Skip to main content

Posts

Islam itu menyamankan Akal | Gus Baha

  Islam itu mengajarkan yang menyamankan akal. Makanya kata Ibnu Hajar Al Atsqolani, Nabi itu bukan hanya sekedar  الجمال الوجه   wajahnya ngganteng. Tapi (juga)  الجمال العقل cara berfikir juga ganteng. Sehingga kita itu ngikuti enak sekali. Kita diajari bahwa هذه العالم خلقها الموجد  Karena maujud ini pencipta, berstatus super namanya? واجب الموجد Karena Pencipta, statusnya harus qodim (harus awal). Kan enak terus, iso turu . Bayangno misale diarani, sing dadi Pengeran iku kyai Ali, kan bingung.   Ini konco kulo mulai alit, mulane Sampeyan ora usah isykal aku. Jaman dereng kawin, piyambak e santri kajen (pati) kulo santri sarang. Tapi dulu sering teng kamar kulo. Ngantik ndekne dadi kyai, lak dadi kyaine disek kulo, lak habib mulai lahir mpun dadi habib. Dadine kyai dilatih Gus Zaki, dilatih kulo. Lek habibe mulai lahir, dados benten nggih. Nak habib    بضعة رسول الله    Mulai lahir nggih habib, (tapi) Lak ngiyayi latihan, kudu sabar, ngempet, Tapi niki namung Habib Ali mawon, kulo m

Khithob di dalam Al Quran - Gus Baha | Kitab Al Itqon fi Ulumil Quran

  Kajian siang hari ini halaman 291, tentang fi wujuhi mukhothobatihi. Jadi ikutnya anwaul khowadi wal khomsun. Jadi bab disini menerangkan cara Alloh memberi khitob, membuat khitob. Jadi khitob itu satu perintah, dari Alloh kepada kita itu ada sekian cara yang dilakukan Alloh. Disebut fi wujuhi mukhothobatihi ta'ala. Jadi misalnya gini, yang menerima wahyu itu kan mau gak mau Nabi Muhammad Saw. Tapi problemnya itu yang punya kasus itu umatnya. Tapi Alloh gak gak mungkin ngendikan langsung sama umatnya, mau gak mau harus lewat kanjeng Nabi. Misalkan perceraian itu pada kanjeng Nabi atau umatnya? umatnya, tapi yang menerima wahyu itu Nabi apa umatnya? Kanjeng Nabi. Maka nanti aturan khitobnya begini, pertama yaa aiyuhannabiyu wahai Nabi, tapi terusanya unik.idza tholaqtumunnisaa (jika kalian menceraikan istri kamu). Karena mau gak mau yang dikhithobi itu nabi karena yang menerima wahyu, tapi yang ngalami kasusnya? umanya. Utang juga gitu, nabi itu tukang utang apa tidak? (kan tidak)

Kajian Ushul Fiqh | Kh. Abdul Haris | Metode Al Bidayah | Part 91 | Bab Ma'nal I'jazi wal Arkanihi

Berikut ini adalah kajian Ushul Fiqh, pembacaan Kitab Ushul Fiqh ke 91 oleh Kh. Abdul Haris. Kalian bisa mengikuti kajian beliau di channel metode Al Bidayah. Kajian praktek membaca kitab seperti ini bisa memberikan kepada kita wawasan, bagaimana terjun langsung menganalisis teks yang ada pada kitab. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Selamat menikmati. 

KH. Abdul Haris Jember | Pembelajaran Nahwu Shorof 28 | Syarat (2)

Bismillahirrohmanirrohim Assalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh Bismillah Alhamdulillah Washsholatu wassalamu ‘ala   Rosulillah sayyidinaa Muhammadin wa’ala alihi wa shohbihi wa man wa laahu . Robbisy rohlii shodri, wa yassirly amri, wahlul uqdatan min lisaani,  yafqohuu qouli .. Amma ba’du

Kajian Ustadz Budi Ashari| Pengusaha Tulungagung | Enterpreneurship Tulungagung | Part 1

  Bismillahirrohmanirrohim Assalamu’alaikum warohmatullohi wa barokatuh الحمد لله حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه كما يحب ربنا و يرضى أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ  وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ Alhamdulillah, hamdan katsiron thoyyiban   mubarokan fiihi  kamaa yuhibbu robbunaa wa yardhoo Asyhadu anlaa ilaaha illalloh w ahdahu laa syarikalah Wa Asyhadu anna muhammadan abduhu wa rosuluh يا حي يا قيوم  برحمتك نستغيث  أصلح لنا شأننا كله  ولا تكلنا إلى نفوسنا  طرفة عين Yaa Hayyu yaa Qoyyum,  birohmatika nastaghitsu.  Ashlih lanaa sya-nanaa kullahu, wa laa takilnaa ila nufusinaa thorfata ‘ain  

Tarkib Subhanalloh | Ilmu Nahwu | سبحان الله | I'rob Subhanalloh

  Untuk mengetahui, informasi tentang i'rob Lafadz Subhanalloh, maka istilah yang kita mungkin akan kenal diantaranya adalah Maf'ul Muthlaq Mudhof Mudhofun Ilaihi Jar Majru wawu athfiyah wawu haliyah Dhomir Hadzf (pembuangan, tidak dinampakkan) I'rob  Istilah I'rob adalah kita pingin mengetahui kedudukan kata tiap2 kalimat yang membentuk lafadz Tashbih ini. Apakah kedudukanya marfu, manshub, atau majrur misalnya. I'rob ini berkaitan erat dengan ilmu nahwu. Diharapkan dengan mengetahui kedudukan kata ini, kita jadi lebih memahami, atau paling tidak memberikan kepada kenikmatan yang lebih ketika kita melafadzkanya. Bagaimana sebenarnya i'rob dari kata Subhanalloh. Mungkin dari kita banyak yang mengucapkan lafadz tasbih ini. Selesai sholat, pada saat sujud, pada saat ruku, atau pun dalam doa, atau ketika membaca di awal surat di dalam al quran. Tidak jarang dari kita masih terbatas mengetahui bagaimana tarkib dari lafadz Subhanalloh ini.  Hadzf Di dalam bahasa arab