Skip to main content

Posts

Prioritas Utama Dalam Mendidik Anak | Ust Yendri

(Pandangan Pembaharuan Ibnu Khaldun) Di setiap generasi selalu ada alim dan cendekiawan muslim yang memiliki pandangan-pandangan brilian, cerdas, dan melampaui zamannya , meski pandangan tersebut berbeda dengan pandangan kebanyakan ulama dan cendekiawan muslim lain di masa itu . Pandangan-pandangan brilian itu biasanya muncul dari tokoh-tokoh cendekiawan muslim yang revolusioner dan berani . Karena, ketika pandangan yang dilontarkannya berbeda dengan pandangan mayoritas ulama dan ilmuwan lainnya, ia mesti siap untuk diserang dan dituduh macam-macam oleh orang-orang yang tidak siap menerima perbedaan, atau yang merasa posisinya ‘terusik’ dengan pandangan baru tersebut. Diantara tokoh dan cendekiawan muslim yang berani mengemukakan pandangan berbeda tapi mendalam itu, dan terbukti melampaui zamannya, adalah Imam Ibnu Khaldun yang lebih dikenal sebagai Bapak Sosiologi Islam. Ia memiliki banyak sekali pikiran-pikiran jenius, cerdas dan brilian yang dituangkannya dalam karya fenomenalnya ;

Gus Baha di Banyuwangi 23Juni2021 | Betapa Mudahnya berbuat baik

Alhamdulillahirobbil 'alamin Washolatu was salamu ala asyrofil mursalin Sayyidina wa Maulanaa Muhammadin wa'ala alihi wa shohbihi ajma'iin amma ba'du Yang saya hormati Bupati Banyuwangi Hj. Fiestiandani Azwar Anas Bapak Wakil Bupati H. Sugirah Bapak Abu Azwar Anas Semua Pegawai Pemkab  Banyuwangi Saya akan ngaji kira2  Kurang lebih Seperempat jam. Karena saya juga punya wadzifah disini Saya akan ngaji tentang Betapa Mudahnya berbuat baik dan betapa mudahnya bersosialisasi yang jadi kebutuhan masyarakat. Kemudian di saat yang sama, sebagai kebaikan menurut islam.  Ini saya bacakan kitab yang sangat  otoritatif yaitu kitab shohih muslim.  Pegangan Ulama Ahli Sunnah Wal Jama'ah dan juga pegangan ulama seluruh dunia adalah Al Kutubus Sittah Kitab yang enam, diantaranya adalah Al Bukhori Muslim. Disini ketika Nabi ditanya tentang kebaikan, yaitu dari pertanyaan, أيُّ الأعْمالِ أفْضَلُ  Aiyul A'mali afdhol pertanyaan 'amal apa yang terbaik? diantaranya Nabi menye

Kajian Alfiyyah 42 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 113 -116

Pembahasan Alfiyyah Ibnu Malik ke 42 oleh Kh. Abdul Haris Jember, dengan Metode Al Bidayah. Semoga catatan ini bisa memberikan bekas terhadap tersebarnya apa yang pak kyai sampaikan lewat video2 beliau mengenai materi2 bahasa arab. Tulisan ini merupakan transkrip dari video beliau, semoga bermanfaat juga, untuk kita semua. BAB Ibtida '

Kh. Abdul Haris | Metode Al Bidayah | Isim 'Adad (44)

  Materi2 ISIM SHIFAT itu menjadi sangat penting bagi kita untuk dikuasai, karena pada akhirnya akan berdampak serius pada pemahaman kita tentang na'at man'ut. Jadi harus dihafal, harus dikuasi dan seterusnya. Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang 'adad. Ada adad ada ma'dud. Isim Adad.  Isim Adad Tartibi Hisabi Isim Adad Mudhof Murokkab Uqud Ma'thuf Pembagian Isim 'adad -TARTIBI dan HISABI

Ust Yendri Junaidi | Tafsir Surat Al Maidah 51

Untuk memahami sebuah ayat, tidak cukup –dan tidak akan mungkin cukup- hanya dengan melihat terjemahannya saja.  Oleh karena itu penulis mencoba membuka-buka kitab tafsir dan beberapa kitab pendukung  - seperti kitab-kitab yang menjelaskan sisi kebahasaan   Al-Quran , Asbabun Nuzul dan sebagainya - untuk mengkaji sebatas kemampuan yang ada tentang masalah ini .   Ada dua hal mutlak yang perlu ditinjau dan dikaji untuk mendapatkan pemahaman yang baik terhadap sebuah ayat;  sisi kebahasaan ( nahwiyyah ,  sharfiyyah  dan  balaghiyyah )  dan sisi konteks ayat  ( siyaq , yang dapat diketahui dari melihat asbabun nuzulnya) Mari kita lihat dulu ayatnya dan terjemahan bahasa Indonesianya: يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى أَوْلِيَاءَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ  وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi