Skip to main content

Posts

Kajian Alfiyah 3 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 3

Pembahasan Alfiyah ketiga, pada bait ketiga. Oleh KH. Abdul Haris Jember. Semoga bermanfaat temen2, قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ       أَحْمَدُ رَبِّي اللهَ خَيْرَ مَالِكِ مُصَلِّياً عَلَى النَّبيِّ الْمُصْطفَى       وآلِهِ المُسْتكْمِلِينَ الشَّرَفَا وَأَسْتعِينُ اللهَ فِي ألْفِيَّهْ       مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ تُقَرِّبُ الأقْصى بِلَفْظٍ مُوجَزِ       وَتَبْسُطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ وَتَقْتَضي رِضاً بِغَيرِ سُخْطِ         فَائِقَةً ألْفِيَّةَ ابْنِ مُعْطِي Bait Alfiyah ke-3

Milad UII 79 | Ngaji Tafsir Al Quran | Catatan Ngaji Gus Baha

Jadi saking pentingnya untuk bahagia Alloh itu sampek ngendikan yang "gak penting", tapi menjadi penting, karena untuk bahagia. Jadi ketika Alloh tanya Nabi Musa ketika ketemu dipanggil,  wa maa tilka bi yamiinika yaa musa , yang kamu bawa itu apa? Padahal ketika dipanggil itu kagetnya bukan main .  Misalnya pegawai UII dipanggi rektornya itu kagetnya bukan main. Soalnya rektor itu mesti nyalahkan. Itu fikiranya orang itu mesti, ketua bagian wakaf yo sama. Mesti mau negur, atau apalah. Nah bawaan orang dipanggil atasan itu grogi , maka Alloh ngendikan yang rilex,  Saa.. kamu bawa apa? yang (kamu) pegang tangan kanan kamu itu apa? Masak Alloh tanya sekedar gitu? kan karuan? wong kita manusia saja tahu yang dibawa Nabi Musa itu tongkat. Kok Alloh malah tanya...?? Banyak analis, banyak mufassir, banyak ahli hakikat yang berpendapat, Alloh itu menghilangkan groginya Nabi Musa. Sehingga tanya yang ringan2.  Jadi saya mohon disini, pimpinan disini kalau tanya anak buah yang ringan

Perubahan "Makna" Bahasa| Semua Agama Sama | Catatan Ngaji Gus Baha

Ahli Kitab niku lek teng Bahasa Al Quran nggih Yahudi kalian Nashroni. Tapi Yahudi yang mana? Nashroni yang mana? Wong Zaman Akhir pun ruwet, mergo mashroni dulu masih banyak yang asli, yang orisinil disebut nashroni ortodox . Saiki Nashroni saiki disebut identik Katolik Protestan sing Trinitas, meyakini 3Tuhan.Yahudi Zaman akhir identik sing menempat ning Isroel, disebut orang Yahudi. Padahal dulu itu Yahudi itu gak seperti itu. Dulu itu yahudi itu komunitas tertentu, punya keyakinan tertentu, disebut Yahudi, sehingga mereka bisa di madinah, di Mekkah, dimana2. Sekarang yahudi itu dianggap adanya di isroil. Makanya kita ini jadi bingung, karena bahasa itu ya berubah.  Dulu santri2 sarang lirboyo, ploso itu bangga, Pondok Salaf. Tapi ditambahi salafi, Al Ma'hatus Salafi, salafi yang di kota2 itu beda, dengan salaf yang di Pondok. Musuh besar. Kadang kita ini bingung dengan perkembangam bahasa itu? bingung. Salaf - salafi.. padahal nisbat. Angger salaf dinisbatkan salafi. Islam... i

Peralihan Makna Kata | MAKRUH | Catatan Ngaji Gus Baha

Cuplikan dari Kajian Gus Baha atas Kitab Qowaidul Asaasiyah fi 'ulumil quran, karya Sayyid Muhammad. Silahkan bisa kalian buka pada Sub-Judul Awwalu Maa Nazala . Pada kata ini, halaman 16. Semoga bermanfaat ya temen2... selamat menikmati. لكن العلماء أجابوا عن هذا التعارض باجوابة Lakinil ulamaa-u (tetapine piro2 ulama) iku ajaabuu ( berpendapat)  Ono sing moco lakin, ono sing moco lakinnal 'ulama-a an hadzat ta'arudhi (ning ikilah pertentangan) biajwabatin ( kelawan piro2 jawaban) أشهرها أن المراد بالأولية في حديث جابر  أولية مخصوصة  Asyharuhaa (utawi luwih masyhur2 e, ajwabah) annal muroda (saktemene kang den kersakno) bil awwaliyati (kelawan siji awal) siji keceluk kawitan fii haditsi jabirin (ing ndalem hadis shohabat jabir) awwaliyatun makhshushotun (ing bongso kawitan kang khusus) وهي أولية الأمر بالإنذار ، أي أول ما نزل للرسالة و يأيها المدثر وأول ما نزل للنبوة و اقرأ باسم ربك ف ، وهذا جواب جيد سديد  وأجاب بعضهم : بأن مراد جابر أن سورة المدثر أول سورة wa hiya

Kajian Alfiyah 108 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 343-347

Pembahasan Alfiyyah Ibnu Malik ke 108 oleh Kh. Abdul Haris Jember, dengan Metode Al Bidayah. Semoga catatan ini bisa memberikan bekas terhadap tersebarnya apa yang pak kyai sampaikan lewat video2 beliau mengenai materi2 bahasa arab. Tulisan ini merupakan transkrip dari video beliau, semoga bermanfaat juga, untuk kita semua.   Pada pembahasan kali ini termasuk pada pembahasan HAL.    والحال إن ينصب بفعل صرفا ... أو صفة أشبهت المصرفا   فجائز تقديمه: كـ مسرعا ... ذا راحل ، ومخلصا زيد دعا  وعامل ضمن معنى الفعل لا ... حروفه مؤخرا لن يعملا   كـ"تلك، ليت، وكأن" وندر ... نحو: "سعيد مستقرا في هجر"   ونحو: "زيد مفردا أنفع من ... عمرو معانا" مستجاز لن يهن Bait Alfiyyah 343 والحال إن ينصب بفعل صرفا ... أو صفة أشبهت المصرفا  wal haalu (dan bermula hal) - MUBTADA khobar dari al halu adalah inyunshob (apabila dinashobkan, apa? hal) -KHOBAR dinashobkan bi fi'lin  (dengan fi'il mutashorrif) shurrifaa au shifatin (atau dengan sifat) asybahatil ( yang menyerupai

Kajian Alfiyah 109 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 347-348

Pembahasan Alfiyyah Ibnu Malik ke 109 oleh Kh. Abdul Haris Jember, dengan Metode Al Bidayah. Semoga catatan ini bisa memberikan bekas terhadap tersebarnya apa yang pak kyai sampaikan lewat video2 beliau mengenai materi2 bahasa arab. Tulisan ini merupakan transkrip dari video beliau, semoga bermanfaat juga, untuk kita semua. Pada pembahasan kali ini termasuk pada pembahasan HAL. ونحو زيد مفردا أنفع من ... عمرو معانا مستجاز لن يهن والحال قد يجيء ذا تعدد ... لمفرد -فاعلم- وغير مفرد وعامل الحال بها قد أكدا ... في نحو: لا تعث في الأرض مفسدا وإن تؤكد جملة فمضمر ... عاملها، ولفظها يؤخر وموضع الحال تجيء جمله ... كـجاء زيد وهو ناو رحله Bait Alfiyyah 347 ونحو زيد مفردا أنفع من ... عمرو معانا مستجاز لن يهن wa nahwu (dan bermula umpamanya) bermula contoh lafadz zaidun mufrodan anfa'u min 'amrin mu'aanan Zaidun (bermula zaid, hikayah disitu) mufrodan (dalam keadaan sendirian) - Hal khobar dari zaidun adalah Anfa'u (lebih bermanfaat) min 'amrin (dari 'umar) mu'aanan (dala