Skip to main content

Posts

Kh. Abdul Haris | Metode Al Bidayah | Isim 'Adad (45)

  Tulisan ini, kami cuplik dari video beliau yang ada di channel Al Bidayah, yang langsung diajarkan oleh Dr. Abdul Haris, dengan Metode Al Bidayah, dari Al Bidayah Jember, Jawa Timur. Kami mohon ijin untuk menurunkanya dalam bentuk tulisan, apa yang sudah beliau sampaikan, agar bisa menjadi catatan tersendiri bagi kami khususnya, dan mungkin bisa bermanfaat bagi temen2 sekalian. Amin Selamat menikmati 'adad Metode Al Bidayah Jember Kemarin kita sudah menjelaskan pembagian dari isim adad, isim adad itu dibagi menjadi dua. Ada yang sifatnya tartibi, menunjukkan tingkatan yang pertama, yang kedua, yang ketiga, yang keempat yang kelima dan seterusnya.  Itu kalau dalam bahasa arab disebut tartib, tingkatan. Itu seperti itu.  ada yang sifatnya hisabi. Satu dua tiga empat dan seterusnya.  Kapan kita tahu ini sedang tartibi atau hisabi? Tartibi selalu diikutkan wazan fa'ilun . Jadi kalau khomisun itu pasti terjemahanya adalah yang kelima, robi'un itu pasti terjemahanya yang keempa

Kajian Alfiyyah 55 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 162 - 166

Pembahasan Alfiyyah Ibnu Malik ke 55 oleh Kh. Abdul Haris Jember, dengan Metode Al Bidayah. Semoga catatan ini bisa memberikan bekas terhadap tersebarnya apa yang pak kyai sampaikan lewat video2 beliau mengenai materi2 bahasa arab. Tulisan ini merupakan transkrip dari video beliau, semoga bermanfaat juga, untuk kita semua.

Dr. Fuad Fansuri | Makkiyah dan Madaniyah Studi Ilmu Al Quran

Makkiyah dan Madaniyah merupakan salah satu tema yang paling penting dalam studi Al Quran. Para Ulama sudah banyak menulis tema tentang Makkiyah dan Madaniyah ini yang tersebar dalam kitab2 Studi Al Quran  atau Ulumul Quran , sehingga ada seorang ulama Abu Qosim, Al hasan, bin Muhammad, bin Habib, An Naisaburi , dalam kitabnya yang berjudul Al Tanbihu ala ulumil quran .  Apa Kata beliau?  مِنْ أَشْرَفِ عُلُومِ الْقُرْآنِ عِلْمُ نُزُولِهِ وَجِهَاتِهِ وَتَرْتِيبِ مَا نَزَلَ بِمَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ وَمَا نَزَلَ بِمَكَّةَ وَحُكْمُهُ مَدَنِيٌّ وَمَا نَزَلَ بِالْمَدِينَةِ وَحُكْمُهُ مَكِّيٌّ وَمَا نَزَلَ بِمَكَّةَ فِي أَهْلِ الْمَدِينَةِ وَمَا نَزَلَ بِالْمَدِينَةِ فِي أَهْلِ مَكَّةَ Salah satu ilmu yang paling agung, yang paling mulia diantara ilmu ulumul quran , adalah ilmu yang mempelajari tentang turunya Al Quran dan dimana dia diturunkan, di Mekkah atau di Madinah.   وَمَا نَزَلَ بِمَكَّةَ وَحُكْمُهُ مَدَنِيٌّ Ada juga ayat Al Quran yang turun di Mekah tapi dia dianggap sebagai ay

Dr Muhammad Zainul Majdi | Keadilan dan Keseimbangan

  Islam itu adalah agama yang di dalamnya ada keadilan dan keseimbangan Baca Suroh Ar Rohman,  والسماء رفعها ووضع الميزان ألا تطغوا في الميزان وأقيموا الوزن بالقسط ولا تخسروا الميزان والأرض وضعها للأنام was sama-a rofa'ahaa wawadho'al mizan an laa tathghou fil mizan wa aqiimuul wazna bilqisthu, wa laa tukhsiruul mizan wal ardho wadho'aha lil anam Di dalam ayat ini, keseimbangan itu disebutkan sebelum disebutkan bumi. Dan itu prinsip. Apa artinya? tidak boleh berlebih2an. Yang disebut tadi, terorisme itu berlebih2 an satu sisi / radikalisme, ekstrim. Yang disebut liberalisme juga berlebih2 an. Ingat.. وَكَذَ ٰ⁠لِكَ جَعَلۡنَـٰكُمۡ أُمَّةࣰ وَسَطࣰا wa kadzalika ja'alnaakum ummatan wasathon Umat pertengahan. Umat pertengahan itu artinya seperti apa? ya umat yang diajarkan seperti guru2 kita. Kita hidup dengan baik satu sama lain. Agama dan Adat yang baik ini kita hidup bersama. Kita tumbuhkan bersama, pemahaman Islam Ahlus Sunnah wal Jama'ah yang kita di kitab2 i

Tafsir Jalalain Surat Al Kahfi 1-15 | Gus Baha

  Bismillahirrohmanirrohim, سُورَة الكَهْف مَكِّيَّة إلّا واصْبِرْ نَفْسك الآيَة وهِيَ مِائَة وعَشْر آيات أوْ خَمْس عَشْرَة آيَة نَزَلَتْ بَعْد سُورَة الغاشِيَة Surotul Kahfi Bab sing nerangno Surat Al Kahfi yoiku sing crito tentang ashabul kahfi makiyyatun (utawi iki surat bongso makkiyah) Sing turun sak derenge Nabi Hijroh, maksude Periode Mekah. illa washbir nafsaka (kecuali ayat) washbir nafsaka al ayat. wa hiya (dan surat al kahfi) itu miah wa asyra aayaatin (utawi surat sing kaping 110) au khomsa asyrota ayata n (sebagian ulama ndarani 115 ayat) Kenapa Imam Mahali ngarang diawali surat Al Kahfi, karena niki Makkiyah, jadi secara nuzul Surat Al Kahfi luwih riyin timbang surat Al Baqoroh . Meskipun teng tartibul mushaf niku luwih riyin Al Baqoroh, tapi secara nuzul, luwih riyin Surat Al Kahfi. Sehingga ulama itu sebagian itu cara ngarang itu pakai urutan nuzul. Karena pakai urutan nuzul, Imam Mahali ngarang dimulai surat nopo? Al Kahfi. Terus menyangkut ayat, niki kulo te

Bab Memilih Ilmu Kitab Ta'lim Muta'allim | Ust Yendri Junaidi

Ini merupakan transkrip dari video beliau Ust. Yendri ketika memberikan kajian tentang Kitab Ta'lim Muta'allim. Selamat menikmati.  Pada Terbitan Maktabah Al Islami ada pada halaman 71. فصل في اختيار العلم  و الأستاذ و الشارك و الثبات عليه Fashlun (fasal) fikhtiyaari al ilmi (tentang bagaimana memilih ilmu) wal ustadzi ( dan ustadz) / guru wasy syarik (dan teman dalam menjari ilmu) Wats tsabaati alaihi (tsabat itu artinya tegar, sabar, tetap kokoh di atasnya) وينبغى لطالب العلم أن يختار من كل علم أحسنه Yanbagi (semestinyalah) lith tholibil ilmi (untuk seorang pencari ilmu) an yakhtaaro (untuk memilih) min kulli ilmin (dari setiap ilmu itu) ahsanahu (yang terbaiknya, yang paling baik dari setiap ilmu) Karena tidak semua ilmu itu cocok kita pelajari. Maka hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang pencari ilmu adalah ilmu apa yang terbaik yang akan dipelajari.  Dan juga disesuaikan dengan kesukaanya, hobinya apa. Apa kecenderunganya? Kita mungkin ada yang cenderu