketika bermimpi, ada tiga pendapat mengenai hal ini. Ada yang mengatakan saat itu berusia 7 tahun, ada lagi 12 tahun , dan yang ketiga mengatakan saat itu berusia 17 tahun. 📚tafsir ibnu jauzi -qs.yusuf: 4 قَالَ أَبُو عُثْمَانَ النَّهْدِيُّ، عَنْ سُلَيْمَانَ كَانَ بَيْنَ رُؤْيَا يُوسُفَ وَتَأْوِيلِهَا أَرْبَعُونَ سَنَةً. قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ شَدَّادٍ: وَإِلَيْهَا يَنْتَهِي أَقْصَى الرُّؤْيَا ,عَنِ الْحَسَنِ: أُلْقِيَ يُوسُفُ فِي الْجُبِّ وَهُوَ ابْنُ سَبْعَ عَشْرَةَ سَنَةً Abu Usman An-Nahdi telah meriwayatkan dari Sulaiman, bahwa jarak masa antara mimpi Yusuf dan (kenyataannya) adalah empat puluh tahun. Abdullah ibnu Syaddad mengatakan bahwa masa itulah batas maksimal suatu mimpi bisa jadi (nyata). Riwayat dari Al Hasan usia yusuf saat dimasukkan ke dalam sumur adalah 17 tahun. 📚tafsir ibnu katsir -qs.yusuf: 1

Mimpi dan Takwil Mimpi - Part 1

Mimpi merupakan sesuatu yang mungkin setiap manusia pernah mengalaminya? Anda pernah pernah bermimpi? :) Salah satu referrensi yang Agung untuk mimpi adalah Al Quran Surat Yusuf. قَالَ مُحَمَّدٌ وَأَنَا أَقُولُ هَذِهِ قَالَ وَكَانَ يُقَالُ الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ حَدِيثُ النَّفْسِ وَتَخْوِيفُ الشَّيْطَانِ وَبُشْرَى مِنْ اللَّهِ (dari) Muhammad bin sirin: Mimpi itu ada tiga: Bisikan jiwa, teror dari setan, dan kabar gembira dari Alloh, 📚HR. Bukhori: 6499 قال رجل لابن سيرين: رأيتُ في المنام كأني أطير بين السماء والأرض؛ فقال: أراك تكثر الأماني Seorang lelaki berkata kepada Ibnu Sirin, Aku bermimpi seolah-olah diriku terbang diantara langit dan bumi. Ibnu Sirin berkata, “Kamu adalah lelaki yang banyak keinginannya”. 📚 Hilyah Auliya 2 / 278 Ibnu Sirin adalah "pakar" tafsir mimpi generasi setelah sahabat. ----------- بدأت السورة بذكر رؤيا، رآها الطفل الصغير، رؤيا واعدة بتحقق شيء له في المستقبل، ولما قص الطفل الرؤيا على أبيه بشره بالخير، وجرت للطفل أحداث متتابعة مفاجئة، استمرت سنوات ع

Walid bin Mughiroh | Kafir Quraisy memberikan komentar terhadap Al Quran

Walid bin Mughiroh Pesohor Kafir Quraisy, terpandang lagi memiliki kekayaan ( Dzu Malin) Termasuk Fushohaaul 'Arobi (orang yang fasih berbahasa arab) -nb: bisa diiibaratkan nahwu shorof, diluar kepala Ayah dari sahabat mulia, panglima perang islam terkemuka Kholid bin Walid rodhiyallohu 'anhu ---------- Suatu ketika Walid bin Mughiroh memberi komentar terhadap Al Quran yang pernah ia dengar dari Nabi Sholallohu 'alaihi wa sallam فوالله، ما فيكم من رجل أعلم بالأشعار مني، ولا أعلم برجزه، ولا بقصيده، ولا بأشعار الجن مني، والله، ما يشبه الذي يقول شيئًا من هذا، والله، إن لقوله الذي يقول حلاوة، وإن عليه لطلاوة، وإنّه لمثمر أعلاه، مغدق أسفله ، وإنه ليعلو وما يعلى، وإنه ليحطم ما تحته Demi Alloh! Tidak ada di tengah-tengah kalian orang yang lebih memahami syair Arab daripada aku. Tidak juga pengetahuan tentang rajazah dan qashidah -nya bahkan syair2 jin, yang (bisa) mengungguli diriku. Demi Alloh, Tapi apa yang diucapkan Muhammad itu tidak serupa dengan ini semua . Demi Alloh, Ap

Keluasan Surga dan Laranganya untuk Adam

Syaikh 'Abdul 'Aziz Ath Thorifi ‏الجنة حلال لآدم مع سعتها إلا شجرة واحدة فأشغل إبليس نفس آدم بها فضاقت الجنة بسعتها واتسعت الشجرة بضيقها كيف بإبليس مع دنيا ضيقة ومحرمات عدة Surga yang luas dengan berbagai kenikmatan halal untuk Adam. Kecuali satu pohon saja. Kemudian Iblis menyibukkan jiwa Adam (untuk fokus) dengan satu larangan tersebut. Surga yang luas jadi terasa (sempit), sebaliknya larangan mendekati pohon ( larangan yg sedikit) jadi terasa (berat). Lalu bagaimana (Tipu Daya) Iblis dengan dunia? Tempat yang (sempit) sementara laranganya berbilang? --------- Semoga Alloh memberikan taufiq kepada kita untuk menjalani kehidupan di dunia ini dengan sebaik baiknya. Amin..

Pekerjaan Para Nabi | Tafsir Al Baqarah Ruhul Bayan

Salah satu tafsir Surat Al Baqarah ayat 31 yaitu membahas tentang pekerjaan umat manusia. Semoga uraian ringkas ini membawa manfaat untuk kita semua, Amin. ..... وَعَلَّمَ ءَادَمَ ٱلۡأَسۡمَاۤءَ كُلَّهَا [Surat Al-Baqarah 31] قال بعض المفسرين علم الله آدم ألف حرف من المكاسب ثم قال: قل لأولادك إن أردتم الدنيا فاطلبوها بهذه الحرف ولا تطلبوها بالدين وأحكام الشرائع وكان آدم حراثا أي زراعا ونوح نجارا وإدريس خياطا وصلح تاجرا وداود زرادا و سليمان كان يعمل الزنبيل في سلطنته ويأكل من ثمنه ولا يأكل من بيت المال وكان موسى و شعيب و محمد صلى الله عليه وسلم رعاة Sebagian Pakar Tafsir mengatakan: Alloh Subhanahu Wa Ta'ala sudah mengajarkan kepada Nabi Adam seribu keahlian dalam usaha. Katakan kepada anak cucumu jika kalian menginginkan dunia maka carilah dengan keahlian ini, jangan kau mencari dunia dengan din dan hukum2 syari'at. Dulu Nabi Adam bercocok tanam (Petani), Nabi Idris (Penjahit), Nabi Sholih Pedagang , Nabi Dawud (Penenun), Nabi Sulaiman (Pembuat Periuk) di kerajaanya, dan

Berikan Jatah Bermain anak kalian | Usia Bermain anak-anak

Berikan Jatah bermain untuk anak-anak. Anak merupakan (perpanjangan) amal sholih kita, betapa tidak? karena memang anak akan mengambil banyak (manfaat) dari kebaikan2 yang kita tularkan kepadanya. Di Usia-usia awal kehidupanya, anak-anak memiliki kemampuan untuk menancapkan sebuah pondasi (pengertian) tentang pesan-pesan kehidupan yang pernah kita berikan.  Inilah yang menjadi (perpanjangan amal kita).  شكا بعضهم ابنا له كان كثير اللعب إلى بعض الصالحين وأتى به معه إليه فأخذ الصالح بيد الصبي  وقال: انطلق... العب فقال أبوه  :لماذا؟  فقال: دعه ينفض ما معه من اللعب...! الآن  ما زال أوانه وإلا رجع يطلبه في غير أوانه (الفوائد المختارة : 300 / تثبيت الفؤاد : 2\47) Seorang ayah mengaduh kepada salah seorang ulama sholih mengenai anaknya yang terlalu banyak bermain. Dia bawa anaknya. Orang sholih mengambil tangan anak dan bilang :  "ayo sana bermainlah nak" Ayah heran : "mengapa?" Orang sholih : "biarkkan dia menghabiskan naluri "bermain"nya sekarang  k