Skip to main content

Posts

Kajian Alfiyah 8 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 6-7

  Pembahasan Alfiyah keempat, bait 7. Oleh KH. Abdul Haris Jember, Metode Al Bidayah. Semoga bermanfaat temen2. قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ       أَحْمَدُ رَبِّي اللهَ خَيْرَ مَالِكِ مُصَلِّياً عَلَى النَّبيِّ الْمُصْطفَى       وآلِهِ المُسْتكْمِلِينَ الشَّرَفَا وَأَسْتعِينُ اللهَ فِي ألْفِيَّهْ       مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ تُقَرِّبُ الأقْصى بِلَفْظٍ مُوجَزِ       وَتَبْسُطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ وَتَقْتَضي رِضاً بِغَيرِ سُخْطِ         فَائِقَةً ألْفِيَّةَ ابْنِ مُعْطِي وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً     مُسْـتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ  وَاللَّهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ      لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ Bait 6 Alfiyah  وَاللَّهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ      لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ Sekarang kita masuk pada  wallohu yaqdhi bi hibatin waafiroh lii walahu fii darojatin akhiroh  Ketika kita melakukan analisis teks arab, maka berangkatlah dari sesuatu yang  sangat sederhana, menuju sesuatu yang lebih kompleks lebih kompleks  da

Kajian Alfiyah 7 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 6

Pembahasan Alfiyah keempat, bait 6. Oleh KH. Abdul Haris Jember, Metode Al Bidayah. Semoga bermanfaat temen2. قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ       أَحْمَدُ رَبِّي اللهَ خَيْرَ مَالِكِ مُصَلِّياً عَلَى النَّبيِّ الْمُصْطفَى       وآلِهِ المُسْتكْمِلِينَ الشَّرَفَا وَأَسْتعِينُ اللهَ فِي ألْفِيَّهْ       مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ تُقَرِّبُ الأقْصى بِلَفْظٍ مُوجَزِ       وَتَبْسُطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ وَتَقْتَضي رِضاً بِغَيرِ سُخْطِ         فَائِقَةً ألْفِيَّةَ ابْنِ مُعْطِي وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً     مُسْـتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ  وَاللَّهُ يَقْضِي بِهِبَـاتٍ وَافِرَهْ     لِي وَلَهُ فِي دَرَجَاتِ الآخِرَهْ Bait 6 Alfiyah  وَهْوَ بِسَبْقٍ حَائِزٌ تَفْضِيْلاً     مُسْـتَوْجِبٌ ثَنَائِيَ الْجَمِيْلاَ  wa huwa (dan bermula, Imam Ibnu Mu'thi) bi sabqin (sebab mendahului) adalah - KODE KHOBAR Ha-izun (memperoleh, siapa? imam ibnu mu'thi) Tafdhilan ( akan keutamaan) Mustaujibun ( serta berhak, siapa? Imam Ibnu Mu'thi) Tsanaa-iya (akan pu

Kajian Alfiyah 6 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 5

  Pembahasan Alfiyah keempat, bait 5. Oleh KH. Abdul Haris Jember, Metode Al Bidayah. Semoga bermanfaat temen2. قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ       أَحْمَدُ رَبِّي اللهَ خَيْرَ مَالِكِ مُصَلِّياً عَلَى النَّبيِّ الْمُصْطفَى       وآلِهِ المُسْتكْمِلِينَ الشَّرَفَا وَأَسْتعِينُ اللهَ فِي ألْفِيَّهْ       مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ تُقَرِّبُ الأقْصى بِلَفْظٍ مُوجَزِ       وَتَبْسُطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ وَتَقْتَضي رِضاً بِغَيرِ سُخْطِ         فَائِقَةً ألْفِيَّةَ ابْنِ مُعْطِي Bait 5 Alfiyah Kita sudah sampai pada bait ke-5. Tetep karena yang kita sasar adalah newcomers, pendatang baru. Berfikir itu harus sistematis. Ini yang selalu saya tekankan, jangan sampai lepas berfikir itu.  Pertama berfikir tentang kalimah / kata (isim fi'il atau huruf) Kedua berfikir tentang i'rob (rofa' nashob atau jar / rofa' nashob atau jazm) Ketiga berfirkir tentang jumlah (laha mahalun minal i'rob, dan yang laa mahala lahaa minal i'rob)  Pun juga demikian, keti

Kajian Alfiyah 5 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 4

Pembahasan Alfiyah keempat, bait 4. Oleh KH. Abdul Haris Jember, Metode Al Bidayah. Semoga bermanfaat temen2. قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ       أَحْمَدُ رَبِّي اللهَ خَيْرَ مَالِكِ مُصَلِّياً عَلَى النَّبيِّ الْمُصْطفَى       وآلِهِ المُسْتكْمِلِينَ الشَّرَفَا وَأَسْتعِينُ اللهَ فِي ألْفِيَّهْ       مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ تُقَرِّبُ الأقْصى بِلَفْظٍ مُوجَزِ       وَتَبْسُطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ وَتَقْتَضي رِضاً بِغَيرِ سُخْطِ         فَائِقَةً ألْفِيَّةَ ابْنِ مُعْطِي   Seperti yang sering saya katakan, kalau kita sedang melakukan analisis teks arab, berangkatlah dari sesuatu yang sederhana. TENTANG  kalimah, baru masuk pada i'rob baru masuk pada jumlah, yang kemarin kita singgung ada yang lahaa mahalun minal i'rob, dan ada yang laa mahaala lahu minal i'rob.  Fi'il dianggap isim, isim dianggap fi'il, pokoknya kualik2 begitu. MAKA tahapan berikutnya yaitu analisis i'rob, menentukan hukum i'rob, apakah ini dibaca rofa' nashob ja

Kajian Alfiyah 4 | Metode Al Bidayah | Kh. Abdul Haris Jember | Bait 3-5

  Pembahasan Alfiyah keempat, bait 4. Oleh KH. Abdul Haris Jember, Metode Al Bidayah. Semoga bermanfaat temen2. قَالَ مُحَمَّدٌ هُوَ ابْنُ مَالِكِ       أَحْمَدُ رَبِّي اللهَ خَيْرَ مَالِكِ مُصَلِّياً عَلَى النَّبيِّ الْمُصْطفَى       وآلِهِ المُسْتكْمِلِينَ الشَّرَفَا وَأَسْتعِينُ اللهَ فِي ألْفِيَّهْ       مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ تُقَرِّبُ الأقْصى بِلَفْظٍ مُوجَزِ       وَتَبْسُطُ الْبَذْلَ بِوَعْدٍ مُنْجَزِ وَتَقْتَضي رِضاً بِغَيرِ سُخْطِ         فَائِقَةً ألْفِيَّةَ ابْنِ مُعْطِي Kemarin kita sudah membahas tentang bait yang ketiga.  wa asta'inulloha fi alfiyah,  maqoshidun nahwi bihaa mahwiyah bait alfiyah 3 وَأَسْتعِينُ اللهَ فِي ألْفِيَّهْ       مَقَاصِدُ النَّحْوِ بِهَا مَحْوِيَّهْ wa asta'iinu (dan memohon pertolongan, siapa? saya) siapa? - KODE SUBJEK ista'ana adalah merupakan fi'il muta'addi . Mohon pertolongan kepada siapa?  Alloha akan Alloh. akan - KODE OBJEK Alloh dijadikan sebagai manshubun 'alat ta'dzim Fii Alfiyah (dalam r

Shighot Amr bi ma'nal Khobar صيغة الأمر بمعنى الخبر | Syaikh Sa'id Al Kamali

  Di dalam bahasa arab, ada kata yang berbentuk perintah, punya shighot (jenis) perintah, tetapi bermakna KHOBAR (kabar, info) . Berikut ini merupapakan penjelasan dari kajian Syaikh Sa'id Al Kamali. Semoga bermanfaat.... Diawali dengan pembacaan hadits... Lalu fokus pada kata yang diwarna merah.   جَدَّتَهُ مُلَيْكَةَ دَعَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِطَعَامٍ صَنَعَتْهُ لَهُ فَأَكَلَ مِنْهُ ثُمَّ قَالَ قُومُوا فَلِأُصَلِّ لَكُمْ قَالَ أَنَسٌ فَقُمْتُ إِلَى حَصِيرٍ لَنَا قَدْ اسْوَدَّ مِنْ طُولِ مَا لُبِسَ فَنَضَحْتُهُ بِمَاءٍ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَصَفَفْتُ وَالْيَتِيمَ وَرَاءَهُ وَالْعَجُوزُ مِنْ وَرَائِنَا فَصَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ انْصَرَفَ Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami  Malik dari Ishaq bin 'Abdullah bin Abu Thalhah dari Anas bin Malik bahwa neneknya, Mulaikah, mengundang Rasulullah shallalla

3MACAM Fi'il Mudhore' Maata مات | Syaikh Sa'id Al Kamali

Ada tiga macam fi'il mudhore' dari maata مات  Apa saja itu? Sebelum ke pembahasan, perlu kalian tahu bahwa bina maata yang berarti mati, itu termasuk ke dalam bina ajwaf wawi  الفعل الأجوف الواوي Berikut ini merupakan cuplikan video dari Syaikh Sa'id Al Kamali yang menjelaskan tentang faidah lughowiyah, ilmu shorof dari maata .  Semoga bermanfaat.  Diawali dengan menyebutkan sebuah riwayat dari Asma' binti Abu Bakar . عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ أَنَّهَا قَالَتْ لِأَهْلِهَا  أَجْمِرُوا ثِيَابِي إِذَا مِتُّ ، ثُمَّ حَنِّطُونِي ، وَلَا تَذُرُّوا عَلَى كَفَنِي حِنَاطًا  وَلَا تَتْبَعُونِي بِنَارٍ  Berilah kainku wewangian JIKA AKU MENINGGAL . Taburkanlah hanuth (pewangi mayat) pada tubuhku. Janganlah kalian melewatkan hanuth untuk kafanku. Janganlah mengiringiku dengan membawa api."   Nah sekarang fokusnya pada kalimat jika aku meninggal, pakai lafadz..  اذا مت  idza mittu sebagian lagi ada yang membaca idza muttu .. ويمكنك ان تقول ايضا اذا مُتُّ لغتان و بهم