Skip to main content

Posts

Manzilatul Husni | Tempat Sedih | Madarijus Salikin

S E D I H  الناس منذُ خُلِقوا لم يزالوا مسافرين ، وليس لهم حطٌّ عن رِحالهم إلاَّ في الجنَّة أو النار Manusia sejak diciptakan, senantiasa menjadi musafir . Tidak ada batas akhir perjalananya, kecuali setelah dia Masuk Surga atau Masuk Neraka. 📚 Al Fawaid - Ibnul Qoyyim: 276 Dalam perjalananya, seseorang akan singgah di pos2 yg mesti dilalui. Di dalam Madarijus Salikin dijelaskan tentang pos2 yg dilalui musafir kehidupan, diantaranya Manzilatul Huzni (Tempat Sedih) ولهذا يقول أهل الجنة إذا دخلوها الحمد لله الذي أذهب عنا الحزن.. فهذا يدل على أنهم كان يصيبهم في الدنيا الحزن  Calon Penghuni Surga jika mereka telah memasuki surga, berkata: Segala puji bagi Alloh yang telah menghilangkan kesedihan dari kami... Surat Faathir: 34  ini menunjukkan bahwa mereka dulu di dunia juga merasakan kesedihan. ولم يأت الحزن في القرآن إلا منهيا عنه ، أو منفيا . Setiap ada pembahasan tentang sedih  di dalam Al Quran, hanya ada dua hal yaitu: melarangnya (janganlah engkau bersedih) atau menafikannya (ti

Nama yang Baik | Harapan yang baik | Motivasi yang baik

Nama mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap benda (mati) maupun makhluk hidup. Mungkinkah ini seperti sebuah   do'a  yang diulang-ulang si empunya nama? Maka jika nama itu jelek akan terus menerus dipanjatkan untuknya? Semoga uraian tentang nama ini mampu memberi sedikit gambaran tentang betapa berartinya sebuah nama untuk seseorang, bahkan untuk benda yang kita sayangi. Semoga bermanfaat. حَدَّثَنِي مَالِك عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِلَقْحَةٍ تُحْلَبُ  مَنْ يَحْلُبُ هَذِهِ فَقَامَ رَجُلٌ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا اسْمُكَ فَقَالَ لَهُ الرَّجُلُ مُرَّةُ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اجْلِسْ   Telah menceritakan kepadaku Malik dari Yahya bin Sa'id (114H) bahwa Rasululloh ﷺ  berkata tentang (laq-hah) unta perahan. "Siapa yang akan memerahnya?" Lalu berdirilah seorang laki-laki, Rasululloh ﷺ bertanya: "Siapa namamu?" laki-l

Bala antara Anugerah dan Ujian | Ibtilaa

U J I A N Bala - Ibtilaa : antara Anugerah dan Ujian عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ Dari Abu Huroiroh, dari Nabi Sholallohu 'alaihi was sallam bersabda, mintalah perlindungan kepada Alloh dari beratnya ujian (jahdil bala') , kesengsaraan yang hebat, dari qodho yang buruk, dan dari kegembiraan (musuh). 📚 Shahih Bukhori 6126 وإذا قيل: ابْتَلَى فلان كذا وأَبْلَاهُ فذلك يتضمن أمرين: أحدهما *تعرّف حاله والوقوف على ما يجهل من أمره*، والثاني *ظهور جودته ورداءته*، وربما قصد به الأمران، وربما يقصد به أحدهما، فإذا قيل في الله تعالى: بلا كذا وأبلاه فليس المراد منه إلا ظهور جودته ورداءته، دون التعرف لحاله، والوقوف على ما يجهل من أمره إذ كان الله علّام الغيوب Roghib Al Asfahani (502H) : Jika dikatakan (manusia) menguji orang lain, maka hal ini akan berkaitan dengan dua hal, yang pertama : untuk mengetahui keadaan orang yang diuji, yang

Pengaruh Bulan Purnama terhadap Kriminalitas?

Kejahatan Malam adalah pengaruh Bulan? (وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ) [Surat Al-Falaq 3] dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, _______ Kata Ghosiqin merujuk pada bulan (salah satunya) الغاسق أنَّهُ القَمَرُ، «رَوَتْ عائِشَةُ قالَتْ: نَظَرَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ إلى القَمَرِ، فَقالَ: اسْتَعِيذِي بِاللَّهِ مِن شَرِّهِ فَإنَّهُ الغاسِقُ إذا وقَبَ،» diriwayatkan Dari 'Aisyah rodhiyallohu 'anha Rosul Sholallohu 'alaihi wassalam melihat Bulan, kemudian berkata: ( Yaa 'Aisyah ) berlindunglah kepada Alloh dari keburukanya (bulan) karena bulan itu al ghosiqu idzaa waqob ( Hr. Tirmidzi 3288 ) 📚 Tafsir Ibnu Jauzi - Zaadul Masir 9/274 ________ coba deh lihat antara suami istri klau lg tengah bulan, apakah emosi lebih gampang tersulut?? termasuk mgkn inilah hikmah puasa ayamul bidh, dan berbekam pada tgl 17, 19, 21, dll...? Wallohu a'lam

Mimpi dan Takwil Mimpi - Part 2 ( Mimpi Yusuf)

وَفِي سِنِّ يُوسُفَ لَمّا رَأى هَذا المَنامَ ثَلاثَةُ أقْوالٍ: أحَدُها: سَبْعُ سِنِينَ. والثّانِي: اثْنَتا عَشْرَةَ سَنَةً. والثّالِثُ: سَبْعَ عَشْرَةَ سَنَةً. Usia yusuf ketika bermimpi, ada tiga pendapat mengenai hal ini. Ada yang mengatakan saat itu berusia 7 tahun, ada lagi 12 tahun , dan yang ketiga mengatakan saat itu berusia 17 tahun. 📚tafsir ibnu jauzi -qs.yusuf: 4 قَالَ أَبُو عُثْمَانَ النَّهْدِيُّ، عَنْ سُلَيْمَانَ كَانَ بَيْنَ رُؤْيَا يُوسُفَ وَتَأْوِيلِهَا أَرْبَعُونَ سَنَةً. قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ شَدَّادٍ: وَإِلَيْهَا يَنْتَهِي أَقْصَى الرُّؤْيَا ,عَنِ الْحَسَنِ: أُلْقِيَ يُوسُفُ فِي الْجُبِّ وَهُوَ ابْنُ سَبْعَ عَشْرَةَ سَنَةً Abu Usman An-Nahdi telah meriwayatkan dari Sulaiman, bahwa jarak masa antara mimpi Yusuf dan (kenyataannya) adalah empat puluh tahun. Abdullah ibnu Syaddad mengatakan bahwa masa itulah batas maksimal suatu mimpi bisa jadi (nyata). Riwayat dari Al Hasan usia yusuf saat dimasukkan ke dalam sumur adalah 17 tahun. 📚tafsir ibnu katsir -qs.yusuf: 1

Mimpi dan Takwil Mimpi - Part 1

Mimpi merupakan sesuatu yang mungkin setiap manusia pernah mengalaminya? Anda pernah pernah bermimpi? :) Salah satu referrensi yang Agung untuk mimpi adalah Al Quran Surat Yusuf. قَالَ مُحَمَّدٌ وَأَنَا أَقُولُ هَذِهِ قَالَ وَكَانَ يُقَالُ الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ حَدِيثُ النَّفْسِ وَتَخْوِيفُ الشَّيْطَانِ وَبُشْرَى مِنْ اللَّهِ (dari) Muhammad bin sirin: Mimpi itu ada tiga: Bisikan jiwa, teror dari setan, dan kabar gembira dari Alloh, 📚HR. Bukhori: 6499 قال رجل لابن سيرين: رأيتُ في المنام كأني أطير بين السماء والأرض؛ فقال: أراك تكثر الأماني Seorang lelaki berkata kepada Ibnu Sirin, Aku bermimpi seolah-olah diriku terbang diantara langit dan bumi. Ibnu Sirin berkata, “Kamu adalah lelaki yang banyak keinginannya”. 📚 Hilyah Auliya 2 / 278 Ibnu Sirin adalah "pakar" tafsir mimpi generasi setelah sahabat. ----------- بدأت السورة بذكر رؤيا، رآها الطفل الصغير، رؤيا واعدة بتحقق شيء له في المستقبل، ولما قص الطفل الرؤيا على أبيه بشره بالخير، وجرت للطفل أحداث متتابعة مفاجئة، استمرت سنوات ع

Walid bin Mughiroh | Kafir Quraisy memberikan komentar terhadap Al Quran

Walid bin Mughiroh Pesohor Kafir Quraisy, terpandang lagi memiliki kekayaan ( Dzu Malin) Termasuk Fushohaaul 'Arobi (orang yang fasih berbahasa arab) -nb: bisa diiibaratkan nahwu shorof, diluar kepala Ayah dari sahabat mulia, panglima perang islam terkemuka Kholid bin Walid rodhiyallohu 'anhu ---------- Suatu ketika Walid bin Mughiroh memberi komentar terhadap Al Quran yang pernah ia dengar dari Nabi Sholallohu 'alaihi wa sallam فوالله، ما فيكم من رجل أعلم بالأشعار مني، ولا أعلم برجزه، ولا بقصيده، ولا بأشعار الجن مني، والله، ما يشبه الذي يقول شيئًا من هذا، والله، إن لقوله الذي يقول حلاوة، وإن عليه لطلاوة، وإنّه لمثمر أعلاه، مغدق أسفله ، وإنه ليعلو وما يعلى، وإنه ليحطم ما تحته Demi Alloh! Tidak ada di tengah-tengah kalian orang yang lebih memahami syair Arab daripada aku. Tidak juga pengetahuan tentang rajazah dan qashidah -nya bahkan syair2 jin, yang (bisa) mengungguli diriku. Demi Alloh, Tapi apa yang diucapkan Muhammad itu tidak serupa dengan ini semua . Demi Alloh, Ap